Diferensial (matematika)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam matematika, Diferensial mengacu pada perbedaan infinitesimal atau turunan fungsi.[1] Istilah ini digunakan dalam berbagai cabang matematika seperti kalkulus, geometri diferensial, geometri aljabar dan topologi aljabar.

klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Dalam "Lectures on Differential and Integral Calculus", yang muncul pertama kali pada tahun 1924, Richard Courant, bahwa gagasan tentang diferensial sebagai kuantitas yang sangat kecil tidak memiliki arti dan oleh karena itu tidak berguna untuk mendefinisikan turunan sebagai hasil bagi dari dua kuantitas tersebut, yang tetap bisa mencoba menggunakan ekspresi sebagai hasil bagi sebenarnya dari dua kuantitas dan menetapkan. Untuk melakukan ini, tentukan dulu seperti biasa seperti biasa dan kemudian cari yang solid peningkatan sebagai variabel independen. (Ini dikenal sebagai .) Kemudian tentukan , apa yang secara tautologis bekomme.

Dalam terminologi yang lebih modern, perbedaan dapat ditulis sebagai pemetaan linier dari ruang tangensial untuk memahami dalam bilangan real. The "vektor tangensial" menjadi bilangan real dan pemetaan linier ini menurut definisi diferensial . Begitu dan khususnya , dari mana hubungan itu diturunkan secara tautologis hasil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "differential - Definisi differential dalam bahasa Inggris AS oleh Oxford Dictionaries". Oxford Dictionaries - English. Diakses tanggal 13 April 2018.