Ronald Reagan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Reagan)
Ronald Reagan
Presiden Amerika Serikat ke-40
Masa jabatan
20 Januari 1981 – 20 Januari 1989
Wakil PresidenGeorge H. W. Bush
Gubernur California 33
Masa jabatan
2 Januari 1967 – 6 Januari 1975
Wakil
Sebelum
Pendahulu
Pat Brown
Pengganti
Jerry Brown
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Ronald Wilson Reagan

(1911-02-06)6 Februari 1911
Tampico, Illinois, Amerika Serikat
Meninggal5 Juni 2004(2004-06-05) (umur 93)
Bel Air, Los Angeles, California
MakamPerpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan, Simi Valley, California
34°15′32″N 118°49′14″W / 34.25899°N 118.82043°W / 34.25899; -118.82043
Partai politikRepublik (1962 dan setelah)
Afiliasi politik
lainnya
Demokrat (sebelum 1962)
Tinggi badan1,87 m
Suami/istri
HubunganNeil Reagan (kakak; 1908-1996)
Anak
Orang tua
Alma materEureka College
ProfesiPolitikus, aktor
Tanda tanganTanda tangan kursif tinta
Karier militer
Pihak Amerika Serikat
Dinas/cabang Pasukan Udara Angkatan Darat Amerika Serikat
Masa dinas1937–1945
Pangkat Kapten
SatuanSatuan Tentara Angkatan Udara Pangkalan ke-18
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Ronald Wilson Reagan (6 Februari 1911 – 5 Juni 2004) adalah Presiden Amerika Serikat ke-40 (19811989) dan Gubernur California ke-33 (1967–1975). Sebelum terjun ke dunia politik, Reagan adalah seorang aktor radio, film, dan televisi. Ia hidup lebih panjang daripada Presiden yang lainnya (93 tahun, 119 hari) dan merupakan Presiden terpilih tertua (69 tahun, 349 hari saat mengambil kekuasaan) sampai Joe Biden melampauinya pada 2021.

Reagan dilahirkan di Tampico di Whiteside County, Illinois, dibesarkan di Dixon di Lee County, Illinois, dan dididik di Eureka College di Eureka, dengan gelar Bachelor of Arts di bidang ekonomi dan sosiologi. Setelah lulus, Reagan pertama pindah ke Iowa untuk bekerja sebagai seorang penyiar radio dan kemudian pada 1937 ke Los Angeles, California. Ia memulai karier sebagai seorang aktor, pertama di film lalu di televisi, muncul di lebih dari 50 produksi film dan produktif cukup berhasil menjadi figur, terkenal diakui publik. Beberapa peran yang paling menonjol adalah dalam ''Knute Rockne, All American'' dan ''Kings Row''. Reagan menjabat sebagai Presiden Screen Actors Guild, dan kemudian juru bicara General Electric (GE), memulai kariernya di politik terjadi selama pekerjaannya untuk GE. Semua dia menjadi anggota Partai Demokrat (Amerika Serikat), kemudian beralih ke Partai Republik pada tahun 1962. Setelah menyampaikan sambutan meriah untuk mendukung calon presiden Barry Goldwater pada tahun 1964, ia dibujuk untuk mencari gubernur California, pemenang dua tahun kemudian dan sekali lagi pada tahun 1970. Ia kalah dalam pencalonan untuk nominasi presiden dari Partai Republik pada tahun 1968 maupun 1976, tetapi memenangkan nominasi dan pemilihan dengan mengalahkan Presiden Petahana Jimmy Carter pada tahun 1980.

Sebagai presiden, Reagan menerapkan inisiatif menyapu politik dan ekonomi baru. Sisi penawaran ekonomi, kebijakan ekonomi, dijuluki Reaganekonomik, menganjurkan mengurangi tarif pajak untuk memacu pertumbuhan ekonomi, mengendalikan suplai uang untuk menurunkan inflasi, deregulasi ekonomi, dan mengurangi pengeluaran pemerintah. Dalam masa jabatan pertamanya ia selamat dari upaya pembunuhan, mengambil garis keras terhadap serikat buruh, dan memerintahkan aksi militer di Grenada. Ia terpilih kembali pada tanah longsor pada tahun 1984 dan menyatakan, Morning in America (Pagi di Amerika). Istilah kedua adalah terutama ditandai oleh hal-hal asing, seperti berakhirnya Perang Dingin, pengeboman Libya 1986, dan wahyu dari Peristiwa Contra Iran. Publik menggambarkan Uni Soviet sebagai "kekaisaran jahat", dia mendukung gerakan anti-komunis di seluruh dunia dan menghabiskan masa jabatan pertamanya berpantang strategi pengenduran dengan memesan penumpukan militer besar-besaran dalam perlombaan senjata dengan Uni Soviet. Reagan menegosiasikan dengan Sekretaris Jenderal Uni Soviet Mikhail Gorbachev, yang berpuncak pada Perjanjian INF dan penurunan persenjataan nuklir kedua negara.

