Doktrin Carter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dokumen yang terkait dengan Doktrin Carter

Doktrin Carter adalah kebijakan yang diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter dalam Pidato State of the Union tanggal 23 Januari 1980. Inti doktrin ini adalah Amerika Serikat akan menggunakan kekuatan militernya untuk mempertahankan kepentingan nasionalnya di Teluk Persia bila diperlukan.

Ini merupakan tanggapan atas intervensi Afghanistan oleh Uni Soviet tahun 1979. Doktrin ini bertujuan mencegah Uni Soviet—musuh Amerika Serikat pada Perang Dingin—menciptakan hegemoni di kawasan Teluk Persia.

Kalimat utama yang ditulis oleh Zbigniew Brzezinski, Penasihat Keamanan Nasional Presiden Carter, menyimpulkan isi doktrin ini:

Kami perjelas posisi kami: Upaya apapun oleh pasukan asing untuk mengendalikan kawasan Teluk Persia dianggap sebagai serangan terhadap kepentingan vital Amerika Serikat, dan serangan tersebut akan ditangkal dengan segala cara, termasuk serangan militer.

Brzezinski menyusun kalimatnya sesuai Doktrin Truman,[1] dan memaksa agar kalimat tersebut dimasukkan ke pidato State of the Union "agar mengirimkan pesan yang jelas bahwa Uni Soviet harus menjauhkan diri dari Teluk PErsia".[2]

Dalam The Prize: The Epic Quest for Oil, Money, and Power, Daniel Yergin menulis bahwa Doktrin Carter "sangat mirip" dengan deklarasi Britania Raya tahun 1903. Saat itu, Menteri Luar Negeri Lord Landsdowne memperingatkan Rusia dan Jerman bahwa Britania Raya akan "menganggap pembangunan pangkalan angkatan laut atau benteng di Teluk Persia oleh negara lain sebagai ancaman besar terhadap kepentingan Britania, dan kami tentunya harus menolaknya dengan segala cara sebisa mungkin".[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brzezinski, Zbigniew. Power and Principle: Memoirs of the National Security Adviser, 1977-1981. New York: Farrar, Straus, Giroux, 1983. ISBN 0-374-23663-1. pg. 444.
  2. ^ A Cold War Legacy of Persian Gulf Conflict, Artsandmedia.net, March 19, 2003, diakses tanggal 2008-10-16 
  3. ^ (Yergin 1991, hlm. 140, 702)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Meiertöns, Heiko (2010): The Doctrines of US Security Policy - An Evaluation under International Law, Cambridge University Press, ISBN 978-0-521-76648-7.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Jimmy Carter