Lavender Brown

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karakter Harry Potter
Lavender Brown
Murid Hogwarts
Jenis kelamin Perempuan
Asrama Gryffindor
Sekolah Hogwarts
Keturunan Pure-blood
Aliansi Laskar Dumbledore
Diperankan oleh Kathleen Cauley (film kedua), Jennifer Smith (film ketiga), Jessie Cave (film keenam dan ketujuh bagian kedua)
Pemunculan pertama Harry Potter dan Batu Bertuah

Lavender Brown (lahir sekitar tahun 1979 dan meninggal 2 Mei 1998[1]) adalah karakter fiksi dalam seri Harry Potter karangan J.K. Rowling. Lavender adalah teman dekat Parvati Patil. Mereka berdua sama-sama menyukai pelajaran Ramalan (dan sangat memuja Profesor Trelawney) dan Pemeliharaan Satwa Gaib yang diajar oleh Profesor Grubbly-Plank. Lavender berbagi kamar dalam Asrama Gryffindor bersama Hermione Granger dan Parvati Patil.

Ia dimunculkan sejak Harry Potter dan Batu Bertuah dan ia merupakan anak pertama yang masuk asrama Gryffindor pada Upacara Seleksi. Pada buku pertama dan kedua, ia tidak terlalu banyak berperan. Di Harry Potter dan Tawanan Azkaban, Binky, kelinci peliharaannya mati dimakan serigala. Trelawney mengatakan bahwa yang paling ditakutinya akan terjadi pada tanggal 16 Oktober, dan Lavender mengetahui kematian Binky pada tanggal tersebut. Namun Hermione menganggap hal tersebut omong kosong semata. Hermione berkata bahwa Lavender baru tahu kematian Binky pada tanggal 16 Oktober, sementara Binky mati bukan pada hari itu; ditambah fakta bahwa tidak mungkin Lavender sudah takut Binky mati, karena kabar itu merupakan kejutan baginya.

Lavender menghadiri Pesta Dansa Natal dalam Harry Potter dan Piala Api bersama dengan Seamus Finnigan. Dan di Harry Potter dan Orde Phoenix. Ketika Kementerian Sihir berkampanye melawan Harry, pada mulanya Lavender percaya. Namun dia kemudian bergabung dengan Laskar Dumbledore, setelah diyakinkan oleh beberapa teman satu asramanya, terutama Dean Thomas.

Dalam Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran, Lavender tertarik pada Ron Weasley, yang ia panggil dengan nama "Won-Won" ketika mereka mulai berkencan (Sebenarnya, Trelawney sudah memperingatkan sahabat Lavender, Parvati, untuk "berhati-hati dengan pria berambut merah" di saat mereka kelas 3). Hermione menjadi sangat cemburu pada Lavender, meski pada awalnya Hermione dan Ron tidak saling bicara setelah Ron jadian dengan Lavender. Namun akhirnya Lavender memutuskan Ron karena ia melihat Ron dan Hermione keluar berbarengan dari kamar anak laki-laki (sebenarnya bersama Harry,namun saat itu Harry mengenakan Jubah Gaib). Ron malah senang ketika Lavender memutuskannya karena Lavender selalu mengikutinya kemana-mana dan sedikit posesif (memberi hadiah Natal berupa kalung bertuliskan "my sweetheart" untuk Ron). Sementara Lavender menunjukkan kesedihannya ketika putus dengan Ron, dan tangisnya meledak ketika dalam pelajaran Mantra, Ron menepiskan salju palsu dari bahu Hermione. Pada buku ketujuh, ia turut berperang untuk Hogwarts dan terluka parah oleh Fenrir Greyback. Dalam versi buku, Profesor Trelawney menyelamatkannya dengan melempar bola-bola kristal ke arah Greyback. Namun, dalam versi film diceritakan ia tewas di tangan Greyback[2]. Pendapat lain[3] menyatakan bahwa ia selamat, namun meninggal pasca pertempuran akibat luka-lukanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]