Depo lokomotif di Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Depo lokomotif Sidotopo.

Depo lokomotif adalah bengkel perbaikan dan perawatan lokomotif, khususnya kereta api. Pada pengoperasian perkeretaapian Indonesia, khususnya yang dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia, depo lokomotif tidak hanya merawat lokomotif yang dialokasikan untuk depo tersebut, namun juga merawat lokomotif milik Depo lain. Hampir di setiap daerah operasi, setidaknya ada satu Depo lokomotif induk yang memiliki lokomotif-lokomotif besar.

Tidak hanya lokomotif besar ataupun baru yang ada. Bahkan beberapa depo lokomotif memiliki lokomotif langka dan lokomotif tua. Seperti di Depo Lokomotif Cirebon yang memiliki lokomotif CC200. Tidak hanya lokomotif yang lengkap, tetapi fasilitas-fasilitas penunjang yang lengkap pula, seperti turn table (pemutar rel) yang berfungsi untuk memutar lokomotif.

Ada pula Depo lokomotif yang memiliki kereta derek (crane) yang suatu saat dibutuhkan jika terjadi kecelakaan. Depo lokomotif ini tersebar di pulau Jawa, pulau Sumatra, maupun pulau Sulawesi.

Depo lokomotif di Pulau Jawa[sunting | sunting sumber]

Depo-depo lokomotif besar yang terdapat di Pulau Jawa antara lain sebagai berikut.

Daerah operasi Nama Kode
Daerah Operasi I Jakarta Depo Lokomotif Cipinang CPN
Daerah Operasi II Bandung Depo Induk Bandung BD
Daerah Operasi III Cirebon Depo Induk Cirebon CN
Daerah Operasi IV Semarang Depo Induk Semarang Poncol SMC
Daerah Operasi V Purwokerto Depo Induk Purwokerto PWT
Daerah Operasi VI Yogyakarta Depo Induk Yogyakarta YK
Daerah Operasi VII Madiun Depo Lokomotif Madiun MN
Daerah Operasi VIII Surabaya Depo Induk Sidotopo SDT
Daerah Operasi IX Jember Depo Lokomotif Jember JR


Depo Lokomotif Jatinegara (JNG)[sunting | sunting sumber]

Depo Jatinegara salah satu Depo lokomotif tersibuk. Selain harus mengurus lokomotif sendiri, Depo ini harus mengurus lokomotif tamu milik Depo lain. Depo ini berada di Jalan Pisangan Baru Raya No. 1 Jatinegara, Jakarta Timur. Depo lokomotif ini memiliki lokomotif CC201/CC203/CC206/Gerbong Penolong milik JNG untuk melayani dinasan kereta api barang dan kereta api penumpang.

Mulai 18 Juli 2020 Semua Lokomotif dari Depo Lokomotif Jatinegara (JNG) tersebut dipindahkan ke Depo baru yaitu Depo Lokomotif Cipinang (CPN), tidak jauh dari Stasiun Jatinegara.

Dan mulai awal November 2020, Depo lokomotif ini dibongkar sepenuhnya. Sejak itu depo lokomotif Jatinegara diberi status nonaktif karena adanya proyek jalur dwiganda Manggarai–Jatinegara.

Depo Lokomotif Cipinang (CPN)[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Depo Cipinang 2018

Depo yang bersebelahan dengan jalur dwiganda Manggarai-Cikarang ini berfungsi sebagai tempat perawatan dan menyimpan sarana berupa kereta inspeksi, lokomotif, gerbong kricak, dan peralatan pemeliharaan prasarana milik Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan merupakan depo lokomotif terbesar se-Indonesia. Depo ini bertugas untuk menggantikan fungsi Depo Lokomotif Jatinegara (JNG) yang saat ini dipakai untuk memperluaskan jalur dwiganda segmen Jatinegara-Pasar Senen.

Depo Lokomotif Tanah Abang (THB)[sunting | sunting sumber]

Depo yang bersebelahan dengan Stasiun Tanah Abang ini berfungsi sebagai tempat perawatan dan rumah singgah lokomotif diesel hidraulik. Lokomotif-lokomotif milik Depo ini khusus melayani dinasan kereta api lokal KAI Commuter, yaitu, Lokal Merak. Selain untuk singgah lokomotif, Depo ini juga menjadi rumah singgah KAIS (Kereta api Inspeksi) 4 dan KAIS Istimewa, KRD NR Penolong serta lokomotif.

