USS Pueblo (AGER-2)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
USS Pueblo di Sungai Taedong di Pyongyang , di mana kapal ini digunakan sebagai museum kapal

USS Pueblo (AGER-2) adalah kapal intelijen milik Amerika Serikat. Pada tanggal 23 Januari 1968 terjadi Insiden Pueblo dimana Angkatan Laut Korea Utara menangkap kapal ini.

Kapal diproduksi di Wisconsin dan US Army pada tanggal 16 April 1944 sebagai kapal kargo, yang dibeli dengan nama FP-344. U. S. Angkatan Laut kapal USS Pueblo pada tahun 1966 dan namanya diubah menjadi masa lalu. Sebelumnya digunakan sebagai kapal kargo sebagai kapal yang dilengkapi dengan kecerdasan dan mata-mata. Ager pada tahun 1967 dengan nama kapal bersama dengan kantor mengambil mata-mata dalam program keamanan nasional.

Penangkapan Kapal[sunting | sunting sumber]

Korea Utara menyatakan bahwa kapal ini menyusup ke perairan teritorial mereka, tetapi Amerika Serikat menyatakan bahwa kapal itu masih di perairan internasional pada saat kejadian. USS Pueblo masih dipegang oleh Korea Utara hingga hari ini. Saat ini ditambatkan di sepanjang Sungai Taedong di Pyongyang , di mana kapal ini digunakan sebagai museum kapal . Ini adalah kapal hanya dari Angkatan Laut Amerika Serikat yang saat ini sedang ditawan Korea Utara.

USS Pueblo saat disergap Angkatan Laut Korea Utara

Pueblo, Wonsan'daki port ditarik dan kru yang diambil tawanan perang. Tentara AS akan diperlakukan di kamp. Surat permintaan maaf resmi dan kegiatan spionase yang dilakukan oleh pemerintah AS setelah pemerintah AS mengakui bahwa kegiatan serupa tidak akan membuat laporan lebih lanjut pada pemerintah Korea Utara merilis 82 awak. 11 bulan tetap dalam penahanan, para prajurit akan dikirim ke Korea Selatan pada tanggal 23 Desember 1968. Perintah dari komandan U. S. kapal Angkatan Laut dan pengadilan militer akan menjadi penyelidikan kru akan ditawarkan. Namun, komandan Angkatan Laut akan menolak permintaan ini. Kapal komandan Bucher dan karir militer akan terus ditemukan tidak bersalah sebagai hasil dari penyelidikan dan akan pensiun. Pertanyaan yang diajukan mengenai penangkapan kontak pertama kapal dengan kapal-kapal Korea Utara diberi tugas tugas penyerangan, termasuk ketentuan tidak boleh diberikan masalah banyak dibahas. Selain itu, kapten kapal dalam krisis internasional di çıkartmaması tembihlidir. Kapten Bucher akan mati pada tahun 2004. USS Pueblo masih di Korea Utara. Kapal ini kemudian dijadikan Musium kapal sebagai simbol kekuatan angkatan laut Korea Utara yang berhasil mengalahkan musuhnya.

Museum Kapal[sunting | sunting sumber]

Setelah memastikan USS Pueblo di Pyongyang telah menjadi salah satu daerah wisata paling penting untuk mengunjungi. kapal Museum menjadi panduan melalui entri, pengunjung ke kapal kapal sedang menonton sebuah film pendek yang menjelaskan sejarah dan peristiwa. Setiap bagian, dan khususnya dengan bagian tentang kapal untuk mengunjungi tempat dan berfoto. Kapal ini kemudian dijadikan simbol kekuatan angkatan laut Korea Utara yang berhasil mengalahkan musuhnya