Reagan menyelesaikan masa jabatan kepresidenan pada tahun 1989. Pada tahun 1994, mantan presiden ini mengungkapkan bahwa ia telah didiagnosis terkena penyakit Alzheimer awal tahun dan ia meninggal sepuluh tahun kemudian pada usia 93 tahun. Reagan memperoleh peringkat tinggi dalam jajak pendapat umum Presiden Amerika Serikat, dan merupakan ikon konservatif.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Ronald Wilson Reagan lahir di sebuah apartemen di lantai kedua sebuah bangunan komersial di Tampico, Illinois pada tanggal 6 Februari 1911, dengan John Edward "Jack" Reagan dan Nelle Wilson Reagan. Ayahnya adalah seorang salesman dan seorang pendongeng, keturunan imigran Katolik Irlandia dari County Tipperary. sementara ibunya nenek moyang keturunan Skotlandia-Inggris. Reagan memiliki satu kakak, Neil "Moon" Reagan (1908-1996), yang menjadi seorang eksekutif periklanan. Sebagai anak laki-laki, ayah Reagan menjuluki anaknya Dutch ("Belanda"), karenanya fat little Dutchman ("Belanda kecil yang gemuk") seperti penampilan, dan "Dutchboy" dalam potongan rambut; julukan terjebak dengan dia sepanjang masa mudanya. Keluarga Reagan sebentar tinggal di beberapa kota dan kota-kota di Illinois, termasuk Monmouth, Galesburg dan Chicago sampai 1919. Ketika mereka kembali ke Tampico dan tinggal di atas HC Pitney Variety Store. Setelah terpilih sebagai presiden, yang berada di perempat lantai atas Gedung Putih swasta, Reagan akan berkata bahwa ia "hidup di atas toko itu lagi".

Menurut Paul Kengor, penulis buku God and Ronald Reagan (Allah dan Ronald Reagan), Reagan memiliki iman yang sangat kuat pada kebaikan orang, yang berasal dari iman optimis ibunya, Nelle dan iman murid-murid Kristus, yang dibaptis dalam tahun 1922. Untuk sementara waktu, Reagan tidak biasa di oposisi diskriminasi rasial, dan mengingat waktu di Dixon ketika penginapan lokal tidak mengizinkan orang kulit hitam tinggal di sana. Reagan membawa mereka kembali ke rumahnya, di mana ibunya mengundang mereka untuk tinggal malam dan sarapan pagi berikutnya.

Setelah penutupan Store Pitney pada tahun 1920-an, Reagan pindah ke Dixon; yang midwestern "alam semesta kecil" memiliki kesan abadi pada Reagan. Dia mengikuti pendidikan di Dixon High School, di mana dia mengembangkan kepentingan dalam akting, olahraga, dan cerita. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai penjaga pantai di Sungai Rock di Lowell Park, dekat Dixon, pada tahun 1926. Reagan tampil sebagai penjaga pantai menyelamatkan 77 buah, mencatat bahwa ia berlekuk tanda pada log kayu untuk setiap kehidupan yang ia selamatkan. Reagan mengikuti Eureka College di Eureka, Illinois, lulus pada 1932. Di sini, dia menjadi anggota persaudaraan Tau Kappa Epsilon, dan mengambil jurusan di bidang ekonomi dan sosiologi. Ia mengembangkan reputasi sebagai jack semua perdagangan, yang mahir dalam politik kampus, olahraga dan teater. Dia adalah anggota tim sepak bola, kapten tim renang dan terpilih presiden mahasiswa tubuh. Sebagai presiden mahasiswa, Reagan khususnya mahasiswa memimpin pemberontakan melawan presiden perguruan tinggi setelah ia mencoba untuk memotong kembali fakultas.

