Pokémon Red, Blue, dan Yellow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pokémon Red dan Blue)
Kontrollikon 1.0d - Grey.svg
  • Pokémon Red Version
  • Pokémon Blue Version
  • Pocket Monsters: Green
  • Pokémon Yellow Version: Special Pikachu Edition
Pokemon Red-Blue-Green-Yellow cover.jpg
Sampul permainan video
PengembangGame Freak
PenerbitNintendo
PengarahSatoshi Tajiri
Produser
PerancangSatoshi Tajiri
Pemrogram
Seniman
Penulis
  • Satoshi Tajiri
  • Ryosuke Taniguchi
  • Fumihiro Nonomura
  • Hiroyuki Jinnai
KomponisJunichi Masuda
Spesifikasi
PlatformGame Boy
GenreBermain peran
ModePemain tunggal dan jamak
Tanggal rilis
  • Pocket Monsters: Red and Green
    • JP: February 27, 1996
  • Pocket Monsters: Blue
    • JP: October 15, 1996
    (CoroCoro Comic)
    • JP: October 10, 1999
    (retail)
  • Pokémon Red and Blue
    • NA: September 28, 1998
    • AU: 1998
    • EU: October 5, 1999
  • Pocket Monsters: Yellow
    • JP: 12 September 1998
    • AU: 3 September 1999
    • NA: 18 Oktober 1999
    • EU: 16 Juni 2000
Portal Permainan video

Pokémon Red Version dan Pokémon Blue Version adalah permainan video bermain peran yang dirilis pada tahun 1996. Permainan ini dikembangkan oleh Game Freak dan diterbitkan oleh Nintendo untuk Game Boy. Permainan tersebut adalah judul pertama dalam seri permainan video Pokémon. Pada awalnya permainan ini dirilis di Jepang pada tahun 1996 sebagai Pocket Monsters: Red dan Pocket Monsters: Green, dengan edisi khusus Pocket Monsters: Blue yang dirilis di Jepang pada tahun yang sama. Permainan tersebut kemudian dirilis sebagai Pokémon Red dan Pokémon Blue di Amerika Utara dan Australia pada tahun 1998 dan Eropa pada tahun 1999. Pokémon Red dan Pokémon Blue menggabungkan Red/Green/Blue untuk dirilis di luar Jepang.

Pokémon Yellow Version: Special Pikachu Edition, sering disebut sebagai Pokémon Yellow, adalah versi perbaikan yang dirilis di Jepang pada tahun 1998 dan di wilayah lain pada tahun 1999 dan 2000. Remake dari Red and Green, Pokémon FireRed dan LeafGreen, telah dirilis untuk Game Boy Advance pada tahun 2004. Red, Blue, dan Yellow —selain Green di Jepang— dirilis ulang pada layanan Nintendo 3DS Virtual Console di Nintendo eShop sebagai port langsung dari aslinya, pada tahun 2016 sebagai peringatan dari peringatan 20 tahun waralaba.

Pemain mengontrol protagonis dari perspektif atas dan mengarahkannya ke seluruh wilayah fiksi Kanto dalam upaya untuk menguasai pertarungan Pokémon. Tujuan dari permainan ini adalah menjadi juara Liga Indigo dengan mengalahkan delapan Gym Leaders dan kemudian empat pelatih Pokémon teratas di negeri itu, Elite Four. Tujuan lainnya adalah melengkapi Pokédex, sebuah ensiklopedia dalam game, dengan mendapatkan 151 Pokémon yang tersedia. Red dan Blue menggunakan Game Link Cable, yang menghubungkan dua sistem Game Boy bersama-sama dan memungkinkan Pokémon untuk diperdagangkan atau dilawan antar game. Kedua judul tersebut tidak bergantung satu sama lain tetapi menampilkan plot yang sama,[1] dan meskipun dapat dimainkan secara terpisah, pemain perlu saling bertukar di antara kedua game tersebut untuk mendapatkan semua 151 Pokémon asli.

