Objek sihir Harry Potter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Berikut ini adalah daftar benda-benda sihir yang digunakan dalam seri Harry Potter.

Artefak sihir legendaris[sunting | sunting sumber]

Batu Bertuah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan gagasan alkimia kuno batu Bertuah, batu dimiliki oleh Nicolas Flamel dan pertama kali disebutkan dalam Harry Potter dan Batu Bertuah. Batu itu legendaris dalam hal mengubah semua logam menjadi emas, dan dapat digunakan untuk membuat ramuan yang disebut Eliksir Kehidupan, membuat peminumnya abadi. Batu Bertuah terlihat hanya dalam buku pertama dan terakhir. Batu ini dihancurkan pada akhir buku pertama oleh Dumbledore dengan persetujuan Flamel.

Wadah penyimpanan[sunting | sunting sumber]

Tas Hermione[sunting | sunting sumber]

Di Harry Potter dan Relikui Kematian, Hermione menggunakan sebuah sihir ekstensi yang tak terdeteksi pada tas manik-maniknya, secara signifikan memperbesar dimensi internal tas tanpa mempengaruhi ukuran tas. Serta, massa objek yang ditempatkan di tasnya akan ditiadakan, membuat tas mudah dibawa. Tas yang mirip dengan ini muncul dalam konteks lain, seperti "tas pegang" di Dungeons and Dragons atau "tas ajaib" dalam banyak permainan lainnya. Hermione menggunakannya untuk membawa segala sesuatu yang mereka butuhkan ketika mereka melakukan perjalanan di seluruh Inggris untuk berburu Horcrux.

Tas Mokeskin[sunting | sunting sumber]

Tas Mokeskin adalah sejenis tas bertali panjang yang hanya dapat digunakan oleh pemiliknya. Harry menerima satu sebagai hadiah ulang tahun ke-17 dari Hagrid, menggunakannya untuk menyimpan beberapa item pribadi penting, seperti Golden Snitch, tongkatnya yang patah, liontin palsu, pecahan cermin Sirius dan peta Marauders.

Pensieve[sunting | sunting sumber]

Pensieve adalah baskom batu yang digunakan untuk melihat ingatan. Tercakup dalam rune mistik, berisi ingatan yang bentuk fisiknya bukanlah gas atau cair. Seorang penyihir dapat mengekstrak ingatan mereka sendiri atau orang lain, menyimpannya di dalam Pensieve, dan dapat melihatnya kapanpun. Hal ini juga mengurangi beban ingatan ketika menjadi penuh dengan informasi. Siapapun dapat melihat ingatan di Pensieve, yang juga memungkinkan yang melihat untuk sepenuhnya membenamkan diri dalam ingatan yang tersimpan di dalam Pensieve, seperti bentuk magis dari realitas maya.

Pengguna alat ini melihat ingatan dari sudut pandang orang ketiga, memberikan perspektif mendekati mahatahu dari peristiwa yang diabadikan. Rowling mengonfirmasi ingatan di Pensieve memungkinkan seseorang untuk melihat rincian hal-hal yang terjadi bahkan jika mereka tidak melihat atau mengingatnya, dan menyatakan "itulah keajaiban Pensieve, begitu terlihat nyata."[1] Ingatan yang terkandung di dalam Pensieve memiliki penampilan benang perak. Ingatan yang telah memburuk karena usia, atau yang sangat dimanipulasi atau diubah dengan mengubah perspektif (seperti Slughorn), mungkin muncul tebal dan seperti jeli dan menampilkan pandangan yang kabur. Ingatan tidak terbatas hanya dengan manusia, karena Hokey si peri rumah memberi Dumbledore ingatan juga. Itu membuat penampilan terakhirnya di Deathly Hallows ketika Harry menggunakannya untuk mengungkap kebenaran tentang Snape.

Dalam film keempat, Pensieve di ruangan Dumbledore sesuai dengan deskripsi yang diberikan dalam novel. Namun, dalam film keenam dan kedelapan, muncul sebagai piring logam yang rata, mengambang di udara dan diisi dengan cairan seperti raksa. Selama film kedelapan, Harry melepasnya dari baskom batu sehingga ia dapat menggunakannya untuk melihat ingatan Snape.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MuggleNet Emerson dan wawancara J.K. Rowling Melissa Halaman 3". Mugglenet.com. 16 Juli 2005. Diakses tanggal 25 November 2011.