Karier Hiburan[sunting | sunting sumber]

Radio dan film[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari Eureka pada tahun 1932, Reagan mendorong dirinya ke Iowa, di mana ia mengikuti audisi untuk pekerjaan di banyak kota kecil stasiun radio. Universitas Iowa mengontraknya untuk siaran pertandingan sepak bola untuk Hawkeyes. Dia dibayar $ 10 per permainan. Segera setelah itu, pekerjaan sebagai staf penyiar terbuka di stasiun radio WOC di Davenport. Reagan kemudian dipekerjakan, sehingga kemudian penghasilannya mencapai $ 100 per bulan. Dibantu oleh suara persuasifnya, ia pindah WHO di Des Moines radio sebagai penyiar untuk permainan bisbol Chicago Cubs. Spesialisasinya adalah menciptakan permainan play-by-play account yang stasiun diterima oleh kawat.

Sementara perjalanan dengan Cubs di California, Reagan mengambil screen test pada tahun 1937 yang menyebabkan kontrak tujuh tahun dengan studio Warner Brothers. Ia menghabiskan beberapa tahun pertama dari karier Hollywood di unit "film B", di mana Reagan bergurau, para produser "tidak ingin mereka baik, mereka ingin mereka Kamis". Meskipun kadang-kadang dibayangi oleh aktor lainnya, pertunjukan layar Reagan tidak menerima ulasan yang baik.

Kredit layar pertamanya adalah peran utama dalam film ''Love Is on the Air'' (Cinta di Udara) pada tahun 1937 dan pada akhir 1939 ia sudah muncul dalam 19 film, termasuk ''Dark Victory''. Sebelum film Santa Fe Trail. Pada tahun 1940, ia memainkan peran George "The Gipper" Gipp dalam film Knute Rockne All American; dari itu, ia memperoleh julukan "Gipper" dan nama itu dipakainya pada masa istirahat hidupnya. Reagan menganggap bahwa pekerjaan akting terbaiknya ketika dalam Kings Row (1942), di mana ia melafalkan, "Di mana sisa dari saya?", kemudian digunakan sebagai judul otobiografinya tahun 1965. Banyak kritikus film dianggap Kings Row untuk menjadi film yang terbaik, meskipun film itu dikutuk oleh kritikus New York Times Bosley Crowther.

Reagan disebut dalam film Kings Row yang "membuat saya bintang". Namun, ia tidak dapat memanfaatkan kesuksesan karena ia diperintahkan untuk tugas aktif dengan Angkatan Darat Amerika Serikat di San Francisco dua bulan setelah rilis, dan status "bintang" tidak pernah kembali dalam film pada era pasca-perang. Setelah dipisahkan dari hampir empat tahun Perang Dunia II di Amerika Serikat layanan dengan Unit 1 Motion Picture pada bulan Desember 1945, Reagan bersama-sama membintangi film seperti, The Voice of the Turtle, John Loves Mary, The Hasty Heart, Bedtime for Bonzo, Cattle Queen of Montana'', Tennessee's Partner'', Hellcats of the Navy'', dan The Killers'' (film terakhirnya) dalam remake tahun 1964.

Dinas Militer[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan program belajar Tentara Program Extension selama enambelas di rumah, Reagan di Angkatan Darat Reserve dan terdaftar pada tanggal 29 April 1937, sebagai orang sipil dia ditugaskan untuk pasukan Kavaleri, B 322 di Des Moines, Iowa. Kedua, dia ditugaskan sebagai letnan di Korps Perwira Cadangan Kavaleri pada 25 Mei 1937.

Reagan diperintahkan untuk aktif pertama kalinya pada tanggal 18 April 1942. Karena rabun jauh, ia diklasifikasikan untuk layanan terbatas saja, yang dikecualikan dari melayani di luar negeri. Tugas pertamanya adalah di Pelabuhan Embarkasi San Francisco di Fort Mason, California, sebagai perwira penghubung dari Kantor Pelabuhan dan Transportasi. Setelah persetujuan dari Angkatan Udara Amerika Serikat(AAF), ia diterapkan untuk transfer dari Kavaleri ke AAF pada 15 Mei 1942, dan ditugaskan untuk Hubungan Masyarakat AAF dan kemudian ke First Unit Motion Picture (resmi , yang "18 Base Unit AAF") di Culver City, California. Pada tanggal 14 Januari 1943, dia dipromosikan menjadi Letnan Pertama dan dikirim ke Unit Task Force Tampilkan Sementara This Is. Tentara di Burbank, California. Dia kembali ke First Unit Motion Picture setelah menyelesaikan tugas dan dipromosikan menjadi Kapten pada 22 Juli 1943.

