Sihir dalam Harry Potter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dalam serial Harry Potter yang diciptakan oleh J. K. Rowling, sihir digambarkan sebagai kekuatan supranatural yang dapat digunakan untuk mengesampingkan hukum alam biasa. Banyak makhluk ajaib fiksi ada di seri, sementara makhluk biasa kadang-kadang menunjukkan sifat magis baru dalam dunia novel. Objek juga dapat ditambah atau didapatkan dari sifat magis. Beberapa dari manusia yang mampu melakukan sihir disebut sebagai penyihir, berbeda dengan Muggle non-magis.

Pada manusia, penyihir atau tidak adalah bawaan lahir. Itu diwariskan, dibawa dari "gen yang tahan lebih banyak".[1] Sihir adalah norma pada anak-anak dari pasangan penyihir dan kurang umum pada mereka yang dari Muggle. Pengecualian pada: mereka yang tidak dapat melakukan sihir yang lahir dari orang tua penyihir dikenal sebagai squibs, sedangkan penyihir yang lahir dari orang tua Muggle dikenal sebagai kelahiran Muggle, atau dengan istilah hinaan "Darah Lumpur".

Kemampuan sihir[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar kemampuan khusus yang penyihir dalam dunia Harry Potter mungkin punya.

Parseltongue[sunting | sunting sumber]

Parseltongue, bahasa ular, memiliki asosiasi dengan Sihir Hitam (meskipun Dumbledore menyatakan bahwa itu belum tentu tergolong jahat). Mereka yang memiliki kemampuan untuk berbicara itu disebut ("Parselmouths") yang sangat jarang terjadi. Orang tampaknya memperoleh keahlian melalui pembelajaran atau melalui metode Xenoglosia, seperti melalui warisan genetik (atau dengan menggunakan sihir gelap atau berbahaya). Harry adalah Parselmouth: Harry Potter dan Kamar Rahasia menjelaskan ini sebagai akibat Voldemort membagikan beberapa kemampuannya untuk Harry saat malam ia mencoba untuk membunuhnya. Deathly Hallows mengungkapkan bahwa bagian jiwa Voldemort dalam tubuh Harry memberikan dia kemampuan ini, yang kemudian hancur meninggalkan Harry setelah kemampuannya dilenyapkan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FAQ jkrowling.com". Diakses tanggal 19 Juli 2007. 
  2. ^ "Salinan Obrolan Web J.K. Rowling". Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Juli 2012.