Matriks (matematika)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Untuk kegunaan lain dari matriks, lihat matriks.
"Teori matriks" beralih ke halaman ini. Untuk topik fisika, lihat Teori matriks string.
Baris m adalah horizontal dan kolom n vertikal. Setiap elemen matriks sering dilambangkan menggunakan variabel dengan dua notasi indeks. Misalnya, a2,1 mewakili elemen pada baris kedua dan kolom pertama dari matriks A.

Dalam matematika, matriks adalah susunan[1] bilangan, simbol, atau ekspresi, yang disusun dalam baris dan kolom sehingga membentuk suatu bangun persegi.[2][3] Sebagai contoh, dimensi matriks di bawah ini adalah 2 × 3 (baca "dua per tiga"), karena terdiri dari dua baris dan tiga kolom:

Butir individual dalam m × n matriks A, sering dilambangkan dengan a i, j, dimana nilai maksimum i = m dan nilai maksimum j = n, disebut elemen, entri atau anggota matriks.[4] Asalkan memiliki ukuran yang sama (masing-masing matriks memiliki jumlah baris dan jumlah kolom yang sama), dua matriks dapat ditambahkan atau dikurangkan elemen demi elemen (lihat matriks yang dapat dibentuk). Untuk aturan perkalian matriks, dua matriks dapat dikalikan hanya jika jumlah kolom pada matriks pertama sama dengan jumlah baris pada matriks kedua (dengan kata lain, dimensi dalamnya sama, n untuk Am,n × Bn,p).

Pemanfaatan matriks misalnya dalam menemukan solusi sistem persamaan linear. Penerapan lainnya adalah dalam transformasi linear, yaitu bentuk umum dari fungsi linear, misalnya rotasi dalam 3 dimensi.

Matriks seperti halnya variabel biasa dapat dimanipulasi, seperti dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan didekomposisikan. Dengan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur.

Notasi[sunting | sunting sumber]

Matriks pada umumnya ditulis dalam tanda kurung siku/kurung kurawal:

Operasi dasar[sunting | sunting sumber]

Penjumlahan dan pengurangan matriks[sunting | sunting sumber]

Penjumlahan dan pengurangan matriks hanya dapat dilakukan apabila kedua matriks memiliki ukuran atau tipe yang sama. Elemen-elemen yang dijumlahkan atau dikurangi adalah elemen yang posisi atau letaknya sama.

atau dalam representasi dekoratifnya

Perkalian skalar[sunting | sunting sumber]

Matriks dapat dikalikan dengan sebuah skalar.

Contoh perhitungan :

Perkalian matriks[sunting | sunting sumber]

Matriks dapat dikalikan, dengan cara tiap baris dikalikan dengan tiap kolom, lalu dijumlahkan pada baris yang sama.

Contoh perhitungan :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Secara ekuivalen, tabel.
  2. ^ Anton (1987)
  3. ^ Beauregard & Fraleigh (1973)
  4. ^ Young, Cynthia. Precalculus. Laurie Rosatone. hlm. 727. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Artikel ensiklopedia
Sejarah
Buku daring
Kalkulator matriks daring