Pada bulan Januari 1944, Kapten Reagan diperintahkan untuk bertugas sementara di New York City untuk berpartisipasi dalam pembukaan Drive Pinjaman Perang keenam. Ia kembali ditugaskan ke First Unit Motion Picture pada tanggal 14 November 1944, di mana ia tetap sampai akhir Perang Dunia II. Dia direkomendasikan untuk promosi untuk Mayor pada 2 Februari 1945, tetapi rekomendasi ini ditolak pada 17 Juli pada tahun itu. Dia kembali ke Fort MacArthur, California, di mana ia dipisahkan dari tugas aktif pada tanggal 9 Desember 1945. Pada akhir perang, unit telah memproduksi film-film pelatihan beberapa 400 untuk AAF.

Presiden SAG[sunting | sunting sumber]

Reagan pertama kali terpilih untuk Dewan Direksi dari Screen Actors Guild pada tahun 1941, melayani sebagai suatu alternatif. Setelah Perang Dunia II, ia melanjutkan pelayanan dan menjadi Wakil Presiden ke-3 pada tahun 1946. Adopsi konflik-dari-bunga peraturan tahun 1947 yang dipimpin presiden dan anggota dewan SAG enam mengundurkan diri. Reagan dinominasikan dalam pemilihan khusus untuk posisi presiden dan kemudian terpilih. Ia kemudian dipilih oleh keanggotaan untuk tujuh tambahan satu tahun istilah, 1947-1952 dan pada tahun 1959. Reagan memimpin melalui tahun-tahun penuh peristiwa SAG yang ditandai dengan buruh-manajemen perselisihan, yang Taft-Hartley Act, House Committee on Un-American Activities(HUAC) sidang dan Hollywood era blacklist.

Informan FBI Rahasia dalam Hollywood[sunting | sunting sumber]

Di tengah Red Scare pada 1940-an, Reagan disediakan FBI dengan nama-nama aktor yang ia diyakini simpatisan komunis dalam industri film sebelum Komite House Committee on Un-American Activities pada subjek juga. Sungguh-sungguh anti-komunis, ia menegaskan kembali komitmennya terhadap prinsip-prinsip demokrasi, menyatakan, "Sebagai warga negara, saya tidak pernah ingin melihat negara kita menjadi mendesak, baik oleh ketakutan atau kebencian dari kelompok ini, bahwa kita pernah kompromi dengan salah satu dari demokrasi kita prinsip-prinsip melalui ketakutan atau dendam."

Televisi[sunting | sunting sumber]

Meskipun seorang kritikus awal televisi, peran film Reagan mendarat sedikit di akhir 1950-an dan memutuskan untuk bergabung medium. Dia dipekerjakan sebagai tuan rumah General Electric Theater, serangkaian drama mingguan yang menjadi sangat populer. Kontraknya mengharuskan dia untuk tanaman GE tur enambelas minggu dalam setahun, sering menuntut dia empatbelas pidato per hari. Ia memperoleh sekitar $ 125.000 per tahun (sekitar $ 1.070.000 pada tahun 2010 dolar) dalam peran ini. Tugas akhir sebagai aktor profesional adalah sebagai host dan artis 1964-1965 pada Hari serial televisi Death Valley Days. Reagan dan Nancy Davis tampil bersama beberapa kali, termasuk sebuah episode GE Theater pada tahun 1958 berjudul A Turkey for the President.

Pernikahan dan anak-anak[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1938, Reagan co-membintangi film Brother Mouse dengan aktris Jane Wyman (1917-2007). Mereka terlibat di Teater Chicago, dan menikah pada tanggal 26 Januari 1940, di Gereja Wee Kirk o ' Heather di Glendale, California. Bersama-sama mereka memiliki dua anak kandung, Maureen (1941-2001) dan Christine (yang lahir pada tahun 1947 tetapi hanya hidup satu hari), dan mengadopsi ketiga, Michael (lahir 1945). Setelah argumen tentang ambisi politik Reagan, Wyman mengajukan gugatan cerai pada tahun 1948, mengutip gangguan karena tugas serikat Screen Actors Guild suaminya; perceraian diselesaikan pada tahun 1949. Dia adalah satu-satunya presiden AS telah bercerai. Reagan dan Wyman terus menjadi teman sampai kematiannya, dengan Wyman suara untuk Reagan di kedua berjalan dan, setelah kematiannya, mengatakan "Amerika telah kehilangan seorang presiden yang besar dan, baik, dan pria lembut yang besar."

