Dean Thomas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dean Thomas
Dean Thomas.png
Alfred Enoch sebagai Dean Thomas .
Pemeran Alfred Enoch
Informasi
Jenis kelamin Laki-Laki

Dean Thomas adalah karakter fiksi dalam seri Harry Potter karangan J.K. Rowling, teman sekamar Harry, sahabat Seamus Finnigan yang terkenal pandai menggambar dan memalsukan tanda tangan.

Dean berasal dari keluarga Muggle, terbukti dari tim sepak bola favoritnya adalah West Ham United. Rowling mengungkapkan dalam websitenya bahwa Dean dibesarkan oleh ibunya dan ayah tirinya, karena ayah kandungnya telah meninggalkan keluarga tersebut ketika ia masih kecil. Dean dibesarkan bersama sejumlah saudara tiri. Ketika Dean mendapat surat bahwa ia diterima di Hogwarts, ibunya mengira-ngira bahwa ayahnya adalah seorang penyihir. Kenyataannya adalah, yang tidak pernah mereka ketahui, bahwa ayah Dean dibunuh oleh Pelahap Maut ketika ia menolak untuk bergabung dengan mereka. Rowling menuliskan cerita di mana Dean seharusnya mengetahui tentang hal ini dalam draf pertama Chamber of Secrets. Namun tidak jadi dimasukkan dalam cerita karena Rowling lebih menitikberatkan kisah tentang Neville Longbottom, yang notabene lebih penting untuk plot utama.

Dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, kita tahu bahwa ketakutan terbesar Dean adalah potongan tangan yang merangkak-rangkak.

Tidak seperti Seamus, Dean mempercayai Harry bahwa Voldemort telah kembali dan menjadi anggota Laskar Dumbledore pada tahun kelima. Di akhir tahun ajaran, dia mulai berkencan dengan Ginny Weasley sampai menjelang akhir tahun keenam. Menurut Hermione Granger, hubungan mereka sudah tidak mulus selama beberapa waktu tetapi pemicu putusnya hubungan mereka kemungkinan sebagai akibat dari ramuan keberuntungan Felix Felicis yang diminum Harry, yang mulai menyukai Ginny di awal Half-Blood Prince. Pada tahun ini Dean juga menjadi Chaser menggantikan Katie Bell yang dirawat di St. Mungo karena insiden kalung kutukan yang yang diberikan oleh Draco Malfoy. Ia juga kembali bermain di posisi yang sama ketika pertandingan terakhir melawan Ravenclaw untuk menggantikan Ginny yang digeser menjad seeker karena Harry tidak dapat bermain akibat detensi Snape.

Pada episode ketujuh (Relikui Kematian). Dean memutuskan tidak melanjutkan pendidikannya di Hogwarts akibat situasi keamanan yang semakin memburuk sejak bangkitnya Lord Voldemort (terutama kebijakan "pendaftaran" keturunan Muggle, Ia sendiri dicurigai sebagai kelahiran muggle). Harry Potter dan kawan-kawannya bertemu Dean saat berburu Horcrux. Saat itu Dean sedang bersama Ted Tonks, Dirk Creswell, Griphook, dan Gornuk. Namun, para pelarian ini diserang oleh Snatchers (Pencopet). Dean dan Griphook ditangkap dan dibawa ke Malfoy's Manor, sementara tiga sisanya terbunuh. Ia lalu dibebaskan oleh Harry dan dibawa ke Shell's Cottage. Kemudian ia kembali ke Hogwarts dan bertempur untuk mempertahankan Hogwarts dari Pelahap Maut.

Beberapa orang berspekulasi bahwa nama Dean bersal dari Hutan Dean, yang – seperti banyak nama dalam seri Harry Potter – terletak di daerah di mana Rowling dilahirkan, Gloucestershire.

Untuk alasan yang tidak diketahui di Harry Potter and the Philosopher's Stone edisi Inggris, Dean Thomas tidak disebutkan dalam proses seleksi. Tetapi di edisi Amerika, kesalahan ini diperbaiki, dan dia dipanggil setelah Harry, dan sebelum Lisa Turpin.

Dalam film, Dean diperankan oleh Alfred Enoch.