Terjemahan Harry Potter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Logo Harry Potter pertama kali digunakan dalam edisi seri novel bahasa non-Inggris dan Amerika, dan kemudian di seri film.

Seri novel fantasi Harry Potter karya J. K. Rowling telah menjadi beberapa karya paling banyak dibaca dari bacaan anak dalam sejarah, dengan pembaca dari segala usia dan banyak negara. Pada April 2011 penjualan di seluruh dunia dari buku Harry Potter yang diperkirakan sekitar 450 juta kopi,[1] dan buku telah diterjemahkan dari bahasa Inggris asli setidaknya ke dalam 68 bahasa lainnya. Namun, ada dua terjemahan bahasa Portugis yang terpisah (satu ke dalam bahasa Portugis Eropa dan satu ke dalam bahasa Portugis Brazil) serta dua terjemahan bahasa Tionghoa yang terpisah (satu menggunakan aksara Han Tradisional dan Hanzi sederhana yang lainnya). Oleh karena itu, edisi buku telah diterbitkan dalam 70 versi bahasa yang berbeda. (Ini tidak termasuk edisi bahasa Inggris Amerika yang terpisah, maupun adaptasi bahasa Valencia edisi Catalan, maupun edisi bahasa Serbia yang terpisah yang diterbitkan dalam abjad Sirilik Serbia).[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ABC News dalam Harry Potter: "Rowling has sold about 450 million copies of the Harry Potter books worldwide, according to Blair." (4 April 2011)
  2. ^ Flood, Alison (17-06-2008). "Potter tops 400 million sales". theBookseller.com. The Bookseller. Diakses tanggal 12-09-2008. 
  3. ^ UToday (23-02-2010). "It's all in the translation". ucalgary.ca. Universitas Calgary. Diakses tanggal 25-02-2010.