Peri Rumah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Peri Rumah adalah makhluk gaib fiksi dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Peri Rumah memiliki bentuk seperti manusia kecil –walaupun jelas terlihat berbeda dari manusia– yang menghabiskan hidup mereka untuk melayani sebuah keluarga, institusi, dan lain-lain. Kecuali mereka dibebaskan, keturunan mereka akan melanjutkan tugas-tugas mereka. Berbeda dengan seorang budak, Peri Rumah betul-betul bahagia dalam perbudakan mereka dan hampir seluruhnya beranggapan bahwa bila mereka sampai dibebaskan, itu adalah kenistaan besar. Ras ini tidak memiliki kebudayaan sendiri dan keberadaan mereka hanya untuk melayani. Memiliki Peri Rumah merupakan simbol status dari seseorang atau suatu keluarga, sementara sikap pengabdian yang sedemikian dalam menyebabkan Peri Rumah dianggap sebagai warga kelas dua di dunia sihir.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Peri Rumah memiliki tubuh yang kecil (hanya sekitar 60–90 cm tingginya), dengan tangan-kaki yang panjang lurus, serta kepala dan mata yang terlalu besar. Mereka biasa menyebut diri sendirinya dengan kata ganti orang ketiga dan berbicara seperti anak kecil. Nama-nama mereka biasanya mirip seperti nama binatang peliharaan (Dobby, Winky, Hokey); dan tampaknya tidak memiliki nama keluarga.

Seorang Peri Rumah terikat pada rumah keluarga tertentu; namun belum terlalu jelas apakah mereka memilih untuk mendiami suatu rumah dan melayani orang-orang yang tinggal di dalamnya, atau apakah mereka terikat dengan suatu cara kepada suatu keluarga. Ron Weasley berkomentar bahwa ia berharap agar keluarganya cukup kaya untuk dapat memiliki seorang Peri Rumah, sehingga secara tersirat kemungkinan bahwa Peri Rumah adalah satu paket dengan suatu rumah (analoginya dalam dunia non-sihir mungkin seperti perabot rumah yang sudah ikut diberikan bersama dengan rumah yang dibeli). Pada awal kisah Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran juga memperkuat hal ini. Harry melakukan tes apakah ia benar-benar pemilik yang sah dari Grimmauld Place dengan cara melihat apakah si Peri Rumah, Kreacher akan menuruti perintahnya. Tes ini berhasil dan memperlihatkan bahwa Peri Rumah memang terikat kepada rumah yang dilayaninya. Namun, dalam Harry Potter dan Piala Api, seorang Peri Rumah yang telah dibebaskan mencari keluarga yang baik, sehingga mengisyaratkan bahwa Peri Rumah itu terikat kepada suatu keluarga, bukan kepada rumahnya. Memang bergenerasi-generasi Peri Rumah dikisahkan melayani suatu keluarga, tetapi hal ini mungkin dikarenakan generasi demi generasi keluarga tersebut juga tinggal di rumah yang sama.

Peri Rumah hidup dalam situasi yang menyedihkan. Mereka gigih, bersifat patuh secara alami, dan sering digertak, dicaci maki, bahkan disiksa. Keluarga-keluarga penyihir hitam tampaknya memiliki kebiasaan mengasari dan menganiaya Peri Rumah mereka. Keluarga Malfoy memaksa Peri Rumah mereka, Dobby, untuk menjepit telinganya sendiri di oven atau menyetrika tangannya jika ia tidak mematuhi perintah mereka. Keluarga Black memenggal kepala Peri Rumah mereka bila sudah tua dan memajangnya di dinding rumah mereka.

Peri Rumah memakai pakaian seperti sarung bantal dan serbet teh, karena mereka tidak diizinkan memiliki pakaian. Jika pemilik Peri Rumah memberikan pakaian apa saja kepada mereka, Peri Rumah itu akan bebas untuk meninggalkan keluarga yang dilayaninya selamanya. Pada akhir kisah Harry Potter dan Kamar Rahasia, Harry memperdaya Lucius Malfoy untuk membebaskan Dobby.