Red dan Blue diterima dengan baik dengan kritik yang memuji opsi multipemain, terutama konsep perdagangan. Mereka menerima skor agregat 89% di GameRankings dan dianggap sebagai salah satu game terhebat yang pernah dibuat, terus-menerus menempati peringkat teratas dalam daftar game termasuk setidaknya empat tahun di "100 Game Teratas Sepanjang Masa" IGN. Rilis game menandai awal dari apa yang akan menjadi franchise bernilai miliaran dolar, bersama-sama menjual lebih dari 300 juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 2009 mereka dinyatakan oleh IGN sebagai "RPG terlaris di Game Boy" dan "RPG terlaris sepanjang masa".

Pokémon Yellow[sunting | sunting sumber]

Dua tahun setelah Red dan Green, Nintendo merilis Pokémon Yellow, versi Red dan Blue yang disempurnakan, di Jepang pada tahun 1998,[2][3] dan di Amerika Utara dan Eropa masing-masing pada tahun 1999 dan 2000.[4][5] Gim ini dirancang menyerupai serial anime Pokémon, dengan pemain menerima Pikachu sebagai Pokémon pemula mereka, dan saingan mereka dimulai dengan Eevee. Beberapa karakter non-pemain mirip dengan yang ada di anime, termasuk Jessie dan James dari Team Rocket.

Pokémon Yellow mengubah dan menyempurnakan beberapa aspek dari game aslinya. Pikachu disediakan sebagai satu-satunya Pokémon pemula bagi pemain dan karakter tersebut diberi suara dan kepribadian yang unik dari Pokémon lain. Karakter secara visual mengikuti di belakang pemain di dunia luar, dan pemain dapat berbalik dan berbicara dengannya. Pikachu dapat tumbuh untuk mencintai atau membenci pemain berdasarkan tindakan mereka; naik level akan membuat Pikachu senang, sementara sering pingsan akan membuatnya tidak bahagia. Fitur yang disempurnakan ini akan digunakan lagi di Pokémon HeartGold dan SoulSilver, remake dari Pokémon Gold and Silver, dan Pokémon: Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee!, remake dari Pokémon Yellow.[6] Yellow menyertakan minigame "Surfing Pikachu" yang hanya dapat diakses oleh pemain yang memenangkan kontes Nintendo atau menyelesaikan tantangan di game lain, Pokémon Stadium.[7] Yellow juga memiliki grafik yang sedikit lebih baik dari pendahulunya dan dapat mencetak entri Pokédex ke stiker menggunakan Printer Game Boy.

Pokémon Yellow dikembangkan oleh Game Freak dan pertama kali memulai pengembangan setelah selesainya Pokémon Blue versi Jepang saja, yang dengan sendirinya mengikuti Pokémon Red dan Green versi Jepang saja. Pekerjaan pada Pokémon Yellow berlangsung sezaman dengan siklus pengembangan yang panjang dari Pokémon Gold dan Silver. Nintendo mungkin sedang mempertimbangkan versi alternatif "Pokémon Pink" dari Yellow, berdasarkan kode sumber yang bocor dari Nintendo.[8]

Perilisan Pokemon Yellow dibuat bertepatan dengan perilisan Pokemon: The First Movie. Presiden Nintendo masa depan Satoru Iwata kemudian berkomentar bahwa orang mungkin merasa Yellow tidak diperlukan karena rilis Pokémon Gold dan Silver yang akan datang, yang dijadwalkan akan dirilis pada tahun yang sama.[9] Album ini dirilis di Jepang pada 12 September 1998, di Australia pada 3 September 1999, di Amerika Utara pada 19 Oktober 1999, dan di Eropa pada 16 Juni 2000. Itu diterbitkan oleh Nintendo. Bundel Game Boy Color bertema Pikachu dirilis di Amerika Utara pada Oktober 1999. Untuk mempromosikan peluncuran Pokémon Yellow, Volkswagen dan Nintendo berkolaborasi untuk membuat Volkswagen New Beetle berwarna kuning dengan beberapa fiturnya yang terinspirasi oleh Pikachu.[10] Nintendo World Report mendaftarkan Pokémon Yellow sebagai salah satu rilis perangkat genggam yang terkenal pada tahun 1999.[11] Di semua wilayah selain Jepang, Pokémon Yellow adalah video game terakhir yang dirilis untuk platform Game Boy asli "standar", daripada menjadi game Game Boy Color ("Dual Mode") yang kompatibel dengan Game Boy.

