Perang Saudara Etiopia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perang Saudara Etiopia
Bagian dari Konflik di Tanduk Afrika dan Perang Dingin

Situasi militer selama Perang Saudara Etiopia
Tanggal12 September 1974 – 28 Mei 1991
(16 tahun, 8 bulan, 3 minggu dan 2 hari)
LokasiEtiopia dan Eritrea
Hasil

Kemenangan pemberontak

Perubahan
wilayah
Kemerdekaan Eritrea; Etiopia menjadi negara yang terkurung daratan.
Pihak terlibat

EPRDF

EPRP
MEISON (dari 1977)
EDU
OLF
WSLF
ALF
ONLF[1]
Separatis Eritrea:

Didukung oleh:
Libya[2]
Somalia[3]
 Suriah[4][5]
Irak[6]
 Arab Saudi[7]
Derg (1974–1987)
Etiopia
Didukung oleh:
 Uni Soviet[8][9][10] (1974–1990)
 Kuba (1974–1990)
 Yaman Selatan (1974–1990)
 Korea Utara
 Israel[11] (dari 1990)
Tokoh dan pemimpin
Meles Zenawi
Tsadkan Gebretensae
Isaias Afwerki
Elemo Qiltu 
Mengistu Haile Mariam
Tesfaye Gebre Kidan
Fisseha Desta
Kekuatan
141,000 (1991)
110,000 (1990)[12]
13,000 (1991)[13]
230,000 (1991)
Korban
~400,000–579,000 terbunuh[14][15][16]
~1,200,000 meninggal karena kelaparan[14][15][17]

Perang Saudara Etiopia adalah perang saudara di Etiopia dan Eritrea saat ini, yang terjadi antara junta militer Etiopia yang dikenal sebagai Derg dan pemberontak anti-pemerintah dari 12 September 1974 hingga 28 Mei 1991.

Perang Saudara Etiopia menewaskan sedikitnya 1,4 juta orang, dengan 1 juta kematian terkait kelaparan dan sisanya akibat pertempuran dan kekerasan lainnya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kekaisaran Etiopia menjadi tidak stabil secara politik mulai tahun 1960-an di bawah pemerintahan Kaisar Haile Selassie, yang pemerintahannya menjadi sangat tidak populer di kalangan rakyat biasa Etiopia di semua lapisan masyarakat karena kualitas hidup yang stagnan, lambatnya pembangunan ekonomi, dan pelanggaran hak asasi manusia. Meskipun Selassie merupakan tokoh budaya populer yang berupaya memdernisasi Etiopia, reformasi yang dilakukannya tidak efektif. Pemerintahannya semakin dipandang sebagai upaya mempertahankan sistem politik feodal Ethiopia yang sangat berpihak pada kaum bangsawan Ethiopia, yang secara rutin menolak reformasinya. Pada bulan Desember 1960, sekelompok politisi tingkat tinggi dan perwira militer berusaha menggulingkan Haile Selassie dan melembagakan pemerintahan progresif di bawah putranya, Putra Mahkota Asfaw Wossen, untuk menyelesaikan masalah ekonomi dan politik Ethiopia. Namun, kudeta tersebut berhasil dipadamkan dan dengan cepat dikalahkan oleh kaum loyalis, sehingga mempertahankan status quo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1970an[sunting | sunting sumber]

Revolusi Etiopia[sunting | sunting sumber]

Deposisi Haile Selassie di Istana Jubilee pada 12 September 1974

Pada 12 September 1974, Haile Selassie dan pemerintahannya digulingkan oleh Derg, sebuah komite non-ideologis yang terdiri dari perwira berpangkat rendah dan tamtama di Angkatan Darat Ethiopia yang menjadi junta militer yang berkuasa. Pada tanggal 21 Maret 1975, Derg menghapuskan monarki dan mengadopsi Marxisme–Leninisme sebagai ideologi resmi mereka, menetapkan diri mereka sebagai pemerintahan sementara untuk proses pembangunan negara sosialis di Etiopia. Putra Mahkota diasingkan di London, tempat tinggal beberapa anggota Dinasti Salomo lainnya, sementara anggota lain yang berada di Etiopia pada saat revolusi dipenjarakan. Haile Selassie, putrinya dari pernikahan pertamanya Putri Ijigayehu, saudara perempuannya Putri Tenagnework, dan banyak keponakan, kerabat dekat, dan mertuanya termasuk di antara mereka yang ditahan. Pada tanggal 27 Agustus 1975, Haile Selassie meninggal secara misterius dalam tahanan di Istana Jubilee di Addis Ababa.[18][19] Pada tahun itu, sebagian besar industri dan kepemilikan real estat perkotaan swasta dinasionalisasi oleh rezim Derg. Aset-aset bekas keluarga kerajaan semuanya disita dan dinasionalisasi dalam program yang dirancang untuk menerapkan ideologi negara sosialisme.