Kebanyakan Peri Rumah akan merasa sangat hancur jika diberikan pakaian, karena itu berarti bahwa mereka telah gagal untuk melayani pemilik mereka (Peri Rumah keluarga Crouch, Winky, menjadi depresi dan terjebak dengan minuman beralkohol pada akhirnya). Namun, beberapa lainnya (seperti Dobby), menikmati kebebasan mereka. (Sekalipun menikmati kebebasan itu, Dobby tetap tidak menginginkan dibayar terlalu banyak[HP4]. Dobby mengatakan bahwa ia menolak tawaran Albus Dumbledore yang hendak memberinya gaji 10 Galleon per minggu dan libur seminggu sekali. Dobby hanya meminta 1 Galleon per minggu dan libur hanya sehari dalam sebulan. Ia tampaknya lebih bangga untuk tidak memilih tawaran yang lebih murah hati dari Dumbledore itu.)

Peri Rumah terikat kepada rumah dan keluarga mereka oleh ikatan sihir yang sangat kuat. Mereka harus mentaati perintah pemilik rumah, apa pun perasaan pribadi mereka akan si pemilik itu. Namun, dengan menelisik perintah pemilik mereka kata demi kata, mereka dapat bebas bertindak melalui celah yang mungkin ada dalam perintah itu. Kreacher mempergunakan trik ini untuk mengkhianati pemiliknya, Sirius Black, dan Dobby melakukannya untuk memperingatkan Harry Potter akan rencana jahat Lucius Malfoy atasnya. Dobby kemudian masih terikat dengan keharusan menghukum dirinya sendiri dengan menyedihkan.

Penindasan dan perbudakan peri rumah inilah yang membuat Hermione tergerak dan membentuk organisasi bernama Society for the Promotion of Elfish Welfare (S.P.E.W), yang dibahasa Indonesiakan sebagai Gerakan Pembebasan Peri Rumah (terjemahan lainnya Gerakan Kesejahteraan Peri Rumah), yang juga mempengaruhi karirnya kelak setelah kekalahan Lord Voldemort, yaitu di bagian Departemen Pengawasan Makhluk gaib, di mana ia memperjuangkan persamaan hak peri rumah, manusia serigala, dan makhluk-makhluk sihir non manusia lainnya.

Peri Rumah memiliki kekuatan sihir mereka sendiri, yang berbeda dengan yang dimiliki oleh para penyihir. Kekuatan sihir ini dipergunakan untuk melayani pemilik mereka. Kekuatan sihir Peri Rumah di antaranya adalah sihir untuk bepergian (mirip dengan Apparation—tetapi Peri Rumah dapat melakukannya di dalam Hogwarts sementara Apparition tidak). Rowling telah mengkonfirmasi mengenai hal ini.

Berbeda dengan manusia, Peri Rumah menjadi mabuk dengan meminum Butterbeer; padahal untuk penyihir (anak-anak sekalipun), minuman itu hanya memiliki efek tidak lebih dari 'menghangatkan badan'.

Peri Rumah di Harry Potter[sunting | sunting sumber]

Dobby[sunting | sunting sumber]

Dobby adalah Peri Rumah Bebas (sebeumnya adalah milik keluarga Malfoy) yang berusaha untuk membantu Harry terhadap rencana jahat Malfoy. Setelah memperingatkan Harry, Dobby menghukum dirinya sendiri dengan hebat sehingga kedua tangannya harus dibalut. Ia kemudian dibebaskan oleh Harry dengan mempergunakan kaos kakinya. Dia sangat memuja dan memiliki kesetiaan yang sangat besar kepada Harry Potter (bahkan sebelum dibebaskan dari keluarga Malfoy), meskipun diceritakan bahwa dia memiliki pekerjaan baru di Hogswart tapi loyalitasnya tetap diberikan kepada Harry Potter, beberapa hal dilakukan olehnya untuk Harry Potter antara lain mengusulkan penggunaan ruang kebutuhan untuk latihan Laskar Dumbledore dan menjadi mata-mata untuk mengawasi Draco Malfoy, berkelahi dengan Kreacher karena kreacher benci melayani Harry Potter dan yang paling hebat adalah menyelamatkan Harry Potter dan beberapa orang lainnya dari kediaman keluarga malfoy yang dibayar dengan nyawanya. Dikisahkan pada akhir hidupnya dia menyelamatkan Trio Emas (Harry Potter, Ron Weasley dan Hermone Granger) dan beberapa orang lainnya (Dean Thomas,Luna Lovegood,Olivander,Griphook) dari Malfoy Manor, Bellatrix Lestage-lah yang telah membunuhnya dengan lemparan belati yang tepat menancap didada. Dia dimakamkan di Shell Cottage oleh Harry Potter.

