Pichu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pichu
Tokoh Pokémon
Pichu artwork.png
Permainan
perdana
Pokémon Gold dan Silver (1999)
PenciptaKen Sugimori
Informasi
SpesiesPokémon Tikus Mungil
Jenis kelamin♂ Jantan / ♀ Betina
AsalJohto (Generasi II)
KategoriListrik
Entri PokédexNo. 172
Evolusi menjadiPikachu

Pichu[a] adalah karakter fiksi dan salah satu spesies dalam waralaba media Pokémon yang dimiliki oleh Nintendo dan Game Freak. Didesain oleh Ken Sugimori, Pichu pertama kali muncul dalam permainan video Pokémon Gold and Silver yang dirilis pada tahun 1999. Setelahnya, ia muncul dalam berbagai bentuk pernak-pernik, permainan video sampingan, seri anime, serta adaptasi cetak dari waralaba tersebut. Dalam seri Super Smash Bros., karakter Pichu bersaudara disulihsuarakan oleh Yumi Tōma dan Satomi Kōrogi. Sementara dalam film Arceus and the Jewel of Life, suara Pichu diisi oleh Shōko Nakagawa untuk bahasa Jepang dan Kayzie Rogers untuk bahasa Inggris.[1]

Dikenal sebagai spesies "Tikus Mungil", Pichu adalah bentuk pra-evolusi dari Pikachu. Sejak diperkenalkan ke dalam seri, Pichu dipandang sebagai karakter sahabat karib Pikachu, dengan penampilannya yang sering mendampingi Pikachu seperti dalam permainan video Pokémon Pinball: Ruby & Sapphire. Pokemon ini juga telah ditampilkan dalam Super Smash Bros. Melee dan Super Smash Bros. Ultimate sebagai karakter yang dapat dimainkan.

Konsepsi dan penciptaan[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara, Junichi Masuda menyatakan bahwa dirinya dan Ken Sugimori ingin membuat seekor Pokémon untuk menjadi Pikachu "selanjutnya", tetapi pada awalnya mengalami kesulitan untuk membuat desain yang menurut mereka bisa menarik perhatian orang. Setelah berdiskusi panjang, mereka memutuskan untuk membuat Pokémon yang berevolusi menjadi Pikachu dan sebagai hasilnya, Sugimori mengembangkan Pichu.[2] Dalam wawancara yang sama, Masuda mencatat bahwa Pichu adalah Pokémon yang "dekat dengan hatinya" karena proses desain yang "dipikirkan dengan matang".[3] Dalam wawancara lain, Masuda menyatakan bahwa Pichu adalah Pokémon favoritnya.[4]

Pichu, yang dikenal sebagai spesies Pokémon "Tikus Mungil", adalah versi pra-evolusi dari Pikachu. Pichu adalah hewan pengerat kecil yang tinggal di darat. Bulunya sangat pendek, dan warnanya kuning cerah. Ujung telinganya yang besar berwarna hitam, dan memiliki tanda hitam tambahan di leher dan ekornya yang pendek. Mereka tidak terampil dalam menyimpan listrik, jadi ketika merasa geli atau kaget, mereka sering mengeluarkan sentakan listrik yang cukup kuat untuk mempengaruhi manusia dewasa. Kurangnya kontrol ini menjadi lebih stabil saat mereka bertambah tua. Listrik yang berhasil mereka simpan dibatasi oleh kantong listrik kecil di pipi mereka. Ketika udara kering atau pada hari-hari badai, mereka mengisi lebih mudah, meninggalkan suara berderak listrik statis yang berasal dari mereka. Mereka bermain satu sama lain dengan menyentuh ekor untuk memicu percikan api, yang juga berfungsi sebagai ujian keberanian. Mereka mengambil risiko korslet satu sama lain, dan menakut-nakuti diri sendiri hingga menangis dengan kilatan percikan api yang memancar dari mereka.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Dalam permainan video[sunting | sunting sumber]

Pichu pertama kali muncul di Pokémon Gold and Silver, dan merupakan salah satu dari banyak pra-evolusi yang diperkenalkan ke dalam seri. Ia menjadi salah satu spesies Pokémon paling awal yang terungkap untuk Gold dan Silver, termasuk Cleffa dan Igglybuff. Pichu sejak itu muncul di setiap judul Pokémon utama berikutnya. Pichu juga muncul di judul Pokémon lainnya, termasuk Pokémon Channel, Pokémon XD: Gale of Darkness, Pokémon Pinball: Ruby & Sapphire, Pokémon Trozei!, seri Pokémon Mystery Dungeon, seri Pokémon Ranger, dan PokéPark Wii: Pikachu's Adventure. Pada satu titik, game Nintendo GameCube bernama Pichu Bros: Party Panic sedang dalam pengembangan tetapi tidak pernah dirilis, menampilkan Pichu sebagai karakter utama. Sebaliknya, game tersebut diintegrasikan ke dalam Pokémon Channel sebagai bagian penting dari alur cerita. Di Pokémon Stadium 2 Pichu membintangi mini-game "Pichu's Powerplant". Pichu tampil menonjol di Pokémon Ranger: Guardian Signs di mana ia dijuluki "Ukulele Pichu" sebagai pendamping karakter pemain. Pichu juga merupakan karakter yang tidak dapat dibuka di Super Smash Bros. Melee dan Super Smash Bros. Ultimate. Ia memiliki gerakan "kloning" ke Pikachu, tetapi tidak seperti Pikachu, serangan listrik yang digunakan Pichu akan menyebabkan kerusakan. Hal ini menyebabkan Pichu menjadi karakter tingkat rendah di Super Smash Bros. Melee, biasanya dilihat sebagai handicap yang dipaksakan sendiri untuk pemain yang lebih terampil. Namun, di Super Smash Bros. Ultimate, Pichu sangat ditingkatkan dan dianggap jauh lebih baik oleh adegan kompetitif Smash Bros.

