Nemona (Pokémon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nemona
Tokoh Pokémon
Penampilan
perdana
Pokémon Scarlet dan Violet (2022)
Pengisi suaraYolis Arroyo (Inggris)
Eri Kitamura (Jepang)
Informasi
Jenis kelaminPerempuan
RumahCabo Poco, wilayah Paldea

Nemona, yang dikenal di Jepang sebagai Nemo, (Jepang: ネモ), adalah karakter dalam permainan video Pokémon Scarlet dan Violet yang dirilis pada tahun 2022. Ia merupakan rival bagi protagonis dan juga Juara dari wilayah Paldea. Ia memiliki obsesi dengan pertarungan, dan sering terlibat dalam pertarungan Pokémon dengan protagonis. Obsesi ini menyebabkannya menjadi subjek komentar tentang seberapa tergila-gilanya dia pada pertarungan, yang, bersama dengan sifatnya yang seperti kakak besar, berkontribusi pada popularitasnya.

Konsepsi dan penciptaan[sunting | sunting sumber]

Nemona diisi suaranya oleh Eri Kitamura dalam versi bahasa Jepang dalam Pokémon Horizons: The Series. Kitamura mencoba menirukan semangat Nemona yang terdapat dalam permainan video, sehingga membuatnya berkeringat saat mengisi suaranya.[1] Ayano Takeda bertanggung jawab atas pembuatan sebuah cerita pendek yang dibintangi oleh Nemona. Takeda membahas bagaimana ia merasa bertanggung jawab untuk memastikan kualitasnya karena popularitas Nemona.[2]

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Nemona pertama kali muncul dalam Pokémon Scarlet dan Violet. Ia adalah rival bagi protagonis, memilih antara Sprigatito, Fuecoco, atau Quaxly, dengan pilihannya didasarkan pada yang dari ketiga Pokémon tersebut yang lemah terhadap yang dipilih oleh pemain. Ia terobsesi dengan pertarungan, selalu bersemangat untuk bertarung dengan protagonis. Ia adalah Juara dari wilayah Paldea, menghadiri akademi yang sama dengan protagonis. Ia bertarung melawan protagonis pada berbagai titik dalam permainan, sebelum protagonis akhirnya mengalahkannya setelah mengalahkan Geetan dan menjadi Juara Paldea. Akhirnya, Nemona menemani mereka, bersama dengan Arven dan Penny, ke Area Zero, area terakhir dalam permainan.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Nemona telah umumnya disambut baik oleh para penggemar dan kritikus. Penulis Screen Rant, Devin Ellis Friend, merasa bahwa Nemona adalah rival yang paling bisa dirasakan oleh penonton. Ia membahas bagaimana Nemona mencerminkan gambaran yang sama seperti pemain yaitu bersama-sama tumbuh dewasa dan menjadi lebih berpengalaman, Nemona juga mencerminkan rival yang menjadi lebih berpengalaman juga.[3] Penulis The Gamer, Stacey Henley, juga memberikan tanggapan positif terhadapnya, merasa bahwa ia adalah konsep yang segar untuk seri ini dan salah satu "percikan terang" dari Scarlet dan Violet. Ia berpendapat bahwa meskipun ada bug dan kekosongan yang menghantui dunia Scarlet dan Violet, Nemona mampu menjadi menarik sebagian karena ia adalah "cewek tomboi dengan otak beton tetapi berhati emas."[4]

