Komunisme Goulash

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Komunisme Goulash (bahasa Hongaria: gulyáskommunizmus) atau Kadarisme[1] (diambil dari nama János Kádár) adalah ideologi komunisme yang dipraktikkan di Republik Rakyat Hongaria dari tahun 1960-an hingga jatuhnya komunisme di Eropa Tengah pada tahun 1989. Dengan unsur ekonomi pasar bebas dan penghargaan hak asasi manusia yang lebih baik, "Komunisme Hongaria" cukup menyimpang dari asas-asas yang berlaku di Uni Soviet. Di bawah kepemimpinan János Kádár, pemerintah Hongaria secara perlahan mengurangi tindakan polisi rahasia yang berlebihan dan mencabut pembatasan-pembatasan yang diberlakukan pada masa Mátyás Rákosi. Sebagai gantinya, pemerintah memperkenalkan kebijakan ekonomi dan budaya yang relatif liberal dengan tujuan untuk mengurangi permusuhan terhadap pemerintahan Kádár.[2] Berkat kebijakan-kebijakan ini, Hongaria menjadi negara komunis di Eropa Timur dengan ekonomi yang relatif baik bila dibandingkan dengan negara-negara komunis lainnya. Kebutuhan-kebutuhan dasar di Hongaria tersedia, sementara di negara-negara komunis tetangga orang harus mengantre untuk mendapat barang tersebut pada tahun 1960-an dan 1970-an.

Istilah ini merupakan metafor setengah humor yang berasal dari kata "goulash", yaitu makanan yang populer di Hongaria. Goulash dibuat dari bahan-bahan yang tidak biasa, sehingga dalam konsep ini "goulash" mewakilkan komunisme Hongaria sebagai ideologi campuran dan bagaimana negara tersebut tidak lagi mengikuti interpretasi Marxisme-Leninisme secara ketat.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William F. Robinson: Kadarism - Is it Here to Stay? Diarsipkan 2011-07-17 di Wayback Machine.
  2. ^ Stokes, Gale. The Walls Came Tumbling Down: The Collapse of Communism in Eastern Europe, (Oxford, 1993), hlm. 81-7.
  3. ^ Watkins, Thayer. "Economic History and the Economy of Hungary". Department of Economics, San José State University.