Peter Pettigrew

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peter Pettigrew
Peter Pettigrew
Timothy Spall sebagai Peter Pettigrew
dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Pemeran Timothy Spall, Charles Hughe (sebagai remaja)
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki

Peter Pettigrew adalah tokoh fiksi dalam cerita Harry Potter yang merupakan salah seorang siswa Hogwarts yang seangkatan dengan Remus Lupin, James Potter, dan Sirius Black (4 sekawan Marauder, yang dibahasaindonesiakan sebagai "Perampok"). Dia mampu bertransfigurasi menjadi tikus (seorang animagus, seperti 2 temannya, Sirius dan James, yang dikhianatinya) dan dipelihara dengan nama Scabbers oleh Percy Weasley, yang kemudian diwariskan kepada Ron. Peter Pettigrew muncul dalam buku dan film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Dalam cerita Harry Potter ketiga juga diketahui bahwa ternyata ialah yang telah mengkhianati orang tua Harry, dan ternyata pendukung Voldemort. Ia merupakan sedikit dari Pelahap Maut yang bukan berasal dari asrama Slytherin (contoh lainnya adalah Quirinus Quirrell dari Ravenclaw).

Pada buku keempat (Piala Api), ia berhasil memancing Harry ke pekuburan Little Hangleton dengan portkey Piala Triwizard, dan membunuh Cedric Diggory. Ia memotong tangannya untuk melengkapi ramuan yang berhasil membangkitkan Lord Voldemort kembali. Sebagai imbalannya. Pettigrew diberikan tangan perak yang lebih kuat dari tangan aslinya.

Tetapi di Harry Potter and the Deathly Hallows, Harry berkata kepada Peter saat Harry dan kawan-kawannya ditangkap oleh Bellatrix Lestrange dan disandera di Malfoy Manor, "Kau mau membunuhku? Setelah aku menyelamatkan nyawamu? Kau berhutang padaku, Wormtail!" Dan tangan metal yang diberikan Lord Voldemort kepada Peter pada tahun ke-4 Harry ( Harry Potter and The Goblet of Fire ) mencekik dirinya sampai mati karena ia telah ragu-ragu untuk membunuh Harry (tangan tersebut telah dimantrai untuk melakukan hal yang demikian jika ia berkhianat). Tetapi, dalam versi film, Pettigrew diserang oleh Dobby, yang muncul untuk menyelamatkan Harry dan kawan-kawannya dari Malfoy Manor, dan tewas.