James A. Garfield

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
James Abram Garfield
James Abram Garfield, photo portrait seated.jpg
Presiden Amerika Serikat ke-20
Masa jabatan
4 Maret 1881 – 19 September 1881
Wakil PresidenChester A. Arthur
PendahuluRutherford B. Hayes
PenggantiChester A. Arthur
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat A.S.
dari dapil ke-19 Ohio
Masa jabatan
4 Maret 1863 – 3 Maret 1881
PendahuluAlbert Riddle
PenggantiEzra Taylor
Informasi pribadi
Lahir19 November 1831
Moreland Hills, Ohio
Meninggal dunia19 September 1881(1881-09-19) (umur 49)
Elberon (Long Branch), New Jersey
KebangsaanAmerika
Partai politikRepublik
PasanganLucretia Rudolph Garfield
PekerjaanPengacara
Pendidik
Tanda tangan

James Abram Garfield (lahir di Moreland Hills, Ohio, 19 November 1831 – meninggal di Elberon (Long Branch), New Jersey, 19 September 1881 pada umur 49 tahun) adalah seorang mayor jenderal Tentara Amerika Serikat, anggota Kongres Amerika Serikat, Presiden Amerika Serikat yang ke-20[1]. Dengan masa jabatan tahun 1881 selama empat bulan. Ia terbunuh pada masa jabatannya dan digantikan oleh wakilnya, Chester Arthur[2].

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

James Garfield lahir pada 19 November 1831 dalam sebuah pondok di negara bagian Ohio[3]. Ia adalah anak bungsu dari empat bersaudara.[butuh rujukan] Ayahnya, seorang petani, meninggal dunia pada saat Garfield berumur dua tahun[4]. Garfield lalu bekerja di ladang hingga ia berumur 16 tahun dan kemudian pergi ke sebuah kota di dekat kampungnya dan bekerja di sebuah kapal terusan[5].

Karier pemerintahan dan militer[sunting | sunting sumber]

Pendapatannya dari hasil bekerja di kapal itu ia gunakan untuk membiayai pendidikannya.[butuh rujukan]

Pada 1856, ia menamatkan sekolah tingginya dan menjadi maha guru dalam bidang bahasa dan sastra kuno selama tiga tahun[6].

Pada 1859 di usia 28 tahun, Garfield terpilih menjadi anggota Senat negara bagian Ohio mewakili Partai Republik[7].

Pada 1861, kala Perang Saudara pecah di Amerika, James Garfield mengundurkan diri dari dunia politik untuk turut mendirikan resimen tentara sukarela Amerika Serikat.[butuh rujukan] Garfield lalu diangkat menjadi Letnan Kolonel resimen tersebut walaupun ia tidak mempunyai pengalaman militer sama sekali.[butuh rujukan] Tak lama setelahnya pangkatnya naik menjadi Kolonel, dan pada usia 31 tahun ia menjadi Brigadir Jendral, dan Mayor Jendral dua tahun kemudian[8].

Pada 1863 Garfield mengakhiri karier militernya ketika ia terpilih menjadi angota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika, dan terus terpilih kembali selama 18 tahun berturut-turut.[butuh rujukan] Ia pun menjadi tokoh terkemuka Partai Republik di Kongres[9].

Pada 1880, Garfield terpilih menjadi anggota Senat Amerika, pada tahun yang sama ia menjadi calon presiden dari Partai Republik.[butuh rujukan] Garfield tidak pernah menjadi senator karena ia kemudian memenangkan pemilihan presiden dengan selisih 10.000 suara.[butuh rujukan] Garfield berasal dari Partai Republik dan didampingi oleh Chester A. Arthur sebagai wakil presiden.[butuh rujukan]

Masa kepresidenan dan kematian[sunting | sunting sumber]

Pada 1881, empat bulan setelah ia dilantik menjadi presiden, Presiden James Garfield ditembak di stasiun kereta api di Washington D.C. oleh penderita gangguan jiwa yang ingin menjadi pegawai pemerintahan[10]. Presiden James Garfield sebenarnya merencanakan program pembangunan secara besar-besaran, namun rencana tersebut ikut mati bersamanya.[butuh rujukan] Selama tiga bulan sakit parah akibat luka tembakan tersebut, ia tidak pernah pulih lagi. Presiden James Garfield menghembuskan napas terakhir pada 19 September 1881[11].

Posisinya sebagai presiden lalu digantikan oleh wakilnya, C.A. Arthur.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Buku Presiden - Presiden Amerika Serikat, diterbitkan oleh Dinas Penerangan dan Kebudayaan Amerika Serikat, Jakarta (2003)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]