Karier politik awal[sunting | sunting sumber]

Reagan memulai karier politiknya sebagai seorang Demokrat dan, pada bulan Desember 1945, dicegah memimpin protes anti-nuklir di Hollywood oleh tekanan dari Warner Bros studio. Dia kemudian akan membuat senjata nuklir titik kunci kepresidenannya, khususnya oposisi untuk saling meyakinkan kehancuran, membangun usaha sebelumnya untuk membatasi penyebaran senjata nuklir untuk fokus baru untuk mengurangi jumlah dan jenis mereka. Pada pemilu 1948, Reagan sangat mendukung Harry S. Truman, tampil di atas panggung dengan dia selama pidato kampanye di Los Angeles. Namun, di awal 1950-an, sebagai hubungannya dengan aktris Republik Nancy Davis tumbuh, ia bergeser ke kanan dan, sambil tetap seorang Demokrat, mendukung kandidat presiden dari Dwight D. Eisenhower pada tahun 1952 dan 1956 serta Richard Nixon pada tahun 1960. terakhir kali Reagan aktif mendukung kandidat Demokrat adalah pada tahun 1950 ketika ia membantu Helen Gahagan Douglas dalam kampanye Senat berhasil melawan Richard Nixon.

Gubernur California, 1967–75[sunting | sunting sumber]

Negara Bagian California terkesan dengan pandangan politik Reagan dan karisma setelah ia "Waktu untuk Memilih" pidato, ia mengumumkan pada akhir tahun 1965, kampanye untuk Gubernur California pada tahun 1966. Ia mengalahkan mantan wali kota San Francisco George Christopher di primer GOP. Dalam kampanye Reagan, dia menekankan dua tema utama: "untuk mengirim gelandangan kesejahteraan kembali bekerja", dan, dalam referensi untuk berkembang anti-perang dan anti kemapanan protes mahasiswa di Universitas California di Berkeley, "untuk membersihkan kekacauan di Berkeley". Ronald Reagan dicapai pada tahun 1966 yang US Senator William F. Knowland pada tahun 1958 dan mantan Wakil Presiden Richard M. Nixon pada tahun 1962 telah mencoba: ia terpilih, mengalahkan Gubernur jangka dua Edmund G. "Pat" Brown, dan dilantik pada 2 Januari 1967. dalam masa jabatan pertamanya, ia membeku perekrutan pemerintah dan disetujui kenaikan pajak untuk menyeimbangkan anggaran.

Kampanye Kepresidenan 1976[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1976, Reagan menantang incumbent Presiden Gerald Ford dalam upaya untuk menjadi calon Partai Republik untuk presiden. Reagan segera membuktikan dirinya sebagai kandidat konservatif dengan dukungan yang berpikiran organisasi seperti Serikat Konservatif Amerika yang menjadi komponen kunci dari basis politik, sementara Presiden Ford dianggap sebagai Republik yang lebih moderat.

Kampanye Kepresidenan 1980[sunting | sunting sumber]

Kampanye presiden 1980 antara Reagan dan incumbent Presiden Jimmy Carter dilakukan selama keprihatinan domestik dan krisis sandera Iran yang sedang berlangsung. Kampanyenya menekankan beberapa prinsip mendasar: pajak yang lebih rendah untuk merangsang ekonomi, campur tangan pemerintah kurang dalam kehidupan masyarakat, hak negara, pertahanan nasional yang kuat, dan memulihkan Dolar Amerika Serikat ke standar emas.

Kepresidenan, 1981-89[sunting | sunting sumber]

Kabinet Ronald Reagan 1981

Pada tanggal 30 Maret 1981, hanya 69 hari setelah awal masa jabatannya, ketika meninggalkan Hotel Washington Hilton di Washington, DC Presiden Reagan, Juru bicara Gedung Putih James Brady, agen Dinas Rahasia dan polisi District of Columbia ditembak seorang pengkhayal John Warnock Hinckley Jr.. Segera sebelum pembedahan untuk mengeluarkan peluru dari dadanya (yang sedikit saja luput dari jantungnya), Reagan berkata kepada dokter bedahnya, "Saya berharap Anda semua orang Republican," dan kepada istrinya Nancy dengan bercanda ia berkomentar, "Sayang, saya lupa untuk menghindar."