Mulai 22 Desember 2022 Semua Lokomotif dari Depo Lokomotif Tanah Abang (THB) tersebut dipindahkan ke Depo baru yaitu Depo Lokomotif Cipinang (CPN).

Dan mulai 25 Desember 2022, Depo lokomotif ini dibongkar sepenuhnya. Sejak itu depo lokomotif Tanah Abang diberi status nonaktif.

Depo Induk Bandung (BD)[sunting | sunting sumber]

Depo ini terletak di Jalan HOS Cokrominoto, Bandung, persis di sebelah barat Stasiun Bandung. Depo ini disebut sebagai depo lokomotif terlengkap di Indonesia dan tempat dinasan bagi kereta api baik penumpang atau barang tujuan ke wilayah Priangan di provinsi Jawa Barat dan kedatangan dari kereta api dari daerah operasi lain. Dari armada, Depo ini memiliki lokomotif diesel elektrik (CC201, CC203, CC206), lokomotif diesel hidraulik (BB300, dan BB301), KRD, KRDE, dan kereta derek (crane). Selain itu, Depo ini juga memiliki KAIS 3 (Railthree). Depo ini adalah depo terbesar kedua di Indonesia setelah Depo Lokomotif Cipinang dan hampir banyak mempunyai lokomotif seperti CC 203.

Depo Induk Cirebon (CN)[sunting | sunting sumber]

Depo ini terletak di Jalan Pancuran Gang Depo Cirebon, tak jauh dari Stasiun Cirebon. Depo lokomotif ini hanya memiliki sedikit lokomotif diesel elektrik dan beberapa lokomotif langsir. Walaupun ketersediaan lokomotif sedikit, Depo ini memiliki kereta derek (crane). Yang lebih istimewa lagi adalah Depo lokomotif ini memiliki dua lokomotif legendaris, yaitu lokomotif CC200 15 (Saat ini CC200 15 sudah dipindahkan ke Museum Kereta Api Ambarawa). Seluruh lokomotif disini berwarna putih kecuali CC200 15

Depo Induk Semarang Poncol (SMC)[sunting | sunting sumber]

Bukan terletak di stasiun Semarang Tawang, melainkan di Semarang Poncol. Ketersediaan lokomotif di Depo ini tidak terbilang banyak, memiliki beberapa lokomotif diesel hidraulik dan beberapa diesel elektrik. Lokomotif itu digunakan untuk beberapa dinasan kereta penumpang maupun kereta barang menuju/dari Kota Semarang dan Tegal. Depo ini juga memiliki armada KRD yaitu Kedungsepur. Sayangnya Depo lokomotif ini sering menjadi korban banjir rob.

Depo Induk Purwokerto (PWT)[sunting | sunting sumber]

Depo ini salah satu depo terbaik di Jawa Tengah. Bukan sekadar ketersediaan lokomotif atau fasilitas yang bagus, melainkan justru kebersihan depo. Alokasi lokomotif CC201 di depo ini tidak terlalu banyak. Lokomotif-lokomotif itu digunakan untuk dinasan beberapa kereta penumpang yang bertujuan ke kecamatan di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo.

Depo Induk Yogyakarta (YK)[sunting | sunting sumber]

Depo ini terletak tak jauh dari stasiun Tugu Yogyakarta. Depo ini berada di Jalan Suryonegaran, Yogyakarta. Saat ini, Depo lokomotif ini memiliki lokomotif diesel elektrik mulai dari CC201, CC204, CC203, hingga CC206. Lokomotif-lokomotif ini digunakan dinasan kereta penumpang unggulan seperti Argo Dwipangga, Argo Lawu dan Taksaka atau juga sebagai dinasan kereta api penumpang dan barang berangkat dari Yogyakarta/Solo atau tujuan ke Yogyakarta/Solo.

