Konferensi Jenewa (1954)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk peristiwa lainnya dengan nama yang sama, lihat Konferensi Jenewa.

Konferensi Jenewa (April 26 – 20 Juli 1954[1]) adalah sebuah konferensi yang berlangsung di Jenewa, Swiss, yang tujuannya adalah untuk mencoba untuk menemukan cara untuk menyatukan Vietnam dan mendiskusikan kemungkinan memulihkan perdamaian di Indocina.[2] Uni Soviet, Amerika Serikat, Perancis, Inggris, dan Republik Rakyat Tiongkok adalah peserta seluruh seluruh konferensi sementara negara-negara yang berbeda berkaitan dengan dua pertanyaan juga diwakili dalam pembahasan pertanyaan masing-masing, yang termasuk negara-negara yang mengirim pasukan melalui PBB untuk perang Korea dan berbagai negara yang mengakhiri Perang Indochina Pertama antara Prancis dan Minh Việt. Bagian dari konferensi pada pertanyaan Korea berakhir tanpa mengadopsi setiap deklarasi atau proposal. Beberapa peserta dan analis menyalahkan AS karena memiliki gerakan terhalang menuju penyatuan Korea sebagai negara Komunis. Pada Indocina, konferensi menghasilkan seperangkat dokumen yang dikenal sebagai Kesepakatan Jenewa. Perjanjian ini dipisahkan Vietnam menjadi dua zona, zona utara untuk diatur oleh Viet Minh, dan zona selatan untuk diatur oleh Negara Vietnam, kemudian dipimpin oleh mantan kaisar bao Đài. Sebuah “Konferensi Deklarasi Akhir”, yang dikeluarkan oleh ketua British konferensi, disediakan bahwa “pemilihan umum” akan diselenggarakan pada bulan Juli 1956 untuk menciptakan negara Vietnam bersatu. Meskipun disajikan sebagai pandangan konsensus, dokumen ini tidak diterima oleh delegasi dari kedua Vietnam Selatan atau Amerika Serikat. Selain itu, tiga perjanjian gencatan senjata terpisah, meliputi Kamboja, Laos, dan Vietnam, telah ditandatangani di konferensi.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Young, Marilyn (1991). The Vietnam Wars: 1945-1990. New York: HarperPerennial. hlm. 41. ISBN 978-0-06-092107-1. 
  2. ^ "Indochina - Midway in the Geneva Conference: Address by the Secretary of State". Avalon Project. Yale Law School. 7 Mei 1954. Diakses tanggal 29 April 2010. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Asselin, Pierre. "The Democratic Republic of Vietnam and the 1954 Geneva Conference: a revisionist critique." Cold War History (2011) 11#2 pp: 155-195.
  • Hannon Jr, John S. "Political Settlement for Vietnam: The 1954 Geneva Conference and Its Current Implications, A." Virginia Journal of International Law 8 (1967): 4.
  • Turner, Robert F. (1975). Vietnamese Communism: Its Origins and Development. Hoover Institution Publications. ISBN 0-8179-1431-6. 
  • Waite, James. The End of the First Indochina War: A Global History (2013)
  • Young, Kenneth T. The 1954 Geneva Conference: Indo-China and Korea (Greenwood Press, 1968)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]