Wizarding World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wizarding World
Diciptakan olehJ. K. Rowling
Karya asliHarry Potter and the Philosopher's Stone (2001)
Pemilik
Publikasi tercetak
BukuDaftar buku
Film dan televisi
Film
Pertunjukkan teater
DramaHarry Potter and the Cursed Child
Permainan
Permainan videoDaftar permainan video
Audio
Lagu temaDaftar jalur suara
Lainnya
Wahana bermainThe Wizarding World of Harry Potter
Publikasi digitalPottermore

Wizarding World[1][2] (sebelumnya bernama J. K. Rowling's Wizarding World)[3][4] adalah waralaba media fantasi dan semesta fiksi yang berpusat pada serangkaian film, berdasarkan seri novel Harry Potter karya J. K. Rowling. Film-film tersebut telah diproduksi sejak tahun 2000, dan hingga tahun 2023, sebelas film telah diproduksi—delapan diantaranya adalah adaptasi dari novel Harry Potter dan tiga lainnya bagian dari seri Fantastic Beasts, dengan lebih banyak film yang dijadwalkan akan dirilis pada tahun-tahun mendatang. Film-film tersebut dimiliki dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures. Seri ini secara kolektif telah meraup pendapatan lebih dari $9,7 miliar di box office dunia, menjadikannya sebagai waralaba film terlaris keempat sepanjang masa (setelah Marvel Cinematic Universe, Star Wars dan Spider-Man).

David Heyman dan rumah produksinya, Heyday Films telah memproduseri setiap film dalam seri Wizarding World. Chris Columbus dan Mark Radcliffe berperan sebagai produser di Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, David Barron memproduseri film Harry Potter and the Order of the Phoenix pada 2007 hingga Harry Potter and the Deathly Hallows – Bagian 2 pada 2011, dan Rowling memproduksi dua film terakhir dalam seri Harry Potter. Heyman, Rowling, Steve Kloves dan Lionel Wigram memproduseri dua film dalam seri Fantastic Beasts. Film-film tersebut diskenarioi dan disutradarai oleh beberapa orang dan dibintangi oleh banyak pemeran. Beberapa pemeran, termasuk Daniel Radcliffe, Rupert Grint, Emma Watson, Tom Felton, Michael Gambon, Ralph Fiennes, Alan Rickman, Maggie Smith, Helena Bonham Carter, Gary Oldman, Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Alison Sudol, dan Dan Fogler telah bermain dalam sejumlah film. Selain itu, Jude Law dan Johnny Depp masing-masing telah tampil dalam dua film. Album jalur suara dirilis untuk masing-masing film. Waralaba ini juga mencakup produksi panggung, publikasi digital, permainan video, dan taman rekreasi bertema The Wizarding World of Harry Potter di beberapa taman hiburan Universal Parks & Resorts di seluruh dunia.

Film pertama dalam Wizarding World adalah Harry Potter and the Philosopher's Stone (2001), yang diikuti oleh tujuh sekuel Harry Potter, dimulai dengan Harry Potter and the Chamber of Secrets pada 2002 dan berakhir dengan Harry Potter and the Deathly Hallows – Bagian 2 pada tahun 2011, hampir sepuluh tahun sejak dirilisnya film pertama. Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) adalah film pertama dalam seri sempalan/prekuel Fantastic Beasts. Sekuelnya berjudul Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, yang dirilis pada 16 November 2018. Tiga sekuel lainnya masih dalam tahap produksi. Film ketiga, Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore, dirilis pada 15 April 2022. Warner Bros juga berencana mengembangkan serial televisi yang berlatar Wizarding World, yang akan ditayangkan oleh HBO Max.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "New logo marks an exciting year ahead for the Wizarding World". Pottermore. 12 March 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 March 2018. Diakses tanggal 14 March 2018. 
  2. ^ Outlaw, Kofi (13 March 2018). "'Fantastic Beasts 2' Trailer Officially Establishes Harry Potter 'Wizarding World' Film Universe". Comic Book. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 March 2018. Diakses tanggal 14 March 2018. 
  3. ^ Gardner, Kelvyn (22 November 2016). "Fantastic Beasts release shows the magic in brand reinvention". Campaign. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 June 2017. Diakses tanggal 4 July 2017. 
  4. ^ "NBCUniversal Acquires Rights To J. K. Rowling's 'Wizarding World' Franchise" (Siaran pers). Comcast Corporation. 8 August 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 October 2017. Diakses tanggal 20 October 2017. 
  5. ^ "'Harry Potter' Live-Action TV Series in Early Development at HBO Max (Exclusive)". The Hollywood Reporter. 25 January 2021. Diakses tanggal 7 April 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]