Sebagai politikus dan presiden, ia melukiskan dirinya sebagai:

  • Antikomunis
  • Setuju pemotongan pajak
  • Setuju pemerintahan non-militer
  • Pendukung usaha bisnis, besar dan kecil
  • Pendukung kebebasan individu
  • Keras terhadap kejahatan

Ia dikenal juga karena:

  • Peningkatan anggaran militer
  • Menyebarkan peluru kendali Pershing II di Jerman sebagai tanggapan atas pangkalan peluru SS-20 milik Uni Soviet di dekat Eropa
  • Mendorong penyebaran sistem rudal penjaga perdamaian
  • Perundingan persetujuan pengurangan senjata nuklir
  • Mengusulkan Prakarsa Pertahanan Strategi ( Strategic Defense Initiative)
  • Mempersenjatai dan melatih kelompok antikomunis seperti Contra dan Mujahidin
  • Menjual senjata kepada sekutu asing seperti Taiwan, Israel, Arab Saudi, dan yang terkenal, Irak
  • Menurunkan pajak secara signifikan, memutar tren sejarah terhadap pajak yang lebih tinggi
  • Meningkatkan defisit federal
  • Secara besar-besaran meningkatkan " perang melawan narkotika "
  • Mengakhiri inflasi tinggi yang menghancurkan ekonomi pada masa pendahulunya Jimmy Carter dan Gerald Ford.
  • Membantu ‘memenangkan’ Perang Dingin
  • Menyetujui pemecatan beberapa pengawas lalu lintas udara saat mereka mogok secara ilegal di musim panas 1981

Jabatan pertama, 1981-85[sunting | sunting sumber]

Reagan adalah orang tertua yang terpilih ke kantor kepresidenan (di 69) sampai Donald Trump melampauinya di usia 70 pada 2017. Dalam pidato pelantikan pertamanya pada tanggal 20 Januari 1981, yang menulis Reagan sendiri, ia berbicara ekonomi malaise berdebat negara: "Dalam krisis saat ini, pemerintah bukan solusi untuk masalah kita, pemerintah masalahnya".

Doa di sekolah dan mengheningkan cipta[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1981, Reagan menjadi presiden pertama yang mengusulkan amendemen konstitusi pada sekolah doa. Doa sekolah sebelumnya telah dilarang oleh Mahkamah Agung pada tahun 1962, dan pemilihan Reagan mencerminkan oposisi terhadap keputusan pengadilan.

Upaya Pembunuhan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Maret 1981, hanya 69 hari ke pemerintahan baru, Reagan, sekretaris persnya James Brady, polisi Washington Thomas Delahanty, dan Agen Dinas Rahasia Timothy McCarthy dikejutkan oleh tembakan dari calon pembunuh John Warnock Hinckley Jr. di luar Washington Hilton Hotel. Meskipun "dekat dengan kematian" setelah tiba di Rumah Sakit Universitas George Washington, Reagan stabil di ruang gawat darurat, kemudian menjalani operasi eksplorasi darurat. Dia pulih dan dibebaskan dari rumah sakit pada tanggal 11 April, menjadi Presiden AS yang pertama untuk bertahan hidup ditembak dalam upaya pembunuhan. Upaya memiliki pengaruh yang besar pada popularitas Reagan, jajak pendapat menunjukkan rating persetujuan untuk menjadi presiden sekitar 73%. Reagan percaya bahwa Tuhan telah menyelamatkan hidupnya sehingga ia mungkin pergi untuk memenuhi tujuan yang lebih besar.

Pemogokan Lalu Lintas Udara Air[sunting | sunting sumber]

Di musim panas 1981 PATCO, serikat federal pengendali lalu lintas udara mogok, melanggar undang-undang federal melarang serikat pemerintah dari mencolok. Menyatakan situasi darurat seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang Buruh Taft-Hartley 1947, Reagan menyatakan bahwa jika pengendali lalu lintas udara "tidak melaporkan untuk bekerja dalam waktu 48 jam, mereka telah kehilangan pekerjaan mereka dan akan berakhir". Mereka tidak kembali dan pada tanggal 5 Agustus, Reagan menembakkan 11.345 pengendali lalu lintas udara yang telah mengabaikan perintahnya, dan digunakan pengawas dan pengendali militer untuk menangani lalu lintas udara komersial bangsa sampai pengendali baru bisa disewa dan dilatih. Sebuah karya referensi terkemuka di administrasi publik menyimpulkan, "memecat karyawan PATCO tidak hanya menunjukkan tekad yang jelas oleh presiden untuk mengambil kendali birokrasi, tetapi juga mengirimkan pesan yang jelas kepada sektor swasta yang serikat tidak lagi perlu ditakuti".

