Vincent Crabbe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Vincent Crabbe
Vincent Crabbe.jpg
Vincent Crabbe
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki

Vincent Crabbe (lahir 1980) adalah salah satu karakter fiksi dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Crabbe adalah murid sekolah Hogwarts dan merupakan anggota dari asrama Slytherin. Bersama-sama dengan Gregory Goyle, ia hampir selalu terlihat bersama-sama pemimpin kelompoknya, Draco Malfoy.

Crabbe digambarkan sebagai seorang yang bertubuh besar, dengan tangan seperti gorila, dan berpotongan rambut seperti mangkok puding. Ia adalah seorang yang sangat kejam tetapi juga sangat bodoh, sehingga ia lebih mirip seperti "pengikut" Malfoy ketimbang sahabatnya. Dalam Harry Potter dan Orde Phoenix, ia diangkat sebagai salah satu anggota Regu Inkuisitorial bentukan Profesor Umbridge.

Crabbe merupakan anak dari Crabbe Sr. yang adalah Pelahap Maut. Crabbe dan Goyle tampil pertama dan terakhir kalinya sebagai anggota baru tim Quidditch Slytherin dan bermain sebagai Beater melawan tim Quidditch Gryffindor pada tahun kelimanya di Hogwarts. Setelah Harry menangkap Snitch, ia melampiaskan kemarahannya dengan melemparkan Bludger ke punggung Harry yang menyebabkan Harry terjatuh dari sapunya. Anehnya, ia hanya menerima hukuman ringan yaitu menulis kalimat.

Pada tahun keenamnya, Crabbe bersama dengan Goyle membantu Malfoy melaksanakan misinya di Kamar Kebutuhan (memperbaiki Lemari Pelenyap), dengan menyamar sebagai siswa perempuan (dengan Ramuan Polijus) yang menjatuhkan toples ramuan sebagai alarm peringatan untuk Malfoy jika ada orang datang[HP6]. Untuk pertama kalinya, Crabbe bertengkar dengan Malfoy. Saat Malfoy meninggalkan Hogwarts di akhir semester, mereka sangat kesepian.

Di Harry Potter dan Relikui Kematian, Crabbe berada di sisi Pelahap Maut. Neville menceritakan bahwa ia dan Goyle sangat senang sekali karena mereka merupakan yang terbaik dalam mempraktikan Kutukan Cruciatus di kelas Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam. Neville mengatakan, bahwa saat itu merupakan "pertama kalinya mereka menjadi yang terbaik dalam segala hal" . Pada pertempuran di Hogwarts, Crabbe dan Goyle berupaya membunuh Harry, Ron, dan Hermione dengan mantra api kutukan Fiendfyre di Kamar Kebutuhan, namun ia tidak dapat mengendalikannya dan kemudian mati terbakar.

Di film, karakter Crabbe dimainkan oleh Jamie Waylett. Pada Harry Potter and the Deathly Hallows - Bagian 2, karakter Crabbe tidak dimunculkan dan peranannya digantikan Gregory Goyle (Goyle-lah yang mati terbakar di film), sementara Goyle digantikan Blaise Zabini, karena Jamie Waylett tersandung kasus kepemilikan ganja pada tahun 2009 yang lalu dan divonis 120 hari kerja sosial. Ia juga dituduh terlibat Kerusuhan Inggris 2011 dan akhirnya divonis 2 tahun penjara.