Arabella Figg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Arabella Doreen Figg (lebih sering tertulis sebagai Mrs. Figg) adalah karakter fiksi dalam seri Harry Potter karangan J.K. Rowling. Pertama kali disebutkan dalam Harry Potter and the Sorcerer's Stone yang sering diserahi tugas untuk menjaga Harry ketika Harry masih kecil oleh keluarga Dursley. Dia sangat menyukai kucing dan sering menunjukkan foto-foto kucingnya pada Harry.

Dalam Harry Potter and the Order of the Phoenix terungkap bahwa ternyata Mrs. Figg adalah Squib yang ditugasi Dumbledore untuk menjaga Harry. Dia selama ini memang sengaja membuat Harry tidak nyaman berada di rumahnya (misalnya dengan memberi Harry roti yang sudah tengik) supaya keluarga Dursley terus menitipkan Harry di rumahnya. Mrs. Figg kemudian memberikan kesaksian di hadapan Sidang Wizengamot bahwa Harry dan Dudley telah diserang oleh Dementor. Kesaksiannya sangat penting untuk Harry dalam melanjutkan studinya karena Kementerian Sihir bermaksud mengeluarkannya dari Hogwarts.

Menurut website Rowling, Squib sebenarnya tidak bisa melihat Dementor. Tetapi Mrs. Figg familiar dengan perasaan negatif yang disebabkan oleh para dementor, sehingga bisa mendeskripsikan secara akurat keadaan yang ditimbulkan ketika ada dementor. Meskipun, dia tampaknya berbohong ketika ia berkata bahwa ia melihat Dementor.

Dalam Harry Potter and the Half Blood Prince, Mrs. Figg menghadiri pemakaman Dumbledore di Hogwarts.

Di film Harry Potter and the Order of the Phoenix, Mrs. Figg akan diperankan oleh Kathryn Hunter