"Reaganomik" dan ekonomi[sunting | sunting sumber]

Masa jabatan pertama Presiden Reagan berfokus pada penyegaran stagnasi kondisi ekonomi, inflasi dan pengangguran. Kebijakan Reagan terkenal sebagai "Reaganomics", julukan yang digunakan pendukung dan pencelanya. Pemotongan pajak juga bergabung dengan pengeluaran militer yang besar sebagai akibat yang amat tinggi dan pertambahan dramatis dalam hutang nasional. Hutang bertambah dengan sekitar 200% (3 kali lipat) antara saat Reagan menjabat dan saat penggantinya George H. W. Bush, menduduki jabatan.

Di sisi lain, pengeluaran ini enteng menutupi kerugian dengan pendapatan pajak yang ditambah, dan beberapa pendukung Reagan menghubungkannya pada penggunaan berhasil kebijakan pajak ekonomi pihak perbekalan. Kritikus Presiden Reagan mengemukakan bahwa walau pernyataannya menganjurkan pemerintahan intrusif yang kecil, pengeluaran federal dan birokrasi bertambah selama pemerintahannya. Tak mengherankan, ada ketaksetujuan atas berapa banyak kebijakan Reagan yang ikut andil pada resesi hebat yang terjadi pada tahun 1982.

Eskalasi Perang Dingin[sunting | sunting sumber]

Reagan meningkat Perang Dingin, mempercepat pembalikan dari kebijakan détente yang dimulai pada tahun 1979 setelah perang Soviet di Afghanistan. Reagan memerintahkan penumpukan besar dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan menerapkan kebijakan baru terhadap Uni Soviet: menghidupkan kembali program B-1 Lancer yang telah dibatalkan oleh pemerintahan Carter, dan memproduksi rudal MX. Menanggapi penyebaran Soviet SS-20, Reagan mengawasi penyebaran NATO dari rudal Pershing di Jerman Barat.

Perang Saudara Lebanon, 1983[sunting | sunting sumber]

Dengan persetujuan Kongres, Reagan pada tahun 1983 pasukan yang dikirim ke Lebanon untuk mengurangi ancaman perang Saudara Lebanon. Pasukan penjaga perdamaian Amerika di Beirut, bagian dari pasukan multinasional selama Perang Saudara Lebanon, diserang pada tanggal 23 Oktober, 1983. The Beirut barak pengeboman menewaskan 241 prajurit Amerika dan melukai lebih dari 60 orang lain dengan seorang pembom truk bunuh diri. Reagan dikirim di USS New Jersey (BB-62) kapal perang untuk shell posisi Suriah di Lebanon. Dia kemudian menarik semua marinir dari Libanon.

Operasi Kemarahan Mendesak (Grenada), 1983[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 25 Oktober 1983, Reagan memerintahkan pasukan Amerika Serikat untuk menyerang Grenada, kode bernama Operation Urgent Fury, di mana 1.979 kudeta telah membentuk Nonblok pemerintah Marxisme-Leninisme yang independen. Sebuah banding resmi dari Organisasi Negara-Negara Karibia Timur (OECS) menyebabkan intervensi pasukan AS; Presiden Reagan juga mengutip ancaman yang diduga daerah yang ditimbulkan oleh militer build-up Soviet-Kuba di Karibia dan kepedulian terhadap keselamatan ratusan mahasiswa kedokteran Amerika di Universitas St. George sebagai alasan yang cukup untuk menyerang. Operasi Urgent Fury adalah operasi militer besar pertama yang dilakukan oleh pasukan Amerika Serikat sejak Perang Vietnam, beberapa hari pertempuran dimulai, sehingga kemenangan AS, dengan 19 kematian Amerika dan 116 terluka tentara Amerika. Pada pertengahan Desember, setelah pemerintahan baru diangkat oleh Gubernur Jenderal, pasukan AS menarik diri.

Kampanye Kepresidenan 1984[sunting | sunting sumber]

Reagan menerima nominasi Partai Republik di Dallas, Texas. Dia menyatakan bahwa itu adalah "pagi lagi di Amerika", mengenai pemulihan ekonomi dan kinerja mendominasi oleh atlet Amerika Serikat di Olimpiade Musim Panas 1984, antara lain. Ia menjadi presiden Amerika pertama yang membuka Olimpiade digelar di Amerika Serikat.

