Mew (Pokémon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mew
Sugimori151.png
Nomor Pokédex
Nasional
#151
Generasi I
Sebelumnya Selanjutnya
Mewtwo (#150) Chikorita (#152)
Regional
Kanto #151
Johto #255
Hoenn #306
Penampilan perdana
Permainan
Seri Pokémon
Judul Pokémon Red and Blue
Manga
Judul Pokémon Adventures
Volume 1
Bab "Red, Green & Blue"
Info produksi
Generasi I (Pertama) - 1996
Pencipta Shigeki Morimoto
Perancang Ken Sugimori
Info Pokémon
Tipe psikis
Spesies Pokémon spesies baru
Kemampuan Synchronize (Sinkronisasi)
Tinggi 0,4 m (16 in)
Berat kg (8.8 lb)
Rasio gender
tidak ada
Evolusi
tidak ada
Nama dalam bahasa lain
Jepang ミュウ Mew
Jerman Mew
Korea Myu
Perancis Mew
Spanyol Mew
Tionghoa (Kantonis) 夢夢 Muhngmuhng
Tionghoa (Mandarin) 夢幻 / 梦幻 Mèng Huàn

Mew (ミュウ Myū?) merupakan salah satu nama untuk spesies fiksi dari serial waralaba media Pokémon. Ia dibuat oleh Ken Sugimori.

Profil[sunting | sunting sumber]

Mew merupakan Pokémon spesies baru, tapi banyak pula yang menyebutnya sebagai Pokémon fisik legendaries. Diperkenalkan pertama kali dalam seri Pokémon Generasi 1. Mew banyak disebut orang sebagai "kucing" berwarna pink. Rambut atau bulu Mew sangatlah tipis, dan hanya bisa dilihat dengan memakai mikroskop. Mew memiliki ekor dan kaki yang panjang, mirip seekor kelinci, dan lengan yang pendek dengan jari yang hanya berjumlah tiga. Mew memiliki telinga yang bentuknya mirip segitiga, dan mata yang berwarna biru. Mew diklaim memiliki DNA dari setiap Pokémon yang ada di Kanto dan Johto, sehingga disebut-sebut orang bisa berubah menjadi apa saja, yang diyakini terinspirasi dari karakter Blitzwing dalam Transformers. Dalam serial anime, Mew memiliki kemampuan untuk melakukan telepati, dan mengeluarkan pancaran cahaya energy berwarna biru. Mew juga dalam serial TV bisa menghilang bila dirinya sedang terancam oleh musuh. Mew mempunyai semua kombinasi gen dari semua Pokemon, membuat para ilmuwan Pokemon meyakini dan dijuluki sebagai Ancestor Pokemon, dikarenakan dapat menguasai hampir semua jurus.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Video game[sunting | sunting sumber]

Dalam seri Pokémon Red dan Blue, Mew tersebutkan dalam sebuah jurnal yang ditemukan di Pokémon Mansion di Cinnabar Island, dengan kalimat (dalam bahasa Inggris): It was discovered deep in the jungles of Guyana, South America on July 5 (tahun yang jelasnya tidak disebutkan) and named on July 10, and that it "gave birth" to Mewtwo on Februari 6. Mew juga dijuluki sebagai Pokémon Ancestor (leluhur Pokémon).

Mew sebenarnya termasuk salah satu karakter yang sulit untuk ditangkap dalam seri Pokémon G1, tetapi dengan bantuan bugs dan glitch (salah satunya adalah MissingNo.), para pemain game Pokémon Red dan Blue bisa menangkap Mew dalam level 7. Dalam Pokémon Emerald, Anda dapat mendapatkan Mew dalam sebuah event di Faraway Island. Dalam Super Smash Bros. Anda dapat mendapatkan Mew dengan cara memilih satu di antara 251 Poke Ball yang ada. Bila Anda beruntung, dan kemudian ketika di buka Mew tidak menyerang Anda, Anda bisa mendapatkan poin sebesar 10.000 dan permainan dianggap selesai. Dalam Super Smash Bros. Brawl, Anda bisa mendapatkan Mew dengan cara membuka salah satu CD yang berisi musik Mew, peluang yang Anda punya adalah 1 berbanding 493.

Serial animasi dan film[sunting | sunting sumber]

Mew menjadi salah satu karakter utama dalam seri film Pokémon. Dalam Pokémon: The First Movie, Mewtwo diciptakan dari fosil Mew, dimana rambut Mew berhasil ditemukan di hutan Amazon. Seekor Mew lantas berpergian bersama Mewtwo dalam sebuah turnamen. Mew juga tampil dalam Mewtwo Returns. Dalam Pokémon: Lucario and the Mystery of Mew, Mew menjadi salah satu Pokémon yang paling kuat dan langka.

Artikel terkait[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]