Teror Merah Etiopia[sunting | sunting sumber]

Derg tidak sepenuhnya menguasai negara tersebut, dan kekosongan kekuasaan yang terjadi kemudian menimbulkan tantangan terbuka dari banyak kelompok oposisi sipil. Pemerintah Etiopia telah memerangi separatis Eritrea dalam Perang Kemerdekaan Eritrea sejak tahun 1961, dan kini menghadapi kelompok pemberontak lain mulai dari Uni Demokratik Etiopia (EDU) yang konservatif dan pro-monarki, hingga Partai Revolusioner Rakyat Etiopia (EPRP) yang beraliran Marxis-Leninis (EPRP), dan Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF). Pada tahun 1976, Derg menghasut Qey Shibir (Teror Merah Etiopia), sebuah kampanye represi politik dengan kekerasan yang terutama menargetkan EPRP dan kemudian Gerakan Sosialis Seluruh Etiopia (MEISON), dalam upaya untuk mengkonsolidasikan kekuatan mereka. Qey Shibir meningkat pada tanggal 3 Februari 1977 setelah pengangkatan Mengistu Haile Mariam sebagai Ketua Derg, yang mengambil sikap garis keras terhadap lawannya. Perang gerilya kota memperlihatkan taktik brutal yang digunakan oleh semua pihak, termasuk eksekusi, pembunuhan, penyiksaan dan pemenjaraan tanpa pengadilan. Pada bulan Agustus 1977, EPRP dan MEISON hancur, dengan kepemimpinan mereka yang mati atau melarikan diri ke pedesaan untuk melanjutkan aktivitas mereka di wilayah benteng, namun meskipun demikian, Derg tidak berhasil mengkonsolidasikan kekuatan mereka seperti yang diharapkan. Ironisnya, sebagian besar dari sekitar 30.000 hingga 750.000 korban Qey Shibir diyakini tidak bersalah, dan kekerasan serta kerusakan yang terjadi mengejutkan banyak warga Etiopia yang mendukung kelompok pemberontak. Saat ini banyak warga sipil yang masih hilang dan diperkirakan telah dibunuh secara sistematis oleh Derg namun belum ditemukan.

Perang Ogaden[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Juli 1977, Perang Ogaden dipicu ketika Republik Demokratik Somalia menginvasi Ethiopia untuk mencaplok Ogaden dan bekas kawasan Cadangan, wilayah perbatasan yang didominasi penduduk Somalia. Sebulan sebelumnya, Mengistu menuduh Somalia menyusup ke tentara Tentara Nasional Somalia (SNA) ke Ogaden untuk berperang bersama Front Pembebasan Somalia Barat (WSLF), dan meskipun banyak bukti yang menyatakan sebaliknya, pemimpin Somalia Siad Barre membantah keras hal ini dengan menyatakan "sukarelawan" SNA diizinkan untuk membantu WSLF. Meskipun kedua negara tersebut adalah negara komunis yang didukung Soviet, Barre berusaha memanfaatkan kelemahan Ethiopia sejak revolusi tahun 1974 untuk memasukkan Ogaden ke dalam platform nasionalisme Somalia dan pan-Somalisme. Di bawah Derg, Ethiopia menjadi sekutu terdekat Pakta Warsawa di Afrika dan salah satu negara dengan persenjataan terbaik di kawasan ini berkat bantuan militer, terutama dari Uni Soviet, Libya, Jerman Timur, Israel, Kuba, dan Korea Utara. Orang Etiopia mampu mengalahkan tentara Somalia pada bulan Maret 1978, meskipun hanya dengan bantuan militer besar-besaran dari Uni Soviet dan Kuba, namun perang tersebut menghabiskan sumber daya yang berharga.

1980an[sunting | sunting sumber]

Wilayah operasi berbagai kelompok pemberontak selama perang. Gerakan EPRDF di Addis Ababa ditunjukkan dengan panah merah.

