Irma Pince

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Irma Pince
Pemeran Sally Motemore
Informasi
Jenis kelamin Perempuan

Madam Irma Pince adalah tokoh fiksi Kepala Perpustakaan Sekolah Sihir Hogwarts di seri Harry Potter. Di film, ia diperankan oleh Sally Mortemore di Harry Potter and the Chamber of Secrets. Di buku, ia digambarkan seperti "burung hering yang kurang makan" yang sangat posesif terhadap buku-buku yang dikelolanya dan berusaha "melindungi" buku-bukunya dari murid-murid dengan memberikan mantera-mantera aneh kepada buku-buku itu.


Ketika Harry, Ron, dan Hermione mencoba untuk mencari tahu mengenai Nicolas Flamel di Harry Potter dan Batu Bertuah, Madam Pince menjadi seorang penghambat. Namun, ia mau tidak mau mengizinkan mereka memasuki Area Terlarang di perpustakaan, karena mereka mendapatkan surat izin yang ditandatangani Gilderoy Lockhart dalam Harry Potter dan Kamar Rahasia. Dalam Harry Potter dan Orde Phoenix, Pince mengusir Harry dan Ginny dari perpustakaan sebagai hukuman karena membawa coklat.

Di buku Quidditch dari Masa ke Masa, Madam Pince disebutkan dalam kata pembuka oleh Albus Dumbledore. Ia digambarkan sangat enggan untuk membiarkan salah satu buku yang diurusnya dipublikasikan kepada Muggle, sampai-sampai Dumbledore harus "berusaha keras melepaskan cengkeraman jarinya dari punggung buku itu". Madam Pince sendiri memberikan peringatan dalam buku itu, mengancam bahwa perusakan terhadap buku itu akan menerima "akibat yang mengerikan sebisa yang dapat saya lakukan".

Madam Pince tampil beberapa kali di film kedua, tetapi tidak berbicara, walaupun kemungkinan bagiannya yang berbicara sebetulnya ada tetapi dipotong belakangan.

Dalam buku keenam, ketika Harry dan Hermione berada di perpustakaan, Madam Pince mengusir mereka keluar, setelah melihat buku teks Harry yang dicoret-coret. Harry berpikir bahwa mungkin Pince sebetulnya terganggu karena mendengar percakapannya dengan Hermione bahwa mungkin Pince memiliki hubungan romantis dengan penjaga Hogwarts, Argus Filch. Sangat mengherankan bahwa mungkin Harry benar dalam hal ini—Filch dan Pince terlihat bersandingan ketika menghadiri pemakaman Dumbledore pada akhir buku.

"Pince" adalah kata Perancis untuk "mencubit" ("pinch" dalam bahasa Inggris).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]