Oliver Wood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Oliver Wood
Owood.jpg
Sean Biggerstaff sebagai Oliver Wood

Oliver Wood (diperankan oleh Sean Biggerstaff dalam film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone) adalah Kapten Tim Quidditch Gryffindor di tiga buku pertama, dan lulus dari Hogwarts di akhir Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Wood adalah pemain berbakat dan amat fanatik terhadap Quidditch, disebut-sebut sebagai salah satu Keeper terbaik yang pernah dimiliki Gryffindor. Wood terlahir sebagai pemimpin dan seorang kapten yang cukup keras pada anak buahnya (tidak pernah menunda latihan Quidditch biarpun hujan lebat, memaksa anggota timnya bangun di pagi buta untuk latihan, melewatkan waktu di antara jam-jam pelajaran untuk mendiskusikan taktik permainan dengan timnya) dan pernah dimarahi McGonagall gara-gara dianggap lebih mementingkan memenangkan piala daripada keselamatan Harry ketika Firebolt Harry dicurigai dikenai guna-guna dari Sirius Black di Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Wood mengatakan bahwa ia tidak peduli kalau sapu itu menjungkalkan Harry asalkan Harry sudah mendapatkan Snitchnya.

Musuh besarnya adalah Marcus Flint, Kapten Slytherin. Mereka terlihat berusaha untuk saling meremukkan tangan ketika berjabat tangan sebelum pertandingan.

Semasa sekolah, impian terbesar Wood adalah memenangkan Piala Quidditch Antar-Asrama untuk Gryffindor sebelum lulus. Beberapa kali ia belum beruntung. Sejak ditinggal Charlie Weasley, Gryffindor belum lagi memenangkan Piala. Setelah Harry masuk tim, Wood sangat berharap ia dapat merebut Piala tersebut. Namun pada tahun pertama Harry tidak dapat mengikuti pertandingan final karena terluka, pada tahun kedua pertandingan dibatalkan karena adanya serangan-serangan di sekolah. Barulah dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, Wood berhasil mengantarkan timnya menjuarai Piala Quidditch. Perasaan Wood tak terkatakan bahagianya.

Wood tampil sekilas dalam Harry Potter and the Goblet of Fire; Harry, Ron dan Hermione berjumpa dengannya di Perkemahan Piala Dunia Quidditch. Setelah dengan bersemangat memperkenalkan Harry pada orangtuanya, Wood mengatakan pada Harry bahwa dia menjadi pemain cadangan Puddlemere United, tim Quidditch tertua di Inggris dan Irlandia.

Setelah lulus, posisi Wood sebagai Kapten Gryffindor digantikan oleh Angelina Johnson dan tahun berikutnya oleh Harry Potter. Sekarang, ia berkerja di Puddlemere United, salah satu tim Quidditch terbaik di Inggris.

Meski Wood tidak muncul lagi setelah buku keempat, tetapi beberapa kali Fred dan George Weasley menyebutkannya, membuat lelucon tentang obsesi Wood terhadap Quidditch.

Wood kembali muncul di Harry Potter and the Deathly Hallows, saat Dumbledore's Army berkumpul di sana, termasuk Harry, Ron dan Hermione yang pada awalnya bermaksud untuk mencari Horcrux terakhir di dalam kastil. Dia juga ikut dalam Perang Hogwarts dan selamat.