Tirai Besi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tirai Besi digambarkan dengan garis hitam. Negara anggota Pakta Warsawa ditandai denganwarna merah; negara anggota NATO ditandai dengan warna biru; sedangkan negara netral berwarnaabu-abu. Titik hitam adalah Berlin. Yugoslavia, meskipun dipimpin komunis, namun tetap independen dari kedua kubu. Komunis Albania memutus hubungan dengan Uni Soviet awal 1960-an, dan menggabungkan diri dengan China setelah Perpecahan Sino-Soviet, diwarnai arsir abu-abu.

Konsep Tirai Besi melambangkan batas-batas ideologi dan fisik yang membagi Eropa ke dalam dua wilayah terpisah dari akhir Perang Dunia II pada 1945 hingga akhir Perang Dingin pada 1991. Di tiap sisi Tirai Besi, negara-negara membangun sekutu-sekutu militer dan ekonomi internasional masing-masing:

Tirai Besi mengambil bentuk pertahanan perbatasan antara negara-negara Eropa Barat dan Eropa Timur, terutama Tembok Berlin, yang berperan sebagai lambang panjang Tirai secara keseluruhan.[1]

Ide Tirai Besi dimulakan di Hungaria pada musim panas 1989 (misalnya: Penghilangan pagar perbatasan Hungaria dan Piknik Pan-Eropa) ketika ribuan Orang Jerman Timur beremigrasi ke Jerman Barat melalui Hungaria pada 11 September, yang melatardepani runtuhnya Tembok Berlin.

Referensi[sunting | sunting sumber]