Colin dan Dennis Creevey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Colin dan Dennis Creevey
Pemeran Hugh Mitchell (Colin)
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki

Colin, dan Dennis Creevey adalah karakter fiksi dalam buku Harry Potter. Mereka adalah kakak-beradik yang sangat mengidolakan Harry. Mereka berdua berada di asrama yang sama, yaitu Gryffindor. Colin Creevey diperkenalkan kepada pembaca dalam Harry Potter and the Chamber of Secrets dan Dennis dalam Harry Potter and the Goblet of Fire.

Colin, dan Dennis adalah kelahiran muggle. Ayah mereka adalah penjual susu. Colin digambarkan sebagai anak yang sangat antusias, terutama dengan kenyataan bahwa ternyata dirinya adalah seorang penyihir, sehingga ia selalu membawa-bawa kamera muggle-nya untuk memotret segala macam kegiatan penyihir. Ia sering mengikuti Harry kemana-mana pada tahun pertamanya, sering meminta Harry berpose dengannya agar bisa ditunjukkan ke keluarganya. Colin satu angkatan dengan Ginny Weasley dan Luna Lovegood, dan pada tahun pertamanya ia menjadi salah satu korban yang membatu setelah Colin memandang mata Basilisk melalui kameranya. Di akhir cerita ia bisa disembuhkan berkat jus mandrake buatan Profesor Sprout dan Madam Pomfrey.

Dennis adalah adik Colin yang terpaut 2 tahun, dan, seperti Colin, juga ditempatkan di Gryffindor, dan memiliki antusiasme yang hampir sama terhadap dunia sihir. Kakak beradik Creevey bergabung dengan Laskar Dumbledore, tetapi tidak satupun dari mereka yang ikut dalam pertempuran di Departemen Misteri.

Hugh Mitchell memerankan Colin dalam film Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002).

Ada satu hal sebenarnya sepele tetapi agak mengganggu berkaitan dengan Dennis di buku kelima. Diceritakan Dennis ikut datang ke pertemuan L.D. pertama di Hog’s Head. Padahal, murid-murid kelas dua sebenarnya belum boleh pergi ke Hogsmeade, kecuali peraturannya sudah berubah. Tetapi mungkin juga Dennis diselundupkan keluar oleh kakaknya. Atau mungkin orang tua mereka menandatangani surat izin ke Hogsmeade untuk Colin, dan Dennis sekaligus dengan alasan efisiensi. Pada buku ketujuh, Colin tewas dalam Peperangan Hogwarts. Ia diceritakan ikut dalam rombongan evakuasi Hogwarts saat perang meletus. Namun ia kemudian kembali untuk bertempur membela Hogwarts, dan juga menunjukkan kesetiaannya kepada Laskar Dumbledore. Pada saat itulah ia terbunuh. Pembunuh maupun penyebab terbunuhnya Colin tidak disebutkan (kemungkinan Pelahap Maut). Tidak disebutkan apakah Dennis turut bertempur di Hogwarts.