Derg dalam upayanya untuk memperkenalkan cita-cita sosialis sepenuhnya, memenuhi slogan utamanya yaitu "Tanah untuk Penggarap", dengan mendistribusikan kembali tanah di Ethiopia yang dulunya milik tuan tanah kepada petani yang mengolah tanah. Meskipun hal ini dibuat tampak seperti redistribusi yang adil dan hanya, salah urus, korupsi, dan permusuhan umum terhadap pemerintahan Derg yang penuh kekerasan dan keras ditambah dengan dampak yang menguras tenaga dari peperangan yang terus-menerus, gerakan gerilya separatis di Eritrea dan Tigray, mengakibatkan penurunan drastis produktivitas umum tanaman pangan dan tanaman komersial. Meskipun Etiopia seringkali rentan terhadap kekeringan kronis, tidak ada seorang pun yang siap menghadapi skala kekeringan dan kelaparan tahun 1983–1985 yang melanda negara tersebut pada pertengahan tahun 1980an, yang diperkirakan menyebabkan 400.000–590.000 orang meninggal.[20] Ratusan ribu orang melarikan diri dari kesengsaraan ekonomi, wajib militer dan penindasan politik, dan tinggal di negara-negara tetangga dan di seluruh dunia Barat, sehingga menciptakan komunitas diaspora Etiopia untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Pemberontakan terhadap pemerintahan Derg bermunculan dengan ganas, khususnya di wilayah utara Tigray dan Eritrea yang menginginkan kemerdekaan dan di beberapa wilayah di Ogaden. Ratusan ribu orang terbunuh akibat deportasi paksa Qey Shibir. Derg melanjutkan upayanya untuk mengakhiri pemberontakan dengan kekuatan militer dengan memulai beberapa kampanye melawan pemberontak internal dan Front Pembebasan Rakyat Eritrea (EPLF), yang paling penting adalah Operasi Shiraro, Operasi Lash, Operasi Bintang Merah, dan Operasi Adwa, yang dipimpin oleh hingga kekalahan telaknya dalam Pertempuran Shire pada tanggal 15–19 Februari 1989 yang akhirnya berujung pada kemerdekaan Eritrea. Hal ini menandai berakhirnya kekuasaan Derg.

1990an[sunting | sunting sumber]

Situasi militer selama Perang Saudara Ethiopia

Pada Mei 1991, pemerintahan Mengistu digulingkan oleh pejabatnya sendiri dan koalisi pasukan pemberontak, Front Demokratik Revolusioner Rakyat Ethiopia (EPRDF), setelah upaya mereka untuk menguasai ibu kota Addis Ababa berhasil. Ada kekhawatiran bahwa Mengistu akan berusaha berjuang sampai titik darah penghabisan demi ibu kota, namun setelah intervensi diplomatik oleh Amerika Serikat, ia melarikan diri ke rumah sakit jiwa di Zimbabwe, di mana ia masih tinggal.[21] Rezim hanya bertahan seminggu setelah penggulingannya sebelum EPRDF menyerbu ibu kota dan merebut Addis Ababa.

EPRDF segera membubarkan Partai Pekerja Ethiopia dan tidak lama kemudian menangkap hampir semua pejabat Derg paling terkemuka yang masih berada di negara tersebut. Pada bulan Desember 2006, 72 pejabat Derg dinyatakan bersalah melakukan genosida.[22] Tiga puluh empat orang diadili, 14 orang lainnya tewas dalam proses yang panjang tersebut dan 25 orang, termasuk Mengistu, diadili secara in-absentia.[23] Peristiwa ini menandai berakhirnya kekuasaan sosialis di Ethiopia. Ethiopia kemudian menganut demokrasi federal untuk mewakili banyak kelompok etnis yang tinggal di negara tersebut.

Revolusi Tani di Etiopia[sunting | sunting sumber]

Anggota Senior Derg Mengistu Haile Mariam, Tafari Benti, dan [[]Atnafu Abate]].

Tidak banyak informasi mendalam yang tersedia tentang revolusi, namun buku Revolusi Tani di Etiopia (Peasant Revolution in Ethiopia) oleh John Young memberikan informasi rinci tentang revolusi, mengapa revolusi dimulai, bagaimana Derg mempengaruhi negara, dan peran populasi petani di Tigray dan Eritrea.