Sejak awal, Nemona mendapatkan reputasi di antara komunitas sebagai seorang yang menguntit karakter pemain, meskipun umumnya ia disambut baik oleh mereka.[5] Penulis Game Rant, Joshua Duckworth, mencatat bagaimana Nemona menjadi trending di Twitter, dengan saran bahwa obsesi Nemona dengan pertarungan merupakan tanda neurodiversitas.[6] Penulis Inside Games, Oonappa, membahas bagaimana sosok Nemona telah digambarkan sebagai "terlalu gila bertarung" karena cintanya pada pertarungan. Mereka mengungkapkan kejutan melihat akun resmi Twitter Pokémon mengakui gaya gila bertarungnya dalam sebuah cuitan yang mendorong orang untuk bertarung 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, 365 hari setahun.[7] Penampilannya dalam seri anime Pokémon Horizons: The Series disambut dengan antusiasme oleh penggemar seri tersebut.[8] Penulis Engadget, Sam Rutherford, menggambarkannya sebagai karakter tipe "kakak perempuan", membandingkannya secara positif dengan karakter Hop dari Pokémon Sword dan Shield, menemukannya lebih menyenangkan dan membantu.[9] Penulis Sawadee Otsuka juga menggambarkannya sebagai karakter tipe kakak perempuan, membahas bagaimana minatnya pada pertarungan telah menarik perbandingan dengan karakter Hisoka Morow dari Hunter × Hunter, dan berargumen bahwa obsesi mereka terhadap pertarungan serupa. Mereka juga menyatakan ketertarikan untuk melihat bagaimana Nemona akan digambarkan, menggambarkannya sebagai pendekatan baru terhadap rival dalam Pokémon.[10] Penulis Inside Games lainnya, Tea Pudding, membahas bagaimana kesan awal mereka adalah melihatnya sebagai tipe kakak perempuan. Mereka mencatat bahwa penilaian ini benar, tetapi mereka tidak mengharapkan betapa obsesinya dengan pertarungan Pokémon, juga membandingkannya dengan Hisoka.[11] Tantangan yang ditimbulkan oleh Nemona dalam The Teal Mask dibahas oleh penulis Automaton, Kosuke Takenaka, yang mencatat betapa cepatnya Nemona bisa mendapatkan Pokémon kuat dalam DLC tersebut.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "リコとロイがいよいよパルデア地方へ! チャンピオンランクのトレーナー・ネモとボウルタウンのジムリーダー・コルサが登場!". Inside Games. June 3, 2023. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  2. ^ Fujiwara, Hideaki (November 10, 2023). "『ポケモンSV』の無料公式小説「きみと雨上がりを」公開中。「響け! ユーフォニアム」原作者が手がけるネモが主人公の物語". Automaton. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 29, 2023. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  3. ^ Friend, Devin Ellis (December 14, 2022). "Scarlet & Violet: Nemona Is Pokémon's Most Relatable Rival". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 20, 2023. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  4. ^ Henley, Stacey (December 30, 2022). "Nemona Is Pokemon's Best Rival In Over A Decade". The Gamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 31, 2022. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  5. ^ Cryer, Hirun (November 23, 2022). "Pokemon Scarlet and Violet players reckon Nemona's a weirdo". GamesRadar+. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 24, 2022. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  6. ^ Duckworth, Joshua (November 26, 2022). "Why Pokemon Scarlet and Violet's Nemona is Trending on Twitter". Game Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 29, 2022. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  7. ^ Oonappa (March 8, 2023). "『ポケモンSV』"戦闘狂ネモ"、ついに公式化か?海外公式より"24時間365日、寝ずに毎日100戦"するネモ爆誕". Inside Games. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 15, 2023. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  8. ^ Studley, Chris (June 2, 2023). "Pokemon Horizons fans react as Scarlet and Violet's Nemona set to debut in anime". Dexerto. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 7, 2023. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  9. ^ Rutherford, Sam (November 23, 2022). "Pokémon Scarlet and Violet review: Growth and growing pains". Engadget. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 7, 2023. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  10. ^ Otsuka, Sawadee (November 27, 2022). "ヒソカなみのバトルジャンキー!?『ポケモンSV』のライバル・ネモが主人公を"果実"扱い". Inside Games. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 17, 2022. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  11. ^ Tea Pudding (February 11, 2024). "え、そんなキャラだったの?!『ポケモンSV』プレイ前後で印象が変わった登場人物5選―ネモだって初めは頼りになりそうなお姉さんだった". Inside Games. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 14, 2024. Diakses tanggal March 23, 2024. 
  12. ^ Takenaka, Kosuke (January 13, 2024). "『ポケモンSV』DLC番外編で「ネモの育成が早すぎる」と怖がられる。目を離すとバトル用ポケモン2体育てる戦闘狂". Automaton. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 27, 2024. Diakses tanggal March 23, 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]