Poppy Pomfrey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Poppy Pomfrey
Pomfrey.jpg
Madam Pomfrey, diperankan oleh Gemma Jones, di film Harry Potter and the Chamber of Secrets
Pemeran Sally Motemore
Informasi
Jenis kelamin Perempuan

Madam Poppy Pomfrey, lebih dikenal dengan sebutan Madam Pomfrey, adalah tokoh fiksi perawat dan penyihir penyembuh di rumah sakit Sekolah Sihir Hogwarts dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Ia digambarkan sebagai seorang perempuan yang keras dan kompeten, yang bekerja dalam profesinya secara serius.

Karena sering terlibat dalam hal-hal yang berbahaya, Harry dan teman-temannya seringkali berakhir terkapar di bawah perawatan Madam Pomfrey.

Madam Pomfrey tidak tampil dalam adaptasi film Harry Potter and the Philosopher's Stone, dan dimunculkan dalam The Chamber of Secrets, Half Blood Prince dan Deathly Hallows - Bagian 2 dengan diperankan oleh Gemma Jones.


Dalam buku pertama, Ron pergi ke Madam Pomfrey setelah digigit oleh Norbert, seekor bayi naga. Ron berbohong dengan mengatakan bahwa ia digigit oleh seekor anjing, karena mengatakan yang sesungguhnya akan membahayakan Hagrid (karena di bawah hukum sihir, naga adalah binatang peliharaan ilegal). Setelah Harry bertarung dengan Professor Quirrell di ruangan bawah tanah, ia tak sadarkan diri selama tiga hari di rumah sakit. Madam Pomfrey sangat enggan mengizinkan orang-orang untuk menengok Harry (khususnya Ron dan Hermione).

Madam Pomfrey menyembuhkan Harry dalam Harry Potter dan Kamar Rahasia dengan menumbuhkan kembali tulang-tulang tangannya; akibat sihir Gilderoy Lockhart yang alih-alih menyembuhkan tangan Harry yang patah; malah melenyapkan tulang-tulang itu. Sebelumnya, Hermione dirawat di rumah sakit setelah salah meminum Ramuan Polyjuice yang mengubahnya menjadi separuh kucing. Belakangan, Hermione (dan korban lainnya) dirawat kembali akibat menjadi batu karena melihat bayangan mata Basilisk.

Setelah Dolores Umbridge menyerang Minerva McGonagall yang berusaha merintangi Umbridge dalam Harry Potter dan Orde Phoenix, Madam Pomfrey mengatakan bahwa ia sebetulnya hendak mengundurkan diri untuk memprotes namun batal karena ia khawatir dengan murid-murid Hogwarts tanpa ada seorang perawat di rumah sakit.

Dalam Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, Madam Pomfrey merawat Ron yang terkena racun dan Harry yang tulangnya retak dalam pertandingan Quidditch. Madam Pomfrey merasa panik setelah mendengar kematian Albus Dumbledore, ia menangis ketika Harry menceritakannya di rumah sakit mengenai bagaimana Severus Snape membunuh Dumbledore menggunakan Avada Kedavra. Pada episode terakhir (Relikui Kematian), ia merawat para korban Pertempuran Hogwarts (terutama siswa) dan mengurus korban tewas.

Arti nama[sunting | sunting sumber]

"Poppy" (dalam bahasa Inggris) atau "Bunga Madat" telah menjadi tanaman medis tertua yang dikenal, sebagai pereda sakit dan obat tidur selama beribu tahun. Morfin yang dibuat darinya adalah obat penahan sakit yang paling banyak digunakan di dunia. Namun, keduanya juga dikenal meluas sebagai candu dan disalahgunakan sebagai narkotik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]