Depo Lokomotif Madiun (MN)[sunting | sunting sumber]

Depo ini terletak di Jalan Yos Sudarso atau sebelah barat Stasiun Madiun. Di Depo ini juga ada lokomotif diesel hidraulis yaitu BB301 dan D301. Selain itu Depo Lokomotif juga mempunyai seri BB 301 yang lain, tetapi sekarang di tempatkan di Depo Sidotopo, Depo Yogyakarta, Depo Bandung, dan Depo Kertosono. Dalam halnya Depo ini merupakan tempat persinggahan pertama bagi lokomotif-lokomotif yang telah jadi dan keluar dari PT Inka. Depo ini pernah memiliki lokomotif yang dibilang cukup menyeramkan. Saat ini lokomotif CC201 dan CC 203 juga telah ditempatkan di depo lokomotif ini.

Depo Induk Sidotopo (SDT)[sunting | sunting sumber]

Depo ini terletak di Jalan Sidotopo Lor No. 2 Surabaya, Jawa Timur. Depo lokomotif ini salah satu yang terlengkap ketersediaan lokomotifnya di Jawa Timur dan merupakan salah satu depo Lokomotif terbesar di Pulau Jawa. Depo ini memiliki banyak sekali CC201 dan CC206 yang masih siap operasi. Lokomotif di Depo ini bertugas untuk dinasan kereta api, baik kereta penumpang ataupun kereta barang yang menuju Surabaya atau berangkat dari Surabaya.

Depo Lokomotif Jember (JR)[sunting | sunting sumber]

Depo Lokomotif Jember, dilihat dari Jl. Mawar. Sewaktu atapnya sedang direnovasi pada bulan November 2019

Depo ini merupakan Depo spesialis lokomotif diesel hidraulik yang berada di Pulau Jawa. Depo yang terletak tak jauh dari stasiun Jember ini memiliki beberapa koleksi lokomotif diesel hidraulik, antara lain, BB301, BB303, dan BB304 serta diesel elektrik CC 201 dan CC 203. Lokomotif ini digunakan untuk dinasan beberapa kereta penumpang ataupun kereta barang. Di sini juga banyak lokomotif yang mangkrak karena sudah tak dioperasikan lagi.

Depo lokomotif di Pulau Sumatra[sunting | sunting sumber]

Nama Depo Kode Depo Tempat Ket
Depo Lokomotif Tanjung Karang TNK Divre IV Lampung Aktif
Depo Lokomotif Tarahan THN Divre IV Lampung Aktif
Depo Lokomotif Kertapati KPT Divre III Sumatera Selatan Aktif
Depo Lokomotif Padang PD Divre II Sumatera Barat Aktif
Depo Lokomotif Medan MDN Divre I Sumatera Utara Aktif

Ada pula beberapa Depo lokomotif kecil ataupun yang berstatus sub Depo di pulau Sumatra antara lain

Nama Depo Kode Depo Tempat Ket
Depo Lokomotif Lubuklinggau LLG Divre III Sumatera Selatan Aktif
Depo Lokomotif Lahat LT Divre III Sumatera Selatan Aktif
Depo Lokomotif Tebingtinggi TBI Divre I Sumatera Utara Peralihan menjadi PUS
Depo Lokomotif Kisaran KIS Divre I Sumatera Utara Aktif

Depo Lokomotif Tanjung Karang (TNK)[sunting | sunting sumber]

Depo lokomotif ini terletak di ibu kota Lampung, yaitu Bandar Lampung. Depo ini merupakan depo lokomotif terbesar di pulau Sumatra. Depo ini merupakan masih satu-satunya depo yang memiliki lokomotif CC205 untuk melayani dinasan KA Babaranjang. Depo ini juga memiliki empat lokomotif CC201 yang digunakan untuk KA Kuala Stabas maupun dinas langsir ataupun KLB, serta memiliki kereta kesehatan RailClinic dan KAIS Railone. Fasilitas di depo ini pun sangat memadai, Depo ini memiliki meja pemutar untuk memutar lokomotif. Depo ini juga memiliki kereta derek (crane) yang bernama "Gajah Lampung."

