Sirius Black

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sirius Black
Berkas:Sirius Black Order of the Phoenix Poster.jpg
Gary Oldman sebagai Sirius Black
dalam Harry Potter and the Order of the Phoenix.
PemeranGary Oldman (dewasa), Ben Barnes (remaja)

Sirius Black adalah karakter fiksi dalam novel seri Harry Potter karya J.K. Rowling. Sirius Black dewasa diperankan oleh Gary Oldman, sedangkan Sirius Black remaja diperankan Ben Barnes.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sirius Black (1959-Juni 1996) pertama kali muncul dalam Harry Potter dan Batu Bertuah sebagai seorang penyihir yang meminjamkan motor terbang kepada Hagrid sesaat setelah Voldemort membunuh James dan Lily Potter. Sirius juga adalah wali Harry Potter, putera tunggal James dan Lily Potter, kedua sahabatnya. Karakternya mendapat perhatian dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban, ketika ia dikisahkan sebagai buronan dikabarkan kabur dari Azkaban untuk membunuh Harry. Sirius juga seorang animagus, seperti ketiga sahabat, dan mengambil wujud seekor anjing. Dalam Harry Potter and The Goblet Of Fire, Sirius masih menjadi buronan dan hidup di gua-gua bersama sang Hipogrif di sekitaran Hogsmade atas saran dari Dumbledore. Di buku ke 5 (Harry Potter dan Orde Phoenix) ia telah kembali ke rumah orang tuanya di Grimauld Place nomor 12 yang juga dijadikan sebagai markas anggota Orde. Di akhir cerita tentang Orde Phoenix ini, ia dibunuh oleh sepupunya, Bellatrix, ketika tengah bertempur bersama Orde Phoenix di Kementerian Sihir.

Etimologi nama[sunting | sunting sumber]

Sirius diambil dari nama sebuah bintang yang bersinar paling terang di angkasa. Bintang Sirius disebut "bintang anjing" (dog's star) oleh kebudayaan kuno seperti orang Mesir. Dalam bahasa Yunani, nama Sirius disebut Seirios yang artinya Membara

Hampir seluruh (tapi tidak semua) anggota keluarga Black dinamai berdasarkan nama bintang. Seperti Bellatrix, Regulus, Andromeda dan Draco.

Nama Sirius Black di banyak negara[sunting | sunting sumber]

Language Translation
Ceko Sirius Black
China (tradisional) 天狼星·布萊克
Belanda Sirius Zwarts
Inggris Sirius Black
Finlandia Sirius Musta
Prancis Sirius Black
Jerman Sirius Black (pertama Sirius Schwarz)
Yunani Σείριος Μπλακ
Ibrani סיריוס בלק
Hindi सिरिअस ब्लैक
Hungaria Sirius Black
Indonesia Sirius Black
Islandia Sirius Black
Italia Sirius Black
Jepang シリウス・ブラック (Shiriusu Burakku)
Korea 시리우스 블랙
Latvia Sīriuss Bleks
Lithuania Sirijus Blekas
Norwegia Sirius Svaart
Persia سیریوس بلک
Polandia Syriusz Black (Syriusz Czarny di buku pertama)
Portugis (Brazil) Sirius Black
Rumania Sirius Black
Spanyol Sirius Black
Swedia Sirius Black
Thailand ซีเรียส แบล็ก