Charlie Weasley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karakter Harry Potter
Charlie Weasley
Charlie Weasley dalam film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, diperankan oleh Alex Crockford.
Charlie Weasley
Jenis kelamin Laki-laki
Warna rambut Merah
Asrama Gryffindor
Sekolah Hogwarts
Keturunan Darah-murni
Aliansi Orde Phoenix
Diperankan oleh Alex Crockford
Pemunculan pertama Harry Potter dan Piala Api (pertama disebutkan pada Batu Bertuah, tampil di sebuah foto pada Tawanan Azkaban)

Charles "Charlie" Weasley (lahir 12 Desember 1972) adalah tokoh fiksi dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Charlie adalah putra kedua dari keluarga Weasley. Dalam Harry Potter dan Piala Api, Charlie digambarkan sebagai seorang dengan wajah yang lebar dan menyenangkan, biasa di udara terbuka, dan banyak sekali bintik-bintiknya sehingga sekilas serperti terbakar matahari. Charlie bertubuh gempal, seperti kedua adik kembarnya Fred dan George, dan lebih pendek dari Percy dan Ron, yang jangkung kurus.


Charlie bersekolah di Hogwarts sejak 1984 hingga 1991, seangkatan dengan Nymphadora Tonks. Ia lulus dari Hogwarts setahun sebelum Harry Potter mulai bersekolah di sana. Di Hogwarts, ia adalah seorang prefek dan kapten tim Quidditch dan menjadi Seeker legendaris di tim Quidditch Gryffindor. Pada tahun pertamanya sebagai Seeker, Harry sering dibanding-bandingkan dengan Charlie. Walaupun Oliver Wood mengatakan bahwa Charlie Weasley sebenarnya bisa bermain untuk tim Inggris, tetapi ia malah memilih pergi ke Rumania untuk bekerja menangani naga.

Menurut Hagrid, Charlie sangat baik dalam menangani binatang dan menurut adiknya, Percy, Charlie memang bukan "orang rumahan", yang mungkin memengaruhi pemilihan kariernya. Charlie mengambil bayi naga Hagrid (yang ditetaskan secara ilegal) untuk dipeliharanya pada tahun pertama Harry. Dalam Piala Api, Charlie bersama empat tim dari Kementerian Sihir membawa empat spesies naga ke Hogwarts untuk Tugas Pertama Turnamen Triwizard.

Charlie juga diceritakan harus mengambil tes Apparition dua kali karena pada kali pertama ia tidak lulus akibat muncul kejauhan setengah kilo dari tujuannya, persis di atas seorang Muggle, nenek tua yang sedang berbelanja. Menurut Ron, Fred dan George tidak berani mengolok-oloknya atas kegagalan ini karena fisiknya yang kuat.

Setelah kemunculan kembali Lord Voldemort, Charlie bergabung dengan Orde Phoenix dan bertugas untuk mengusahakan dukungan dari penyihir luar negeri (terutama di sekitar wilayah Eropa). Ia tidak kembali ke Inggris sejak Piala Api, namun Charlie akhirnya muncul kembali pada buku ketujuh dan terakhir dari seri ini, untuk menghadiri pernikahan kakaknya, Bill dan Fleur Delacour. Di akhir cerita, pada pertempuran Hogwarts, ia bersama Profesor Horace Slughorn memimpin bala bantuan ke Hogwarts setelah Neville berhasil membunuh Nagini, ular Voldemort. Bala bantuan tersebut berhasil memporak-porandakan barisan Pelahap Maut tanpa ampun, dan ia menyaksikan ibunya membunuh Bellatrix Lestrange dan kemenangan Harry Potter atas Voldemort.

Pasca pertempuran Hogwarts, ia melanjutkan karirnya sebagai penangkar naga di Rumania. Menurut J.K Rowling, karena kesibukannya inilah, ia tidak pernah menikah.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
tidak diketahui
Seeker Gryffindor
?-Juni 1991
Diteruskan oleh:
Harry Potter
Didahului oleh:
tidak diketahui
Kapten Quidditch Gryffindor
?-Juni 1991
Diteruskan oleh:
Oliver Wood