Depo Lokomotif Tarahan (THN)[sunting | sunting sumber]

Depo lokomotif ini juga terletak di Kota Bandar Lampung. Awalnya depo ini hanya melayani lokomotif tamu dari depo lain, akan tetapi sejak Desember 2019 depo lokomotif ini menjadi "rumah" bagi lokomotif CC202 eks Tanjung Karang untuk melayani dinasan KA Babaranjang.

Depo Lokomotif Kertapati (KPT)[sunting | sunting sumber]

Di Depo lokomotif inilah terdapat lokomotif CC201 hidung miring dengan eksterior seperti CC203. Di sini banyak terdapat lokomotif-lokomotif merah dan seluruh lokomotif CC204 generasi kedua serta lokomotif CC206 untuk dinasan KA Barapati, KA batubara swasta Sumsel, KA Pulp PT TEL, serta KA penumpang. Di sini pula terdapat armada kereta kesehatan Railclinic dan Railbus, serta memiliki KAIS (Kereta Api Inspeksi) yaitu KAIS Sriwijaya. Namun, depo ini tidak memiliki turn table.

Depo Lokomotif Padang (PD)[sunting | sunting sumber]

Depo lokomotif ini merupakan depo yang paling sepi di pulau Sumatra. Lokomotif-lokomotif yang terdapat di Depo ini hampir semuanya merupakan lokomotif seri BB303 dan 5 Lokomotif CC201, tidak seperti depo di Kertapati (Divre III) Sumatera Selatan Dan Depo Tanjungkarang (Divre IV) Bandar Lampung yang sudah memiliki banyak lokomotif seri CC. Lokomotif-lokomotif ini digunakan untuk dinasan kereta penumpang Sibinuang dan kereta api Semen Padang. Depo ini juga memiliki armada KRD yaitu KRDE Mineks dan KRD eks Seminung serta bus rel Lembah Anai.

Depo Lokomotif Medan (MDN)[sunting | sunting sumber]

Depo Lokomotif Medan

Depo Lokomotif Medan adalah Unit Pelaksana Teknis[1] yang menyelenggarakan pemeliharaan Lokomotif Untuk menjaga konsistensi dalam upaya meningkatkan kehandalan dan ketersediaan lokomotif agar siap operasi (SO) sesuai alur proses pekerjaan pemeriksaan Lokomotif. Terdapat beberapa prosedur untuk memberikan panduan dan definisi terkait proses pemeriksaan harian dan bulanan lokomotif dari mulai sampai selesai dinas.

Depo lokomotif Medan adalah depo terbesar Divre I Sumatera Utara. Depo ini memiliki lokomotif BB 302, BB 303, BB 203, dan Lokomotif CC201 . Lokomotif ini biasanya digunakan untuk dinasan kereta api penumpang, kereta api barang pengangkut minyak sawit (CPO),dan BBM. Depo lokomotif ini juga memiliki armada KRD yaitu KRD Sri Lelawangsa, kereta kesehatan Railclinic, dan kereta inspeksi KAIS Wijayakusuma, namun ketiga KRD tersebut tersimpan di Balai Yasa Pulu Brayan, tetapi perawatan nya dari teknisi Depo Lokomotif Medan. serta KRD ARS Bandara Kualanamu berada di Depo Traksi Railink yang berdekatan dengan Depo Lokomotif Medan. Depo Lokomotif Medan juga di bantu oleh Depo Lokomotif Kisaran dalam melakukan upaya meningkatkan kehandalan dan ketersediaan lokomotif agar siap operasi (SO) serta 4 Pengawas Urusan Sarana (PUS) yang terletak di Belawan, Binjai, Tebing Tinggi dan Rantau Prapat.

Depo lokomotif di Pulau Sulawesi[sunting | sunting sumber]

Nama Depo Kode Depo Tempat Ket
Depo Lokomotif Maros MRS Daerah Operasi VIII Surabaya Aktif

Artikel utama: Depo Lokomotif Maros

Kiri bangunan depan depo Maros, Kanan halaman jalur depo.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ suripto3x.files.wordpress.com (PDF) https://suripto3x.files.wordpress.com/2011/01/memahami-upt.pdf. Diakses tanggal 2019-01-10.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)