Korban dan dampak[sunting | sunting sumber]

Tengkorak sisa Teror Merah (Etiopia) di Museum Monumen Para Martir "Teror Merah" di Addis Ababa

Perang Saudara di Etiopia menyebabkan sedikitnya 1,4 juta orang tewas, 1 juta diantaranya disebabkan oleh kelaparan dan sisanya akibat kekerasan dan konflik, yang merupakan sepertiga dari jumlah penduduk.[24][25] Hal ini juga berdampak pada lahan dan pertanian serta pembalikan sistem feodal sebelumnya dan penerapan reformasi yang dinasionalisasi menyebabkan petani kehilangan 75% produksinya karena tuan tanah.[26] Total tutupan hutan di Provinsi Wollo kira-kira 2,2% dari total luas wilayah pada tahun 1980, dan di Tigray 0,5%, penurunan sekitar 50% sejak tahun 1960. Erosi tanah biasanya terjadi pada lapisan atas tanah sekitar 100 ton per hektar per tahun. Erosi tersebut dapat menghentikan produksi biji-bijian sebesar 120.000 ton per tahun di Provinsi Wollo.[27]

Selama enam tahun pertama, produksi pangan juga meningkat sebesar 6%. Produksi tanaman menurun sebesar 12,2% per tahun dari tahun 1982 hingga 1984. Dengan bencana kelaparan tahun 1983–1985, sepuluh juta orang terkena dampak lima kali lipat dari kekeringan tahun 1973.[26]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ethiopia: Crackdown in East Punishes Civilians (Human Rights Watch, 4-7-2007)
  2. ^ "The Political Crisis in Ethiopia and the Role of the United States". 
  3. ^ Spencer C. Tucker, A Global Chronology of Conflict: From the Ancient World to the Modern Middle East, 2009. halaman 2402
  4. ^ Historical Dictionary of Eritrea, 2010. Page 492
  5. ^ Oil, Power and Politics: Conflict of Asian and African Studies, 1975. Page 97.
  6. ^ Ciment, James. Encyclopedia of Conflicts Since World War II. 
  7. ^ Ciment, James. Encyclopedia of Conflicts Since World War II. 
  8. ^ New York Times
  9. ^ Der Spiegel
  10. ^ "Attempts to distort history". www.shaebia.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2008. Diakses tanggal 15 January 2022. 
  11. ^ "Ethiopia-Israel". country-data.com. Diakses tanggal 2014-10-26. 
  12. ^ "Eritrea (01/06)". 
  13. ^ Schmid & Jongman, 2005: 538-539.
  14. ^ a b A Victory Tempered By Sorrow, Carlos Sanchez, Washington Post, 26 Mei 1991
  15. ^ a b Mengistu Leaves Ethiopia in Shambles, Neil Henry, Washington Post, 22 Mei 1991
  16. ^ Fifty Years of Violent War Deaths from Vietnam to Bosnia. Ziad Obermeyer, British Medical Journal (2008)
  17. ^ Knives Are Out For A Bloodstained Ruler, Louis Rapoport, Sydney Morning Herald (dari The New Republic) 28 April 1990.
  18. ^ Reuters (22 May 1988). "Ethiopia Frees 7 Relatives of Haile Selassie". The New York Times. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 8 January 2017. 
  19. ^ Perlez, Jane (3 September 1989). "Ethiopia Releases Prisoners From Haile Selassie's Family". The New York Times. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 8 January 2017. 
  20. ^ De Waal, Alexander (1991). Evil Days: Thirty Years of War and Famine in Ethiopia. Human Rights Watch. hlm. 175. ISBN 9781564320384. Diakses tanggal 20 May 2015. 
  21. ^ "Ethiopia: Uncle Sam Steps In", Time 27 May 1991. (accessed 14 May 2009)
  22. ^ Bloomfield, Steve (13 December 2006). "Mengistu found guilty of Ethiopian genocide". The Independent (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 8 January 2017. 
  23. ^ "BBC NEWS | Africa | Mengistu found guilty of genocide". news.bbc.co.uk. 12 December 2006. Diakses tanggal 8 January 2017. 
  24. ^ Millward, Steve (2016-04-20). Fast Forward: Music And Politics In 1974 (dalam bahasa Inggris). Troubador Publishing Ltd. ISBN 978-1-78589-158-8. 
  25. ^ "EVIL DAYS - Human Rights Watch" (PDF). 20 August 2022. 
  26. ^ a b Gupta, Vijay (1978). "The Ethiopian Revolution: Causes and Results". India Quarterly. 34 (2): 158–174. doi:10.1177/097492847803400203. ISSN 0974-9284. JSTOR 45071379. 
  27. ^ Lanz, Tobias J. (1996). "Environmental Degradation and Social Conflict in the Northern Highlands of Ethiopia: The Case of Tigray and Wollo Provinces". Africa Today. 43 (2): 157–182. ISSN 0001-9887. JSTOR 4187094. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]