Grawp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Grawp
Pengisi suara Tony Maudsley

Grawp adalah raksasa fiksi, adik tiri Hagrid, dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling.

Menurut IMDb, dalam film adaptasi Harry Potter and the Order of the Phoenix Grawp akan ditampilkan sepenuhnya dengan computer-generated imagery (CGI) dan disuarakan oleh Tony Maudsley.


Dalam Harry Potter dan Orde Phoenix, Hagrid membawa Grawp dari tempat asalnya bersama para raksasa di gunung ke Hutan Terlarang di luar Hogwarts.

Grawp dan Hagrid lahir dari ibu yang sama, raksasa Fridwulfa. Ayah Hagrid adalah seorang penyihir, sementara ayah Grawp adalah seorang raksasa.

Grawp memiliki tinggi sekitar 4,9 meter (16 feet), yang menurut Hagrid adalah ukuran yang kecil untuk seorang raksasa. Jari-jarinya sebesar bola kriket (sekitar 22,5 cm diameternya). Grawp sering menjadi bulan-bulanan raksasa lainnya karena ukurannya yang kecil, dan karenanya Hagrid memutuskan untuk membawanya ke Hutan Terlarang. Grawp hanya mengenal beberapa kata dalam bahasa Inggris dan kelakuannya liar dan sulit diprediksi. Pada awalnya ia tampak acuh dengan usaha kakaknya untuk mengajarinya, dan malah lebih banyak berusaha meruntuhkan pohon-pohon.

Dalam pemunculan pertamanya di Hutan Terlarang, Grawp diawasi oleh Hagrid yang mengikatnya ke beberapa pohon. Setelah dipecat oleh Inkuisitor Agung Dolores Umbridge, Hagrid meninggalkan Hogwarts untuk melanjutkan pekerjaannya untuk Orde Phoenix; ia meninggalkan Grawp dan meminta Harry Potter, Hermione Granger, dan Ron Weasley untuk memeliharanya. Hal yang sangat mengejutkan mereka adalah ketika mereka terperangkap di antara para centaurus, Grawp membantu dan berhasil menghalau perhatian para centaurus itu dari Harry dan Hermione.

Dalam Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, Grawp pindah ke gunung, di mana perilakunya tampak semakin membaik. Ia juga menghadiri pemakaman Dumbledore bersama Hagrid, sudah bersikap sopan dan tenang ketimbang sebelumnya, dan berpakaian formal. Ia juga tampak sudah mengerti mengenai emosi, setidaknya secara luas, seperti ditampilkan menepuk-nepuk Hagrid untuk menghiburnya.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]