Ruhollah Khomeini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ayatollah
Ruhollah Musavi Khomeini
Pemimpin Agung Republik Islam Iran ke-1
Masa jabatan
3 Desember 1979 – 3 Juni 1989
Presiden Abolhassan Banisadr
Mohammad Ali Rajai
Ali Khamenei
Perdana Menteri Mohammad Ali Rajai
Mohammad-Javad Bahonar
Mohammad-Reza Mahdavi Kani (sementara)
Mir-Hossein Mousavi
Didahului oleh (Tidak ada; jabatan pertama)
Digantikan oleh Ali Khamenei
Informasi pribadi
Lahir 24 September 1902
Khomein, Provinsi Markazi
Meninggal 3 Juni 1989 (umur 86)
Tehran, Iran
Suami/istri Khadijeh Saqafi Khomeini
Anak Mostafa
Zahra
Sadiqeh
Faridah
Ahmad
Agama Islam Syiah

Sayyid Ayatollah Ruhollah Khomeini (lahir di Khomein, Provinsi Markazi, 24 September 1902 – meninggal di Tehran, Iran, 3 Juni 1989 pada umur 86 tahun) ialah tokoh Revolusi Iran dan merupakan Pemimpin Agung Iran pertama.

Kehidupan dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lahir di Khomein, Provinsi Markazi, Iran. Ia kemudian belajar teologi di kota Arak dan kemudian di kota Qom, ia mengambil tempat tinggal permanen.

Politik[sunting | sunting sumber]

Khomeini mulai membangun dasar politik untuk melawan keluarga kerajaan Iran, khususnya Shah Reza Pahlevi. Uji politik pertama yang sesungguhnya tiba pada tahun 1962 saat pemerintahan Shah Reza Pahlevi berhasil mendapatkan RUU yang mencurahkan beberapa kekuasaan pada dewan provinsi dan kota. Saat itu sejumlah pengikut Islam Syiah keberatan kepada perwakilan yang baru dipilih dan tak diwajibkan bersumpah dengan menggunakan al-Qur'an, namun pada tiap teks ayat al-Qur'an yang dipilihnya. Khomeini kemudian menggunakan kemarahan ini dan mengatur pemogokan di seluruh negara yang menimbulkan penolakan pada RUU saat itu.

Khomeini kemudian menggunakan posisi yang kuat untuk menyampaikan khotbah dari Faiziyveh School yang menuduh negara berkolusi dengan Israel.

Penangkapan[sunting | sunting sumber]

Penangkapannya yang tidak terelakkan oleh polisi rahasia Iran, SAVAK, hampir memancing kerusuhan besar-besaran dan menimbulkan reaksi kekerasan oleh pihak aparat keamanan yang mengakibatkan kematian ribuan orang.

Pengasingan[sunting | sunting sumber]

Khomeini terus susah selama berada dalam pengasingan. Pada peringatan pertama setelah kerusuhan tahun 1962, pasukan Shah Reza Pahlevi bergerak ke kota Qom, menahan Imam sebelum mengirimnya ke pembuangan di Turki tahun 1964. Ia tinggal sebentar di sana selama sebelum pindah ke Irak di mana melanjutkan pergolakan untuk jatuhnya rezim Shah. Pada 1978 pemerintahan Shah meminta Irak untuk mengusirnya dari Najaf, lalu ia menuju Paris selama sementara profilnya berkembang sebagai refleksi langsung kejatuhan Shah. Peringatan menggelikan yang berlangsung di Kota Persepolis mulai berciut dengan orang banyak

Revolusi Iran[sunting | sunting sumber]

Menyusul rangkaian kekacauan keluarga Shah Reza Pahlevi meninggalkan Iran pada bulan Februari 1979, memuluskan jalan untuk kembalinya Khomeini dari pengasingan selama 15 tahun. Disambut oleh ratusan ribu masyarakat di Bandara Mehrabad dan ribuan lebih masyarakat yang berjajar sepanjang jalan setelah tiba dari Teheran. Khomeini sudah sepantasnya memandang Iran sebagaimana dirinya, dan Khomeini menjadi pemimpin agung. Teheran menjadi pusat pemerintahan, jauh dari kota Qom.

Perang Irak - Iran[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1980 Irak menyerang Iran. Perang itu berlangsung selama 8 tahun. Perang yang menghancurkan jutaan kaum muslimin pada tiap kedua negara tanpa ada keuntungannya sedikitpun.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Khomeini meninggal di Teheran pada tanggal 3 Juni 1989.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
-
Pemimpin Agung Iran Digantikan oleh:
Ayatollah Ali Khamenei