Dalam adaptasi lainnya[sunting | sunting sumber]

Penampilan debut Pichu di anime adalah dalam episode The Apple Corp!, di mana banyak spesies ini yang mencuri apel dari kebun apel. Pichu Bersaudara adalah sepasang Pichu yang telah muncul di beberapa anime pendek, termasuk diantaranya Pikachu & Pichu, Camp Pikachu, beberapa episode Pokémon Chronicles, dan Pokémon Channel spesial Pichu Bros. in Party Panic. Salah satu Pichu tersebut, disebut Pichu Big, memiliki tengkuk bulu sementara yang lain, Pichu Little, tidak. Pichu Little lebih nakal dari Pichu Big. "Pichu Bertelinga Berduri", muncul di Arceus and the Jewel of Life.. Pichu betina membantu Pikachu dan Piplup menemukan kunci sel penjara yang menampung Ash, Dawn, Brock, dan Damos. "Ukulele Pichu" muncul di anime spesial Pokémon Ranger: Tracks of Light. Dalam Pokémon Journeys: The Series episode Enter Pikachu!, seekor Pichu dibesarkan oleh keluarga Kangaskhan, dan berevolusi menjadi Pikachu yang dimiliki Ash.

Dalam manga Pokémon Adventures, Gold memiliki Pichu yang berasal dari telur yang diproduksi oleh Pikachu milik Red dan Yellow. Telur ini menetas ketika Gold percaya bahwa Profesor Oak telah memberinya kemampuan yang menyebabkannya menetas. Ia kemudian menggunakan serangan guntur dan berhasil memecahkan bola GS yang membantu Celebi. Di bab Emerald, ia bekerja sama dengan orang tuanya, untuk menggunakan Volt Tackle pada Kyogre yang dibuat atas permintaan Guile Hideout.

Pichu juga ditampilkan dalam video musik Katy Perry tahun 2021 yang berjudul Electric.

Promosi dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Perangkat Game Boy Color bertema Pikachu dan Pichu dirilis oleh Nintendo.[5] Pichu berwarna Pikachu tersedia untuk diunduh menggunakan Mystery Gift yang, saat dibawa ke Hutan Ilex di Pokémon HeartGold dan SoulSilver, membuka Pichu bertelinga runcing.[6] Amiibo Pichu telah diproduksi oleh Toys 'R Us.[7] Berbagai barang dagangan Pichu juga telah dibuat, seperti charger telepon,[8] dan boneka binatang beruang.[9] Junichi Masuda mengatakan bahwa Pichu adalah Pokémon favoritnya, dan selanjutnya menyatakan bahwa "Menurut saya itu sangat lucu, dan kadang-kadang saya bahkan tidak mengembangkannya menjadi Pikachu karena sangat lucu!".[10] Jonathan Holmes dari Destructoid mengklaim bahwa Pichu adalah Pokemon terbaik.[11][12]

