Cho Chang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karakter Harry Potter
Chochang order of the phoenixmovie.jpg
Cho Chang
Murid Hogwarts
Jenis kelamin Perempuan
Warna mata Hitam
Asrama Ravenclaw
Sekolah Hogwarts
Aliansi Laskar Dumbledore
Diperankan oleh Katie Leung
Pemunculan pertama Harry Potter dan Tawanan Azkaban

Cho Chang (China: 张秋 Zhang Qiu) (lahir 1979) adalah murid Asrama Ravenclaw yang umurnya satu tahun di atas Harry, dan ia bermain sebagai Seeker untuk tim Quidditch Ravenclaw. Tim Quidditch favoritnya adalah Tutshill Tornados. Ia dikenal sebagai orang pertama yang disukai, dicium, dipacari, dan diputuskan oleh Harry. Ia digambarkan "sangat cantik" dengan rambut hitam panjang, dan biasa ditemani dengan sekelompok murid-murid Ravenclaw lainnya. Jika dilihat dari namanya, dapat disimpulkan bahwa ia merupakan keturunan Oriental (Tionghoa). Cho merupakan nama umum di China, Jepang dan Korea, sementara Chang merupakan nama keluarga yang umum di China. Nama Cho (秋) dalam bahasa China berarti "musim gugur".

Di Harry Potter and the Goblet of Fire, Harry berusaha untuk mengajak Cho menghadiri Yule Ball bersamanya, tetapi Cho meminta maaf padanya karena ia telah diajak oleh Cedric Diggory. Cho juga sangat baik kepada Harry. Pada tahun keempat, ia mejalani hubungan dengan Cedric sampai Cedric dibunuh oleh Voldemort saat menjalani tugas ketiga di Turnamen Triwizard. Tetapi, di filmnya Cedric dibunuh oleh Peter Pettigrew.

Cho juga merupakan salah satu dari murid-murid yang percaya pernyataan Harry tentang kembalinya Lord Voldemort di Order of the Phoenix. Pada saat diminta untuk bergabung dengan Laskar Dumbledore, Cho mengaku bahwa orangtuanya mengharapkan ia tidak mengambil bagian dalam gerakan menentang Kementrian Sihir, tetapi ia tetap bergabung karena ia ingin melawan Voldemort. Pada pertemuan pertama, Cho-lah yang mengusulkan nama Latihan Duel (LD)[HP5], sebelum Ginny mencetuskan nama Laskar Dumbledore sebagai kepanjangan LD, dan menjadi nama gerakan ini. Cho berciuman dengan Harry dibawah tanaman mistletoe di Kamar Kebutuhan setelah sesi terakhir L.D sebelum liburan natal. Harry berkata bahwa rasanya "basah" (karena ia menangis).

Pada saat Hari Valentine, Harry berkencan dengan Cho di kafe Madam Puddifoot's di Hogsmeade, tapi kencan itu gagal karena Cho cemburu dengan hubungan Harry dan Hermione dan karena kurangnya pengetahuan Harry tentang perempuan. Hubungan mereka agak renggang setelah kencan itu dan resmi berakhir karena Cho lebih membela temannya Marrieta yang telah memberitahukan tentang L.D pada Dolores Umbridge.

Meskipun begitu, pada seri terakhir Harry Potter, Cho memperlihatkan kesetiaannya pada L.D. Ia bergabung dengan para anggota L.D di Kamar Kebutuhan dan ikut dalam pertempuran di Hogwarts melawan Voldemort. Pada saat bertemu dengan Harry, ia terlihat ramah dan bahkan mau memberikan informasi tentang mahkota Ravenclaw (salah satu dari Horcrux Voldemort) dan menawarkan pada Harry untuk menemaninya masuk ke dalam ruang rekreasi Ravenclaw untuk mencari petunjuk, tetapi Ginny segera mengusulkan agar Luna Lovegood menemani Harry (diduga karena cemburu). Dalam pertempuran Hogwarts, ia turut berperang untuk Hogwarts, dan selamat. Menurut J.K Rowling, pasca perang tersebut ia menikah dengan seorang Muggle.

Dalam film, Cho diperankan oleh Katie Leung. Sebenarnya, Cho sudah muncul dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, tetapi dalam film, ia baru dimunculkan pada Harry Potter and the Goblet of Fire.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Cho Chang merupakan salah satu karakter yang paling tidak disukai (selain Voldemort dan pelahap mautnya, dan Umbridge - dalam hal ini tokoh yang menentang Voldemort) oleh beberapa penggemar Harry Potter[1].
  • Dalam Harry Potter and the Order of the Phoenix, yang mengkhianati L.D pada Dolores Umbridge adalah Cho Chang sendiri (di bawah pengaruh Veritaserum - ramuan kejujuran) karena tokoh Marietta Edgecombe dalam film tersebut tidak dimunculkan.
  • Dalam Harry Potter and the Deathly Hallows, Cho digambarkan sebagai murid Hogwarts (hal yang sama juga terjadi pada Katie Bell), meskipun mereka 1 tahun lebih tua dari Harry dan lulus di akhir buku keenam.

Referensi[sunting | sunting sumber]