Remake[sunting | sunting sumber]

Pokémon FireRed dan Pokémon LeafGreen adalah remake yang disempurnakan dari Pokémon Red and Blue. Judul-judul ini memiliki kompatibilitas dengan Adaptor Nirkabel Game Boy Advance, yang awalnya dibundel dengan game. Namun, karena variabel baru ditambahkan ke FireRed dan LeafGreen (seperti mengubah stat tunggal, "Special" menjadi dua statistik "Special Attack" dan "Special Defense" yang terpisah), judul ini tidak kompatibel dengan versi lama di luar Pokemon generasi ketiga. FireRed dan LeafGreen pertama kali dirilis di Jepang pada 29 Januari 2004, dan dirilis di Amerika Utara dan Eropa masing-masing pada 9 September dan 1 Oktober 2004.[12][13] Hampir dua tahun setelah rilis aslinya, Nintendo memasarkannya kembali sebagai judul "Pilihan Pemain".[14]

Pokemon: Let's Go, Pikachu! dan Pokémon: Let's Go, Eevee! adalah remake yang disempurnakan dari Pokémon Yellow, dan dirilis pada November 2018 untuk Nintendo Switch. Mereka ditujukan untuk pemain pendatang baru untuk seri Pokémon, dan menggabungkan mekanisme dari Pokémon Go.[15] Gim ini berlangsung di wilayah Kanto dan hanya menyertakan 151 Pokémon asli dari Pokémon generasi pertama. Kemampuan Pokémon untuk menemani protagonis di dunia luar kembali, fitur yang terakhir terlihat di Pokémon HeartGold dan SoulSilver di Nintendo DS. Namun, sementara sebelumnya hanya satu Pokémon yang dapat dipilih untuk mengikuti protagonis, mereka juga akan ditemani oleh starter Pikachu di Let's Go, Pikachu! atau Eevee di Let's Go, Eevee!.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harris, Craig (1999-06-23). "Pokemon Red Version Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 May 2012. Diakses tanggal 2008-06-26. 
  2. ^ "ポケットモンスター イエロー". The Pokémon Company. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 February 2013. Diakses tanggal 2013-03-13. 
  3. ^ "ポケットモンスター イエロー". Nintendo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 May 2013. Diakses tanggal 2013-03-13. 
  4. ^ "Pokémon™ Yellow Special Pikachu Edition". The Pokémon Company International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 January 2013. Diakses tanggal 2013-03-13. 
  5. ^ "Pokémon™ Yellow Special Pikachu Edition". The Pokémon Company International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2013. Diakses tanggal 2013-03-13. 
  6. ^ "Pokémon Yellow Special Pikachu Edition". Pokémon/Nintendo. March 10, 2014. Diakses tanggal April 21, 2014. 
  7. ^ "Snag a Surfing Pikachu". IGN. 2000-03-07. Diakses tanggal 2021-10-17. 
  8. ^ "Fans think Nintendo originally planned a Pokémon Pink". Eurogamer.net. 2020-04-14. Diakses tanggal 2020-08-04. 
  9. ^ "Iwata Asks - Pokémon HeartGold Version & SoulSilver Version". Nintendo. Diakses tanggal 2010-10-12. 
  10. ^ "Nintendo Feature: History Of Pokémon Part 2". Official Nintendo Magazine. 2009-05-17. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-06. Diakses tanggal 2010-10-12. 
  11. ^ "1999: The Year in Review". Nintendo World Report. 2009-03-07. Diakses tanggal 2020-02-20. 
  12. ^ "ポケットモンスター ファイアレッド・リーフグリーン". The Pokémon Company. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 March 2013. Diakses tanggal 2013-03-13. 
  13. ^ "ポケットモンスター ファイアレッド・リーフグリーン". Nintendo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 January 2013. Diakses tanggal 2013-03-13. 
  14. ^ Harris, Craig (2006-07-26). "IGN: Player's Choice, Round Two". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 February 2012. Diakses tanggal 2009-09-05. 
  15. ^ Frank, Allegra (May 29, 2018). "Pokémon: Let's Go! is the series' big Switch debut, and it's targeting newcomers". Polygon. Diakses tanggal June 19, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]