Editor GameSpot Frank Provo menyebut Pichu "imut".[13] UGO Networks mengkritik Pichu karena telah kehilangan popularitasnya sebelum perilisan Super Smash Bros. Melee, dengan satu-satunya kualitas penebusannya adalah kemiripannya dengan Pikachu.[14] Seorang anggota staf IGN merasa bahwa Pichu akan menyaingi Pikachu dan Marill sebagai "favorit baru".[15] Pokémon Chick dari IGN menulis bahwa sementara beberapa orang menganggapnya lebih manis daripada Pikachu, dia menganggapnya tidak berharga.[16] Dia juga menggambarkannya sebagai "sangat menggemaskan atau terlalu banyak dipasarkan".[17] Kristine Steiner dari IGN menulis bahwa Ukulele Pichu yang ditemukan di Pokémon Ranger: Guardian Signs "sangat imut".[18] Thomas East dari Majalah Nintendo merasa Ukulele Pichu adalah bagian terbaik dari game ini.[19] Jenni Lada dari Gamer Tell menulis bahwa Ukulele Pichu "sangat menggemaskan".[20] Jeremy Parish of Polygon memberi peringkat 73 pejuang dari Super Smash Bros. Ultimate "dari sampah menjadi mulia", mencantumkan Pichu di urutan ke-55.[21] David Lozada dari GameRevolution mencantumkan Pichu sebagai karakter Super Smash Bros. terburuk karena berat dan kerusakan mundurnya.[22] Phillip Martinez dari Screen Rant menganggap Pichu sebagai "tiruan" dari Pikachu.[23] Jordarn Kern dari Screen Rant mencantumkan Pichu sebagai Pokemon listrik paling lucu.[24] Jason Mecchi dari Screen Rant menganggap Pichu sebagai Pokémon hewan pengerat yang lucu.[25] Gavin Jasper dari Den of Geek memberi peringkat Pichu sebagai karakter ke-65 dari Super Smash Bros. Ultimate, mengkritik penampilannya dibandingkan dengan Pikachu.[26] Eric Switzer dari situs web The Gamer bertanya-tanya apakah "semua orang membenci Pichu", mengingat sedikitnya barang dagangan, kartu, dan barang koleksi lainnya.[27]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: ピクー Hepburn: Pikū?, diucapkan [pikɯː]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Willis, John (2002). Barry Monush, ed. Screen World 2001. Hal Leonard Corporation. ISBN 1-55783-479-2. 
  2. ^ Harris, Craig (2009-02-23). "Pokémon Creators on Platinum". IGN. Diakses tanggal 2021-11-23. 
  3. ^ Padilla, Raymond (2009-03-17). "Junichi Masuda & Takeshi Kawachimaru Talk 'Pokémon Platinum', Particle Physics, Bridges, And More!". G4. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 12, 2012. Diakses tanggal 2009-06-06. 
  4. ^ Noble, McKinley. "Pokemon Platinum: Developer Interview!". GamePro. IDG. hlm. 2. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 6, 2010. Diakses tanggal June 1, 2010. 
  5. ^ "Nintendo Feature: History Of Nintendo: Game Boy Color". Official Nintendo Magazine. November 18, 2009. Diakses tanggal October 18, 2011. 
  6. ^ Lucario (March 5, 2010). "Shiny Pichu Pokemon Event starts today over Wi-Fi - News - Aussie-Nintendo.com". Aussie-nintendo. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 8, 2010. 
  7. ^ "The next amiibo wave with Pokemon Trainer, Pichu, and Isabelle is coming in July". April 17, 2019. 
  8. ^ "Adorable Pokémon Phone Charger Lets Pichu Cuddle Your Smartphone". ScreenRant. February 24, 2021. 
  9. ^ Vincent, Brittany (October 24, 2019). "Pichu Gets The Adorable Build-A-Bear Stuffed Animal Treatment". Bleeding Cool News And Rumors. 
  10. ^ IGN
  11. ^ "Let's settle this once and for all: Which Pokemon is the best?". November 12, 2017. 
  12. ^ "Get a slighlty [sic] darker Pichu for free at Gamestop Jan 30th". Destructoid. January 27, 2010. Diakses tanggal October 18, 2011. 
  13. ^ "Pokemon Silver Version Review for Game Boy Color". GameSpot. 2000-10-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 13, 2009. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  14. ^ "Pichu – Smash Bros. Characters". UGO.com. 2008-02-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 15, 2011. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  15. ^ "Hands-On Pokemon Gold & Silver". IGN. November 25, 1999. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  16. ^ "Pokemon Crystal Version Pok�mon of the Day: Pichu (#172)". IGN. December 9, 2002. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  17. ^ "Pokemon of the Day: Raichu (#26) – IGN FAQs". IGN. March 13, 2003. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  18. ^ Kristine Steimer (October 4, 2010). "Pokemon Ranger: Guardian Signs Review". IGN. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  19. ^ "Nintendo News: E3 2010: Pokémon Ranger Guardian Signs hits DS in autumn". Official Nintendo Magazine. June 16, 2010. Diakses tanggal October 18, 2011. 
  20. ^ "E3 2010: Hands-on with Pokemon Ranger: Guardian Signs". Gamertell. June 16, 2010. Diakses tanggal October 18, 2011. 
  21. ^ Parish, Jeremy (2018-12-03). "We rank the Smash Bros. (and friends)". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-05. 
  22. ^ "The Worst Super Smash Bros Characters Ever". GameRevolution. December 30, 2018. 
  23. ^ "Every Pokémon That's Clearly A Pikachu Knockoff". ScreenRant. May 11, 2021. 
  24. ^ "10 Electric Pokémon That Are Too Cute To Handle". ScreenRant. May 2, 2021. 
  25. ^ "Pokémon: The 10 Cutest Rodent Pokémon, Ranked". ScreenRant. March 21, 2021. 
  26. ^ "Super Smash Bros. Characters Ranked". Den of Geek. March 7, 2019. 
  27. ^ Switzer, Eric (August 15, 2021). "Does Everyone Hate Pichu?". TheGamer. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]