Barty Crouch Senior

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bartemius "Barty" Crouch Sr
Barty Crouch
Roger Lloyd-Pack sebagai Barty Crouch
dalam film Harry Potter and the Goblet of Fire
Pemeran Roger Lloyd-Pack
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki

Bartemius "Barty" Crouch Sr (meninggal Mei 1995) adalah tokoh fiksi dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Barty Crouch Sr diperankan oleh seorang aktor Inggris Roger Lloyd-Pack dalam film adaptasi dari novel Harry Potter dan Piala Api.

Ketika Lord Voldemort pertama kali muncul berkuasa di dunia, Crouch sedang menjabat sebagai Kepala Departemen Pelaksanaan Hukum Sihir. Ia menjadi sama lalim dan kejamnya terhadap banyak orang dari pihak Hitam, dan memberi kekuasaan baru kepada para Auror untuk membunuh, tidak hanya menangkap mereka yang dicurigai sebagai Pelahap Maut. Ia juga memerintahkan untuk mengirim Sirius Black ke penjara sihir Azkaban tanpa diadili. Kariernya menanjak cepat di Kementerian, dan sebagian kalangan mulai memfavoritkannya untuk menjadi Menteri Sihir yang selanjutnya. Karier ini seketika kandas ketika anaknya sendiri, Barty Crouch Jr, tertangkap bersama serombongan Pelahap Maut yang berusaha untuk menemukan Lord Voldemort dan membuatnya kembali berkuasa. Crouch memberi pengadilan bagi anaknya dan mengirimnya ke Azkaban. Menurut Sirius, pengadilan itu tak lebih dari sekadar alasan bagi Crouch untuk memperlihatkan kepada publik betapa ia membenci anak itu.

Setahun setelah pengadilan itu, isteri Crouch yang sudah sekarat memohon kepada suaminya untuk membebaskan anaknya. Crouch mengabulkan permintaan itu dan memberinya dan Crouch Jr Ramuan Polijus yang mengandung sehelai rambut masing-masing. Isteri dan anak Crouch berganti rupa satu sama lain. Barty Crouch Jr kemudian dibawa ayahnya melarikan diri dari Azkaban, sementara ibunya yang sakit meninggal tak lama kemudian dan dikuburkan sebagai anaknya. Crouch Sr bersandiwara isterinya meninggal, melakukan sandiwara pemakaman pribadi tanpa dihadiri siapa pun, dengan makam kosong.

Setelah kisah kematian anak dan isterinya menyebar, popularitas Crouch merosot hebat. Komunitas sihir menyimpulkan bahwa Crouch Sr tidak memedulikan keluarganya sendiri sehingga anaknya bisa bergabung dengan para Pelahap Maut. Akibatnya, Crouch batal mendapatkan kedudukan tertinggi dan tersingkir ke Departemen Kerjasama Sihir Internasional. Cornelius Fudge kemudian mendapatkan posisi sebagai Menteri Sihir.

Barty Crouch Jr dirawat secara rahasia di rumah Crouch oleh peri-rumahnya, Winky. Ia disembunyikan di bawah Jubah Gaib setiap waktu dan dikendalikan dengan Kutukan Imperius. Beberapa waktu kemudian, Bertha Jorkins, karyawan Kementerian Sihir, menemukan kenyataan yang sesungguhnya bahwa Crouch Jr masih hidup. Crouch Sr melakukan Jampi Memori kepada Bertha untuk melupakan apa yang ditemukannya.

Belakangan, Lord Voldemort mematahkan Jampi Memori yang dikenakan kepada Bertha Jorkins dan mengetahui bahwa Barty Crouch Jr masih hidup. Voldemort memutuskan untuk menyelamatkan Crouch Jr dan memulihkan abdinya yang setia.

Voldemort dan abdinya Wormtail datang ke rumah keluarga Crouch dan menyerang Crouch Sr dengan Kutukan Imperius, membebaskan Crouch Jr dari Kutukan Imperius ayahnya, dan kembali bergabung dengan Voldemort. Khawatir Barty Crouch akan melawan Kutukan Imperius, Voldemort memenjarakannya di rumah dan membiarkannya berkomunikasi dengan stafnya di Kementerian melalui pos burung hantu.

Kemudian, atas perintah Voldemort, Crouch Jr menculik Mad-Eye Moody yang akan mengajar Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam di Hogwarts. Di sekolah sihir itu, Crouch Jr mengambil rupa Moody dengan mempergunakan Ramuan Polijus. Crouch Jr ditugaskan untuk mendekati dan membimbing Harry Potter untuk melewati Turnamen Triwizard, memastikannya mencapai Piala Triwizard yang sudah diubah menjadi portkey yang akan membawanya kepada Voldemort.

Crouch Sr kemudian berhasil melawan Kutukan Imperius Voldemort, dan karena kelalaian penjagaan Wormtail ia berhasil melarikan diri dari rumahnya ke Hogwarts. Ia kemudian bertemu dengan Harry Potter dan Viktor Krum di Hutan Terlarang dan meminta untuk bertemu dengan Dumbledore. Ketika Harry berlari pergi untuk memanggil Dumbledore, Crouch Jr dalam rupa Moody segera memburu ayahnya ke Hutan Terlarang, memukul Krum hingga pingsan, dan membunuh segera ayahnya sendiri. Crouch Jr mentransfigurasi tubuh ayahnya menjadi sepotong tulang dan menguburkannya di depan pondok Hagrid.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]