Metapolitefsi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Metapolitefsi (bahasa Yunani: Μεταπολίτευση, IPA: [metapoˈlitefsi], "perubahan rezim") adalah periode dalam sejarah Yunani modern setelah tumbangnya junta Yunani pada 24 Juli 1974 hingga diselenggarakannya pemilihan umum legislatif pada 17 November 1974 dan periode demokrasi tak lama sesudah pemilu ini.

Jalan menuju metapolitefsi dimulai setelah kepala junta militer Yunani, Georgios Papadopoulos, memulai rencana liberalisasi. Proses ini ditentang oleh politikus-politikus seperti Panagiotis Kanellopoulos dan Stephanos Stephanopoulos. Rencana ini akhirnya terhenti oleh pemberontakan Politeknik Athena, demonstrasi besar yang menentang kekuasaan junta, dan kudeta yang dilancarkan oleh Dimitrios Ioannides.

Upaya kudeta Ioannides terhadap Presiden Siprus Makarios III dan invasi yang dilancarkan Turki ke Siprus sebagai akibat dari upaya tersebut pada akhirnya memicu efek domino yang berujung pada tumbangnya junta Yunani dan pengangkatan pemerintahan sementara yang disebut "pemerintahan persatuan nasional" yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Konstantinos Karamanlis. Karamanlis melegalkan Partai Komunis Yunani dan mendirikan Partai Demokrasi Baru, sebuah partai berhaluan tengah-kanan yang pada akhirnya menang besar dalam pemilu tahun 1974.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]