Cornelius Fudge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cornelius Fudge
Cornelius fudge hppoa.jpg
Menteri Sihir Cornelius Fudge (menjabat 1990-1996), diperankan oleh Robert Hardy dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Pemeran Robert Hardy
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki

Cornelius Oswald Fudge adalah salah satu tokoh fiksi dalam seri Harry Potter karangan J. K. Rowling. Ia adalah Menteri Sihir Inggris yang menjabat sejak 1990 hingga 1996. Fudge muncul pertama kali di Harry Potter dan Kamar Rahasia, tetapi sebelumnya sudah disebut namanya dalam Harry Potter dan Batu Bertuah.

Nama belakangnya, "Fudge" dalam bahasa Inggris memiliki arti "membuat curang, memalsukan", sehingga memberi kesan bahwa ia "berbuat curang" dalam jabatannya. Dalam kesehariannya, ia digambarkan biasa menggunakan jubah bergaris-garis, topi bundar berwarna hijau limau, dan sepatu lars berwarna ungu.

Di film, ia diperankan oleh Robert Hardy.

Peranan[sunting | sunting sumber]

Fudge pada mulanya bersikap baik kepada Harry, dan secara ceroboh memberikan beberapa informasi berharga, yakni bahwa Sirius Black adalah sahabat baik ayahnya, James Potter, dan berkhianat hingga ayah dan ibu Harry dibunuh Lord Voldemort.

Belakangan, Fudge menolak untuk menerima bahwa Lord Voldemort telah kembali, dan dalam Harry Potter dan Orde Phoenix, Fudge melakukan kampanye negatif untuk mendiskreditkan Harry dan Albus Dumbledore, menggambarkan Dumbledore sebagai orang tua yang sudah pikun dan bingung, dan Harry sebagai seorang anak muda pembohong, yang jiwanya tidak seimbang, dan tukang cari perhatian. Sebelumnya, sebagai Menteri Sihir, Fudge juga bertanggung jawab dalam memenjarakan Rubeus Hagrid yang tidak bersalah di Azkaban. Permusuhannya dengan Harry dan Dumbledore terjadi karena dua alasan politis. Ia menolak untuk membuat kepanikan di dunia sihir yang selama 14 tahun terakhir sudah relatif damai, dengan menghilangnya Voldemort. Selanjutnya, ia juga ketakutan (tanpa alasan) dan curiga bahwa Dumbledore sedang membuat tentara dari para muridnya untuk merebut kekuasaan Fudge sebagai Menteri Sihir.

Jabatan Fudge berakhir pada 1996, segera setelah Pertempuran di Kementerian Sihir, di mana ia dan beberapa pejabat Kementerian Sihir melihat sendiri Voldemort di Atrium Kementerian. Fudge terpaksa menerima kebenaran yang selama ini ditolaknya, dan atas tekanan besar-besaran dari publik dan media, ia dipaksa mundur dari jabatannya seminggu setelah insiden itu. Ia digantikan oleh Rufus Scrimgeour, mantan kepala departemen Auror, dan Fudge tetap menjabat di Kementerian Sihir sebagai Penasehat Khusus[HP6].

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Fudge mungkin menikah, sebagaimana Bartemius Crouch Sr yang melontarkan "Mr dan Mrs Fudge", namun Crouch pada saat itu sedang dalam kondisi tidak waras, di mana ia berbicara kepada sebatang pohon seakan-akan kepada Percy Weasley, dan bercakap seakan-akan istri dan anaknya sedang bersama mereka. Dengan demikian mungkin saja tidak ada Mrs Fudge yang sesungguhnya. Ada kemungkinan juga Mrs Fudge yang disebutkan Crouch ini adalah ibu dari Cornelius Fudge atau famili lainnya dengan nama Fudge. Juga mungkin bahwa jika betul Fudge memiliki seorang istri, maka istrinya mungkin telah meninggal. Namun, tidak ada petunjuk yang mengungkapkan apakah sesungguhnya Fudge memiliki seorang istri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Millicent Bagnold
Menteri Sihir
1990-1996
Diteruskan oleh:
Rufus Scrimgeour