Bill Weasley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bill Weasley
Bill Weasley
Bill Weasley dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, diperankan oleh Richard Fish.
Pemeran Richard Fish (Harry Potter dan Tawanan Azkaban) , Domnhall Gleeson (Harry Potter dan Relikui Kematian)
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki

Bill Weasley (lahir 29 November 1970) adalah tokoh fiksi dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Bill adalah putra pertama dari Arthur dan Molly Weasley, dan kakak dari Charlie, Percy, Fred dan George, Ron, dan Ginny. Nama Bill merupakan kependekan dari William. Nama tengah Bill adalah Arthur, nama ayahnya. Bill bersekolah di Hogwarts sejak 1982 hingga 1989, dan menjadi seorang Prefek dan kemudian Ketua Murid. Belakangan, ia bekerja di Bank Gringotts di Mesir sebagai seorang Pemunah-Kutukan.


Dalam Harry Potter dan Orde Phoenix, Bill kembali ke Inggris untuk bergabung dengan Orde Phoenix sambil bekerja di Bank Gringotts Inggris. Setelah selama setahun mengenal Fleur Delacour dan banyak "kursus pribadi" bahasa Inggris, Bill melamar Fleur dan diterimanya. Dalam Harry Potter dan Pangeran-Berdarah Campuran, Bill dan Fleur telah bertunangan, dan pada musim panas sebelum Harry dan Ron memasuki tingkat keenam mereka di Hogwarts, Bill membawa tunangannya tinggal di rumahnya untuk lebih mengenal keluarganya.

Sebelum peristiwa di buku keenam, Bill digambarkan sebagai seorang yang tampan (dalam buku kelima, tampak bahwa Fleur memperhatikan Bill dengan "penuh perhatian"), memiliki rambut merah panjang yang diikat ekor kuda, dan memakai anting-anting besar dengan taring sebagai gantungannya.

Harry memandang Bill sebagai seorang yang tidak akan tampak janggal dalam konser musik rock, dan Harry terherankan bahwa Bill (yang adalah mantan murid Hogwarts yang hebat, prefek, dan Ketua Murid) sangat berbeda dengan Percy. Penampilan Bill yang tidak biasa sering membuat ibunya Mrs Weasley putus asa, padahal orang-orang lainnya baik-baik saja dengan itu. Ginny sangat mengagumi kakak pertamanya itu.

Sebagai anggota Orde, Bill bertempur hebat ketika Pelahap Maut menyerang Hogwarts di akhir buku keenam, tetapi mengalami cedera hebat. Manusia serigala Fenrir Greyback menggigitnya, walaupun saat itu sedang dalam wujud manusianya, dan kemungkinan akan menyebabkan kontaminasi yang belum diketahui. Menurut Remus Lupin, yang juga adalah seorang manusia serigala, akibat gigitan itu mungkin tidak membuat Bill menjadi manusia serigala seutuhnya, walaupun ia mungkin akan tetap mendapatkan sifat-sifat serigala dalam dirinya. Kondisi fisik yang sudah tampak jelas adalah Bill kini lebih menyukai stik daging sapi yang setengah matang, dan wajah yang dengan bekas luka yang dalam. Rencana pernikahannya dengan Fleur Delacour tidak berubah. Fleur menyatakan bahwa ia tidak keberatan dengan bekas luka itu (sembari juga mengatakan bahwa selama ini ia menganggap bahwa orang Inggris memasak stik terlalu matang). Sikap ini mendatangkan respek yang besar dari keluarga Bill yang sebelumnya kurang menyetujui pernikahan mereka; khususnya dari Mrs Weasley.

Pada Harry Potter dan Relikui Kematian. Bill dan Fleur akhirnya melaksanakan pernikahan mereka di The Burrow. Namun, di tengah-tengah pesta, patronus milik Kingsley Shacklebolt, seekor kucing liar muncul di tengah mereka dan memberikan peringatan bahwa Kementerian Sihir telah jatuh ke tangan Lord Voldemort dan para Pelahap Maut sedang dalam perjalanan ke The Burrow. Berita ini membuat banyak tamu undangan (termasuk trio Harry, Hermione, dan Ron), memutuskan ber-Disapparate untuk menyelamatkan diri. Sejak saat itu, sisa keluarga Weasley memutuskan bersembunyi dari kejaran pelahap Maut. Di akhir cerita, seluruh keluarga Weasley (termasuk Bill dan istrinya, Fleur) berperang dalam Pertempuran Hogwarts.

Setelah perang berakhir, Bill dikaruniai 3 anak, Victoire (kelak menjadi pacar Teddy Lupin), Dominique, dan Louis.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]