Kreacher[sunting | sunting sumber]

Kreacher
Kreachootp.jpg
Kreacher
dalam film Harry Potter and the Order of the Phoenix
Pengisi suara Timothy Bateson[1]

Peri Rumah tua yang dimiliki Keluarga Black yang dipengaruhi oleh nyonya rumah pemiliknya, ibu Sirius Black, yang memandang tinggi kemurnian darah sehingga dia sangat memuja darah murni dan membenci segala sesuatu yang mencemarkan kemurnian darah seorang penyihir (muggle,penyihir kelahiran muggle-darah lumpur,darah pengkhianat atau penyihir yang memiliki simpati pada muggle dan penyihir kelahiran muggle, dan penyihir campuran). Dia memiliki cita-cita untuk dipenggal dan kepalanya dipajang seperti para leluhurnya. Dia juga sangat menyayangi Regulus Black (adik Sirius Black), di akhir hidup Regulus Black telah menitipkan Liontin Salazar Slytherin yang telah dijadikan Horcrux oleh Voldemort untuk dihancurkan tapi Kreacher telah gagal dan sangat frustasi atas kegagalannya itu sehingga hanya menyimpannya saja hingga dicuri oleh Mundungus Fletcher. Ketika Sirius Black wafat, dia dan Grimmauld Place nomor 12 telah diwariskan kepada Harry Potter dan dengan sangat berat hati harus diterima olehnya, Kreacher akhirnya disuruh bekerja di Hogwarts dengan harapan para Peri Rumah yang lain dapat menawasi dirinya. kebenciannya pada Harry Potter dan teman-temannya sirna ketika diwariskan Liontin milik Regulus Black, dan semenjak itu kesetiaannya diberikan kepada Harry Potter.

Kreacher pernah menerima beberapa tugas dari Harry Potter antara lain bekerja di Hogwarts (sebenarnya hanya sekadar alasan Potter agar Kreacher dapat diawasi oleh Peri Rumah Hogwarts); Memata-matai Draco Malfoy; menangkap Mundungus Fletcer, tugas yang paling disenangi oleh Kreacher karena dengan ini dia dapat membalas sakit hatinya pada Mundungus yang telah mencuri dan menjual harta keluarga Black. Dikisahkan pada akhir novel Harry Potter, Kreacher ikut serta dalam pertempuran di Hogwarts, dia memimpin para peri rumah lainnnya untuk bersatu bersama para pejuang Hogwarts melawan para pelahap maut.

Winky[sunting | sunting sumber]

Winky
Winkyhp.jpg
Informasi
Spesies Peri Rumah
Jenis kelamin Perempuan

Winky dahulu adalah Peri Rumah milik Keluarga Crouch. Tidak seperti Dobby, Winky tidak menginginkan untuk dibebaskan. Ia memandang dirinya sebagai Peri Rumah yang patuh dan menjaga banyak rahasia keluarga Crouch. Ketika Barty Crouch Jr diselamatkan dari Azkaban oleh ayahnya, Barty Crouch Sr, Crouch Jr dikontrol dengan Kutukan Imperius dan dipaksa untuk bersembunyi di bawah Jubah Gaib sepanjang waktu, dan dirawat hingga sehat kembali oleh Winky.

Karena kasihan, Winky meminta Crouch Sr untuk membiarkan putranya menonton Piala Dunia Quidditch. Crouch Sr akhirnya setuju, tanpa menyadari bahwa Crouch Jr sudah mulai melawan kutukan itu. Ketika menghadiri keramaian Piala Dunia, Crouch Jr mencuri tongkat sihir Harry Potter dan menggunakannya untuk meluncurkan Tanda Kegelapan. Para penyihir dari Kementerian Sihir segera tiba dan menembakkan sihir bius ke arah asal Tanda itu. Winky dan Crouch Jr (masih tersembunyi di bawah Jubah Gaib) pingsan terkena sihir bius itu. Winky ditemukan sedang memegang tongkat sihir itu. Crouch Sr dalam kemarahannya memberikan Winky pakaian dan membebaskannya (alasan sesungguhnya adalah karena Winky dianggap tidak mampu mengontrol putranya dan ketidakpatuhan Winky yang tampak di situ oleh para penyihir dari Kementerian Sihir). Kejadian ini dianggap memuakkan oleh Hermione Granger.

