Igor Karkaroff

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Igor Karkaroff

Igor Karkaroff (Sirilik: Игорь Каркаров) adalah karakter fiksi dalam novel Harry Potter karangan J.K. Rowling. Pertama kali muncul sebagai Kepala Sekolah Institut Durmstrang, sebuah sekolah sihir di Eropa Utara, yang kemungkinan besar berada di Norwegia, Swedia, atau bahkan Rusia. Pendapat yang terakhir disebabkan karena dalam buku dan film, nama-nama murid Durmstrang yang disebut merupakan nama-nama khas Eropa Timur, terutama Rusia, Belarus, Ukraina dan Bulgaria.

Karkaroff dulunya adalah Pelahap Maut yang ditangkap oleh Auror Alastor Moody setelah kejatuhan Lord Voldemort. Kemudian Kementerian membebaskannya dari Azkaban, dengan imbalan Karkaroff menyebutkan nama-nama Pelahap Maut lainnya. Meskipun beberapa nama yang diberikan tidak berguna (Pelahap Maut yang ternyata sudah tertangkap maupun sudah mati), dia menukar informasi tersebut dengan kebebasannya. Hal ini yang menyebabkan Karkaroff sangat takut akan pembalasan para Pelahap Maut bila Voldermort bangkit kembali.

Karkaroff menjadi Kepala Sekolah Durmstrang. Dalam masanya disebutkan bahwa Ilmu Hitam benar-benar dipelajari oleh murid-murid Durmstrang (bukan hanya Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam). Lebih dari itu, Durmstrang hanya terbuka bagi mereka yang berdarah-murni (meski tidak diketahui apakah ini karena pengaruh Karkaroff atau sudah berlangsung sejak dulu).

Murid kesayangan Karkaroff adalah Viktor Krum yang juga pemain Quidditch internasional asal Bulgaria.

Dalam Harry Potter and the Goblet of Fire Karkaroff mendampingi murid-muridnya ke Hogwarts untuk mengikuti Turnamen Triwizard. Sebagai Kepala Sekolah, ia juga bertindak sebagai juri dalam turnamen tersebut. Setelah Harry terpilih sebagai salah satu juara, Karkaroff marah, menuntut untuk diadakan pemilihan ulang, dan mengancam akan mengundurkan diri dari turnamen. Setelah adu mulut dengan Moody, akhirnya mau tidak mau dia menerima keputusan bahwa Harry harus tetap berlaga di Turnamen Triwizard.

Selama di Hogwarts dia bertemu dengan rekan sesama mantan Pelahap Maut, Severus Snape dan sempat kepergok Harry menunjukkan Tanda Kegelapan yang kian jelas di tangannya pada Snape. Pada bulan Juni 1995, menjelang akhir turnamen, Karkaroff melarikan diri dan bersembunyi setelah merasakan kebangkitan kembali Voldermort. Murid-muridnya kembali ke Durmstrang tanpa dirinya, dan menurut Krum tidak menjadi masalah karena waktu mereka berangkat Karkaroff tidak melakukan apa-apa dan menyuruh murid-muridnya yang melakukan segala sesuatunya.

Setelah bangkit kembali, Voldermort berkomentar tentang salah satu Pelahap Mautnya yang terlalu pengecut untuk kembali, dan dia akan membayar. Meskipun tidak disebutkan siapa, kemungkinan ini merujuk pada Karkaroff, yang di buku keenam ditemukan mati dalam sebuah rumah dengan Tanda Kegelapan melayang-layang diatasnya, menandakan bahwa ia dibunuh Pelahap Maut. Arthur Weasley heran dia bisa bertahan sampai setahun setelah kabur dari Voldermort.

Kebangsaan Igor Karkaroff tidak dapat dipastikan. Ia berbicara tanpa aksen yang asing, tetapi pakaian musim dingin Durmstrang, mantel bulu, tampaknya merujuk pada pakaian tradisional Nordic yang sering diasosiasikan dengan pakaian kebesaran Ushanka Rusia. "Igor" adalah nama yang tidak umum dipakai di luar Russia, Ukraina dan Belarusia. "Karkaroff", adalah variasi nama keluarga yang umum ditemukan di Bulgaria. Dalam film Harry Potter and the Goblet of Fire, Karkaroff yang diperankan oleh Predrag Bjelac tampak mirip dengan Grigori Rasputin, berasal dari Siberia. Aksen Karkaroff dalam film dan tingkah lakunya – terutama dari caranya memeluk Dumbledore, yang dikenal dengan nama "bearhug" atau pelukan beruang – mengindikasikan bahwa ia, paling tidak, terpengaruh budaya Rusia.