Kompi Kavaleri Intai 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kompi Kavaleri 1/Elang Cetia Cakti
Berkas:Kikavtai 1 Kostrad.png
Aktif10 November 1963
NegaraIndonesia
CabangKavaleri
Tipe unitSatuan Tempur
Bagian dariDivisi Infanteri 1/Kostrad
MarkasPasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, Jawa Barat
JulukanKikav 1/ECC
MaskotElang

Kompi Kavaleri Intai 1/Elang Cetia Cakti (atau Kikav 1/ESC) merupakan satuan militer dari kecabangan kavaleri organik Divisi Infanteri 1/Kostrad. Kompi ini berdiri sejak 10 November 1963 dengan Markas satuan berada di Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Markas Kikav 1/ESC dan markas Yonkav 1/Kostrad berada di areal yang sama. Kikav1/ESC Kostrad adalah satuan taktis kavaleri berkendaraan panser yang disusun, dilengkapi, dididik dan dilatih untuk dapat melaksanakan tugas secara berhasil dan berdaya guna.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Satuan ini berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/1259/XII/1975 tanggal 5 Nopember 1975 tentang pengesahan berdirinya/pembentukan Brigade Kavaleri 1 Kostrad. Maka kompi ini kemudian berada di bawah komando Brigade Kavaleri 1 Kostrad. Pada tahun 1985, menjadi kompi yang berdiri sendiri berdasarkan Surat Perintah Panglima Kostrad Nomor Sprin/667/IX/1985 tanggal 10 September 1985 tentang likuidasi Kompi Kavaleri Pengintai 1 menjadi Kompi BS dibawah Divif 1 Kostrad. Kemudian pada tahun 1986, berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Kep/47/IV/1986 tanggal 30 April 1986 tentang tabel organisasi dan peralatan Kompi Kavaleri Pengintai 1 dibawah naungan Divif 1 Kostrad.

Arti dan lambang[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Surat Keputusan Danpussenkav Kodiklat TNI AD Nomor Skep/47/VIII/2005 tanggal 31 Agustus 2005 tentang pengesahan penggunaan Badge/Tanda lambang satuan Kavaleri termasuk didalamnya Kompi Kavaleri Pengintai 1 dengan arti dan lambang sebagai berikut :

  1. Segitiga sama sisi melambangkan kekuatan yang dimiliki oleh satuan Kavaleri yaitu Tri Daya Cakti (Daya Tembak, Daya Gerak, Daya Kejut).
  2. Mata elang melambangkan ketajaman dan kewaspadaan prajurit Kompi Kavaleri Pengintai 1 dalam mengintai sasaran/musuh sehingga selalu berhasil dalam melaksanakan tugas.
  3. Paruh elang melambangkan keakuratan sistem kesenjataan Kavaleri untuk menghancurkan musuh.
  4. Bulu kepala putih melambangkan kesucian sikap, watak dan mental prajurit Kompi Kavaleri Pengintai 1 dalam pengabdian dan keikhlasan dalam melaksanakan tugas.
  5. Bulu badan coklat melambangkan teguh pendirian, loyal dan kesetiaan prajurit Kompi Kavaleri Pengintai 1 terhadap satuan, bangsa dan Negara.

Komandan[sunting | sunting sumber]

  • Kapten Kav Ronald Tampubolon, S.H. (2016)
  • Kapten Kav Bayu Trismahandi S.S.T.Han. (-2021)
  • Lettu Kav Fariz Yukito, S.T.Han. (2021-Sekarang)

Referensi[sunting | sunting sumber]