Winky kemudian ditemukan oleh Dobby dan memperoleh pekerjaan bersama-sama di Hogwarts. Winky merasa sangat putus asa dengan pembebasannya, yang dianggapnya sebagai kegagalannya melayani keluarga Crouch dan mulai jatuh dalam minum minuman keras. Winky terus-menerus menolak untuk menganggap Kepala Sekolah Hogwarts sebagai pemiliknya dan masih menganggap Crouch sebagai tuannya. Ketika Crouch mendapatkan kecupan Dementor dan jiwanya disedot habis, garis keturunan Crouch pun habis, dan Winky tinggal hidup merana.

Hokey[sunting | sunting sumber]

Hokey
Informasi
Spesies Peri Rumah
Jenis kelamin Perempuan

Hokey adalah Peri Rumah yang bekerja untuk Hepzibah Smith, yang dihukum atas tuduhan meracuni Smith. Memori Hokey telah dimodifikasi oleh Lord Voldemort sehingga ia tidak membela diri atas tuduhan ini, malah mengatakan bahwa ia mungkin telah salah memasukkan ke minuman majikannya. Hokey belakangan meninggal karena usia tua. Hokey digambarkan sebagai Peri Rumah yang paling kecil perawakannya dan paling tua yang pernah dilihat oleh Harry, dan karena kecilnya, seakan-akan sebuah nampan piring berjalan sendiri ketika Hokey membawanya di atas kepalanya.

Peri Rumah di Hogwarts[sunting | sunting sumber]

Hogwarts mempekerjakan lebih dari seratus Peri Rumah, termasuk Dobby, Winky, dan belakangan, Kreacher (yang bekerja di sana atas perintah Harry Potter setelah Peri Rumah itu diwariskan kepadanya). Peri-Peri Rumah di Hogwarts bertugas membersihkan puri, memasak di dapur, merawat perapian sihir yang menyala di kantor-kantor dan ruang-ruang rekreasi Hogwarts. Peri-Peri Rumah di Hogwarts diperlakukan dengan baik dan dengan hormat oleh majikannya, tidak seperti perlakuan buruk yang diterima Peri Rumah lainnya seperti Kreacher dan Dobby (ketika masih di Keluarga Malfoy. Di Hogwarts, mereka memakai serbet teh yang bersih dengan logo sekolah, dan tampak sangat bahagia dengan keadaan mereka. Mereka memberikan Fred dan George Weasley, Harry, Ron, dan Hermione, kue-kue dan melayani ketika mereka semua menyelinap masuk ke dapur Hogwarts. Ayah Harry, James Potter dan kawan-kawannya Sirius Black, Remus Lupin, dan Peter Pettigrew melakukan hal yang sama pada masa ketika mereka bersekolah di sana.

Sebagaimana biasanya Peri Rumah, mereka merasa bahwa adalah kehormatan jika mereka melayani dengan baik tanpa mengeluh dan bekerja keras. Mereka sangat mencela akan Dobby ketika ia meminta gaji untuk pekerjaannya, dan akan Winky karena kecanduannya. Belum diketahui apa yang mereka pikir mengenai Kreacher, meskipun atas ketidaksukaan Kreacher akan posisinya (dan selalu menggerutu secara vokal akan hal ini), kemungkinan ia juga tidak disukai oleh rekan-rekannya di Hogwarts. Para Peri Rumah di Hogwarts juga memiliki perasaan yang sama dengan Winky mengenai kebebasan (sebagaimana juga rata-rata Peri Rumah lainnya), dan menganggap tabu untuk membicarakannya.

S.P.E.W.[sunting | sunting sumber]

Society for the Promotion of Elfish Welfare (atau "Perkumpulan untuk Peningkatan Kesejahteraan Peri Rumah") disingkat S.P.E.W., adalah sebuah organisasi kecil yang bertujuan menolong Peri Rumah. Perkumpulan ini didirikan oleh Hermione Granger, dan menjadi satu-satunya anggota aktif perkumpulan tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]