Fandom Harry Potter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

"Fandom Harry Potter" mengacu pada komunitas penggemar buku dan film Harry Potter yang berpartisipasi dalam kegiatan pertunjukan yang berputar di sekitar seri, seperti membaca dan menulis fiksi penggemar, menciptakan seni penggemar, terlibat dalam permainan peran, bersosialisasi di forum berbasis Harry Potter, dan banyak lagi. Fandom berinteraksi secara daring maupun luring melalui kegiatan seperti konvensi penggemar, tur tempat ikonis yang relevan dengan buku dan produksi film, dan pesta diadakan untuk rilis tengah malam dari setiap buku dan film.

Dengan buku Harry Potter keempat, legiun penggemar telah tumbuh begitu besar sehingga langkah-langkah keamanan diambil untuk memastikan bahwa tidak ada buku yang dibeli sebelum tanggal rilis resmi.[1] Harry Potter dianggap sebagai salah satu dari sedikit empat kuadran, waralaba yang mencakup multi-generasi yang ada saat ini, meskipun pemasaran asli buku-buku Rowling untuk remaja.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Harry Potter hits midnight frenzy". CNN. 15 Juli 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Desember 2006. Diakses tanggal 15 Januari 2007. 
  2. ^ Rucker, Philip (21 Juli 2005). "The Magic Of 'Potter' Not Just For Kids". The Washington Post. Diakses tanggal 28 Februari 2007. 
  3. ^ Fierman, Daniel (31 Agustus 2005). "Wild About Harry". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 4 Maret 2007. When I buy the books for my grandchildren, I have them all gift wrapped but one...that's for me. And I haven't been 12 for over 50 years. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]