Doktrin Kennedy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Presiden John F. Kennedy menandatangani Proclamation 3504 yang mengizinkan pemblokiran laut di sekitar Kuba yang berpaham Komunis

Doktrin Kennedy mengacu pada inisiatif kebijakan luar negeri Presiden Amerika Serikat ke-35, John Fitzgerald Kennedy, terhadap Amerika Latin saat masih menjabat antara tahun 1961 dan 1963. Kennedy mendukung kebijakan kontainmen Komunisme dan pencegahan penyebaran paham Komunis di Belahan Barat.

Pidato pelantikan[sunting | sunting sumber]

Dalam pidato pelantikannya tanggal 20 Januari 1961, Presiden Kennedy memaparkan cetak biru yang menjadi dasar inisiatif kebijakan luar negeri pemerintahannya. Kennedy memperingatkan, "Biarkan seluruh dunia tahu, entah itu baik atau buruk, bahwa kami akan menerima segala akibat, memikul segala tanggung jawab, menghadapi segala tantangan, mendukung semua sahabat, menentang semua musuh, demi menjamin keberlangsungan dan kejayaan kebebasan.”1 Ia juga meminta masyarakat ikut serta dalam "perjuangan melawan musuh bersama umat manusia: tirani, kemiskinan, penyakit, dan perang itu sendiri.”1 Lewat pidato inilah masyarakat mulai mengenal mentalitas kami-atau-mereka khas Perang Dingin yang kelak mendominasi pemerintahan Kennedy.

Kontainmen Perang Dingin[sunting | sunting sumber]

Kebijakan yang mendominasi tahun-tahun pertama pemerintahan Kennedy adalah pencegahan komunisme dengan segala cara. Di dunia era Perang Dingin, "kekuatan militer dan persatuan dalam perjuangan melawan komunisme diseimbangkan oleh... [harapan] akan adanya pelucutan senjata dan kerja sama global.”2 Tema lain dari kebijakan luar negeri Kennedy adalah keyakinan bahwa karena Amerika Serikat mampu mengendalikan berbagai peristiwa di sistem internasional, Amerika Serikat harus memanfaatkannya. Kennedy mengungkapkan ide ini dalam pidatonya, "Dalam sejarah dunia yang panjang, hanya beberapa generasi umat manusia yang dianugerahkan peran untuk mempertahankan kebebasan dari marabahaya. Saya tidak menarik diri dari tanggung jawab ini - Saya menyambutnya dengan hangat.”1

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Beberapa peristiwa besar yang didasarkan pada inisiatif kebijakan luar negeri JFK terhadap Amerika Latin dan penyebaran komunisme adalah:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. The Avalon Project at Yale Law School. Inaugural Address of John F. Kennedy. Available online at: http://www.yale.edu/lawweb/avalon/presiden/inaug/kennedy.htm Diarsipkan 2007-05-14 di Wayback Machine.
  2. Viotti, Paul R, American Foreign Policy and National Security: A Documentary Record (Pearson Prentice Hall: 2005), 222.
  3. Modern History Sourcebook. President John F. Kennedy: On the Alliance for Progress, 1961. Available Online at: http://www.fordham.edu/halsall/mod/1961kennedy-afp1.html
  4. Fitzsimons, Louise. The Kennedy Doctrine (New York: Random House, 1972), 10.
  5. The John F. Kennedy Presidential Oral History Collection. Available Online at: http://www.lexisnexis.com/academic/2upa/Aph/KennedyOral.asp[pranala nonaktif permanen]
  6. Weidman, Lisa Menéndez. A Biography of John F. Kennedy: The 35th President of the United States. Available Online at The JFK Library: http://www.jfklibrary.org/jfk_biography.html Diarsipkan 2005-04-06 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]