Jabatan kedua, 1985-89[sunting | sunting sumber]

Reagan dilantik sebagai presiden untuk kedua kalinya pada tanggal 20 Januari 1985, dalam sebuah upacara pribadi di Gedung Putih. Karena 20 Januari jatuh pada hari Minggu, perayaan publik tidak diadakan tetapi terjadi di Capitol Rotunda hari berikutnya. 21 Januari adalah salah satu dari hari-hari terdingin pada catatan di Washington, DC; karena cuaca buruk, perayaan perdana diselenggarakan dalam Capitol. Dalam minggu-minggu mendatang ia mengguncang stafnya agak, bergerak Kepala Gedung Putih Staf James Baker ke Menteri Keuangan dan penamaan Menteri Keuangan Donald Regan, seorang mantan perwira Merrill Lynch, Kepala Staf.

Perang melawan Narkotika[sunting | sunting sumber]

Kebijakan Reagan dalam "Perang Melawan Narkotika" meningkatkan jumlah tahanan dan dana kesehatan bagi orang-orang kecanduan. Ini mengakibatkan perkembangan dramatis dalam jumlah tahanan AS. Kritikus menuduh bahwa kebijakan itu berefek sedikit untuk benar-benar mengurangi keberadaan narkotika ataupun kejahatan di jalan dan juga mengakibatkan beban keuangan tinggi dan korban manusia untuk masyarakat Amerika. Walau begitu, hal ini merupakan bagian penting kebijakan Reagan yang keras terhadap kejahatan. Karena kebijakan ini dan berbagai pemotongan dalam pengeluaran untuk program sosial selama masa kepresidenannya, Reagan dianggap sejumlah kritikus biasa saja untuk pengeluaran biaya bagi warga miskin dan minoritas.

Tahun pasca-kepresidenan, 1989-2004[sunting | sunting sumber]

Masa jabatan Reagan telah berakhir dan akhirnya keluar dari gedung putih pada tanggal 20 Januari 1989, dan dia menetap di Bel Air, Los Angeles hingga akhir hayatnya.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Reagan disemayamkan di Gedung Capitol

Ronald Reagan meninggal dunia di rumahnya di Bel Air, Los Angeles pada 5 Juni 2004 pada pukul 13:09 waktu setempat. Ia meninggal dunia karena pneumonia, dengan didampingi oleh istrinya Nancy dan anak-anaknya Patti dan Ron. Ia juga meninggalkan anaknya Michael, dari pernikahan pertamanya dengan Wyman; sementara Maureen telah meninggal pada 2001.

Reagan dimakamkan dengan upacara kenegaraan negara penuh pada 9 Juni, yang pertama sejak Lyndon Johnson. Dengan kehadiran 4.000 orang, kebaktian dilakukan di Katedral Nasional pada 11 Juni dengan pidato oleh George W. Bush, George H. W. Bush, Margaret Thatcher dan Brian Mulroney. Sejumlah pemimpin nasional pada masa lalu dan saat itu menghadiri kebaktian, termasuk Mikhail Gorbachev. Ia dimakamkan pada malam itu saat terbenamnya matahari dalam upacara yang dihadiri oleh 600 orang, di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan di Simi Valley, dengan dihadiri 3 anaknya yang masih hidup.

Nancy Reagan meletakkan bendera pada peti jenazah Reagan yang dihiasi. Reagan memegang rekor sebagai presiden paling tua dalam sejarah Amerika. Usia John Adams 90 tahun dan 247 hari, yang dilampaui Reagan pada 11 Oktober 2001.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ayatollah Khomeini
Tokoh tahunan versi Time (Bersama Yuri Andropov)
1980
Diteruskan oleh:
Lech Wałęsa
Didahului oleh:
Komputer
Tokoh tahunan versi Time
1983
Diteruskan oleh:
Peter Ueberroth
Didahului oleh:
Robert Montgomery
Presiden Persatuan Aktor Film
19471952
Diteruskan oleh:
Walter Pidgeon
Didahului oleh:
Howard Keel
Presiden Persatuan Aktor Film
19591960
Diteruskan oleh:
George Chandler
Didahului oleh:
Pat Brown
Gubernur California
19671975
Diteruskan oleh:
Jerry Brown
Didahului oleh:
Gerald Ford
Nominator Presiden Partai Republik
1980 (menang), 1984 (menang)
Diteruskan oleh:
George H. W. Bush
Didahului oleh:
Jimmy Carter
Presiden Amerika Serikat
20 Januari 198120 Januari 1989
Diteruskan oleh:
George H. W. Bush
Didahului oleh:
François Mitterrand
Ketua G-8
1983
Diteruskan oleh:
Margaret Thatcher