Jam stasiun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Menara jam dengan jam stasiun, Stasiun Waterbury Union, Waterbury, Connecticut, Amerika Serikat.

Jam stasiun adalah sebuah jam yang dipasang di stasiun kereta api sebagai petunjuk waktu bagi penumpang maupun pegawainya.

Stasiun kereta api biasanya memasang beberapa jam stasiun, baik di menara jam, di loket, di bangunan utama stasiun, di kanopi peron, di peron, maupun di tempat-tempat lain yang dirasa perlu.

Desain[sunting | sunting sumber]

Desain jam stasiun di Eropa dulunya cukup beragam. Saat ini, mayoritas jam stasiun merupakan turunan dari jam stasiun Swiss yang didesain oleh seorang insinyur asal Swiss, Hans Hilfiker pada tahun 1944, saat bekerja di Swiss Federal Railways SBB CFF FFS.[1] Pada tahun 1953, Hilfiker menambahkan penanda detik berwarna merah berbentuk cakram pada desainnya. Implementasi teknis dari jam stasiun ini, serta sinkronisasi terpusat dengan jam utama, direkayasa bersama Mobatime.[2][3]

Desain standar jam stasiun modern di Eropa berupa wajah jam berwarna putih yang dapat berpendar pada saat gelap, jarum jam dan menit berupa batang berwarna hitam, tidak mencatumkan angka pada tepi jam, serta jarum detik berupa batang tipis yang dilengkapi cakram pada ujungnya dan kerap berwarna merah. Desain ini cukup mudah dilihat dari jarak yang jauh sekalipun.[2]

Contoh[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Remarkable clocks and watches: the Swiss railway clock". swissworld.org. Berne, Switzerland: Presence Switzerland, Swiss Federal Department of Foreign Affairs FDFA. Diakses tanggal 2014-12-11. 
  2. ^ a b Köbi Gantenbein, ed. (2013). Die Bahnhofsuhr – Ein Mythos des Designs aus der Schweiz (dalam bahasa German). Zurich, Switzerland: Edition Hochparterre. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-04. Diakses tanggal 2014-10-19. 
  3. ^ "Mobatime – Swiss Time Systems: References". Sumiswald, Bern, Switzerland: MOSER-BAER SA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-19. Diakses tanggal 2014-10-19. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Lyman, Ian P (2004). Railway Clocks. Mayfield, Ashbourne, Derbyshire, England: Mayfield Books. ISBN 0954052560. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]