Percy Weasley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Percy Weasley (lahir 22 Agustus 1976) adalah karakter fiktif dalam serial Harry Potter karangan J.K Rowling.

Percy adalah anak ketiga dari pasangan Arthur dan Molly Weasley. Percy digambarkan memiliki watak yang disiplin, tegas, dan ambisius sehingga kadang-kadang menyebalkan. Dia sangat tidak disukai oleh adik-adiknya, karena wataknya yang terlalu disiplin.

Ia masuk Hogwarts tahun 1987 (seangkatan dengan Oliver Wood). Saat pada tahun kedua Harry, pacar Percy adalah anak Ravenclaw, Penelope Clearwater. Pada tahun pertama Harry dia adalah Prefek Gryffindor, dan pada tahun berikutnya dia menjadi Ketua Murid. Tetapi di buku kelima, Percy membangkang dan memilih membenci orangtuanya sendiri, juga Dumbledore dan Harry serta semua yang mendukung Dumbledore, karena Harry telah menyaksikan kebangkitan kembali Lord Voldemort tanpa saksi mata sehingga Percy menganggap Harry dan Dumbledore berbohong pada publik.

Percy sejak saat itu ikut Cornelius Fudge, Menteri Sihir, yang kemudian digantikan oleh Rufus Scrimgeour. Dia menjabat sebagai Asisten Junior Menteri.

Pada buku terakhir, diceritakan bahwa Percy kemudian bergabung kembali dengan keluarganya dan bertempur melawan para Pelahap Maut pada Pertempuran Hogwarts ke-2.

Setelah perang berakhir, ia menjadi pejabat tinggi kedua di bawah Menteri Sihir baru, Kingsley Shacklebolt dan mereformasi Kementerian Sihir secara keseluruhan (dalam dunia kita, peranannya dapat disamakan dengan perdana menteri atau wakil presiden di Indonesia). Ia menikah dengan wanita bernama Audrey dan memiliki 2 anak perempuan, Molly dan Lucy.