Aberforth Dumbledore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Aberforth Dumbledore
Abeforth Dumbledore.jpg
Pemeran Jim McManus
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki

Aberforth Dumbledore, adalah karakter fiksi dalam seri Harry Potter karangan J.K. Rowling. Aberforth adalah adik Albus Dumbledore. Dia adalah anggota awal dari Orde Phoenix, dan kemungkinan masih menjadi anggota, meski tidak pernah disebutkan.

Aberforth disebut sekilas dalam Harry Potter and the Goblet of Fire ketika Dumbledore mengatakan pada Harry dan Hagrid bahwa Aberforth tidak peduli ketika ia dituntut karena melakukan mantra tak pantas kepada seekor kambing. Tidak banyak yang diketahui tentang dia kecuali dia agak aneh dan kemungkinan tidak bisa membaca. Jim McManus memerankan Aberforth dalam film Harry Potter and the Order of the Phoenix.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Aberforth adalah bartender Hog's Head di Hogsmeade, seperti yang diungkapkan J. K. Rowling dalam sebuah wawancara. Rowling mengungkapkan petunjuk pertama ada di Harry Potter and the Order of the Phoenix, ketika Harry melihat pelayan bar, seorang laki-laki tua dengan jenggot dan rambut beruban lebat panjang, jangkung dan kurus, yang rasanya pernah dilihatnya (sebelum itu Harry diperlihatkan foto Aberforth oleh Moody, di mana wajahnya mirip Dumbledore). Dalam Harry Potter and the Half-Blood Prince, Harry melihatnya berbicara dengan Mundungus Fletcher, yang ternyata mencoba menjual barang-barang yang dicurinya dari Grimmauld Place. Terakhir Aberforth muncul dalam pemakaman Dumbledore.

Biarpun tidak pernah disebut sebagai Aberforth, bartender di Hog’s Head kerapkali disebutkan oleh Dumbledore sebagai sumber informasi (karena beragamnya pengunjung Hog’s Head). Ketika Voldermort kembali ke Hogwarts untuk melamar pekerjaan sebagai guru sekitar 10 tahun setelah dia lulus, Dumbledore tahu bahwa ada beberapa pengikut Voldermort yang menunggunya di Hog’s Head. Dumbledore mengatakan ia mengetahuinya karena 'berteman dengan pelayan bar setempat'. Sybill Trelawney berkata pada Harry bahwa ketika ia diwawancarai Dumbledore untuk menjadi guru di Hogwarts di Hog’s Head, setelah dia sempat tidak sadar (karena mengucapkan Ramalan tentang Harry dan Voldermort), mereka diinterupsi ketika 'pelayan bar yang tidak tahu adat' bersama Severus Snape memasuki kamarnya.

Di buku ketujuh, Aberforth memainkan peran yang penting. Ia membuka jalan bagi para anggota Laskar Dumbledore dari Hog's Head menuju Kamar Kebutuhan melalui foto adiknya, Ariana. Melalui jalan ini, Neville menjemput Harry ke Kamar Kebutuhan dan menjelaskan bahwa selama ini para anggota L.D. mendapat makanan dari Aberforth. Ia juga membeli cermin dua arah yang milik Sirius yang dicuri oleh Mundungus setelah kematiannya. Karena Harry membawa cermin ini selama persembunyiannya, ia dapat mengamati Harry dan sekaligus membantu Harry. Ialah yang mengirim Dobby untuk menyelamatkan Harry, Ron, Hermione, dan tawanan lainnya di Malfoy Manor. Ia menyelamatkan mereka dengan membawa mereka ke dalam bar sebelum ditangkap Pelahap Maut. Aberforth meninggalkan Orde Phoenix setelah mempercayai bahwa mereka tak akan menang melawan Voldemort. Ia juga menceritakan kepada Harry, Ron, dan Hermione beberapa hal tentang keluarga Dumbledore yang tidak mereka ketahui. Dalam pertempuran di Hogwarts, ia membantu murid-murid di bawah umur untuk melarikan diri ke Hog's Head. Ia kemudian bertempur di dalam pertempuran tersebut dan terakhir kali disebutkan sedang melawan Augustus Rookwood. Ia kemungkinan besar selamat dalam pertempuran tersebut. Di dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows, ia terakhir digambarkan mengalahkan ratusan Dementor dengan Mantra Patronus yang digambarkan seperti tsunami.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]