Pokémon the Series: XYZ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pokémon the Series: XYZ
Musim 19
Negara asalJepang
Jumlah episode47
Rilis
Saluran asliTV Tokyo
Tanggal tayang29 Oktober 2015 (2015-10-29) –
10 November 2016 (2016-11-10)
Kronologi
← Sebelumnya
XY: Kalos Quest
Selanjutnya →
Sun & Moon

Pokémon the Series: XYZ, dikenal di Jepang sebagai Pocket Monsters: XY & Z (ポケットモンスターエックスワイ アンド ゼット, Poketto Monsutā Ekkusu Wai ando Zetto), adalah musim kesembilan belas dari serial anime Pokémon, dan musim ketiga dan terakhir dari Pokémon the Series: XY. Ash Ketchum, Serena, Clemont, dan Bonnie melanjutkan petualangan mereka di wilayah Kalos, di mana mereka bertemu Tim Flare yang jahat dan bertemu dengan Pelatih Mega Evolution yang penuh teka-teki, Alain. Mereka menyelidiki misteri seputar transformasi unik Ash's Greninja dan menghadapi ramalan tentang penghancuran Kalos dengan keterlibatan Pokémon Legendaris Zygarde.

Musim ini awalnya ditayangkan di Jepang dari 29 Oktober 2015, hingga 10 November 2016, di TV Tokyo, dan di Amerika Serikat dari 20 Februari 2016, hingga 28 Januari 2017, di Cartoon Network.

Lagu pembuka Jepang adalah "XY&Z" oleh Satoshi / Ash Ketchum (Rika Matsumoto). Lagu penutup Jepang adalah "Lagu Puni-chan" (プニちゃんのうた, Puni-chan no Uta) oleh Eureka / Bonnie (Mariya Ise), "Lagu Tim Tim Rocket" (ロケット団団歌, Roketto-dan dan Uta) oleh Team Rocket (Musashi / Jessie (Megumi Hayashibara), Kojiro / James (Shin-ichiro Miki), Nyarth / Meowth (Inuka Inuyama) dan Sonansu / Wobbuffet (Yūji Ueda)), "DreamDream (Serena Ver.)" (ドリドリ セレナVer., DoriDori Serena Ver.) oleh Serena (Mayuki Makiguchi), "Brilliantly (Clemont ver.)" (キラキラ ver., KiraKira Citron ver.) oleh Citron / Clemont (Yuki Kaji), "Pikachu's Song" (ピカチュウの, Pikachū no Uta) oleh Pikachu (Ikue tani), "Meowth's Ballad" (ニャースのバラード, Nyāsu no Barādo) oleh Nyarth / Meowth (Inuko Inuyama), dan lagu pembuka dalam bahasa Inggris adalah "Stand Tall" oleh Ben Dixon dan The Kebenaran yang menyedihkan. Versi instrumentalnya berfungsi sebagai lagu penutup.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Perjalanan Ash dan teman-temannya melalui wilayah Kalos berlanjut! Setelah Satoshi mendapatkan lencana gym ketujuh, kelompok itu bergerak menuju kota berikutnya ketika Eureka menemukan Pokémon misterius beristirahat di kantongnya. Segera diberi nama Puni-chan, itu adalah salah satu yang bahkan Pokemon Zukan baru Ash dan Serena tidak dapat mengidentifikasinya. Namun, dengan cepat menjadi jelas bahwa Puni-chan adalah target dari kelompok misterius yang mengenakan setelan merah cerah yang dikenal sebagai Team Flare, yang bertujuan untuk menangkap Pokemon baru untuk melanjutkan agenda mereka. Tapi ketika Satoshi dan gengnya menyadari bahwa organisasi misterius itu tidak berniat memperlakukan Puni-chan dengan sopan, mereka mengambil sikap menentang rencana Tim Flare, berani melawan.

Dengan prediksi Gojika yang menjulang di atas mereka, Ash mengincar lencana olahraga terakhirnya sementara Serena memperebutkan Kunci Putri terakhirnya agar dapat bersaing di Kelas Master TriPokalon. Tapi saat Tim Flare mulai bergerak mencari Z yang misterius, kisah Pokemon XY dan Pokemon XY: Mega Evolution bertemu saat Satoshi dan teman-temannya, bersama dengan Team Rocket, terjebak dalam skema yang bisa membuat Kalos menjadi rawan.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Adegan ciuman Serena dengan Ash di episode terakhir musim XYZ menjadi salah satu adegan ciuman terfavorit oleh para penggemar anime di Jepang,[1] sekaligus juga mengantar Serena menjadi gadis Pokémon yang paling disukai penggemar dalam sebuah jajak pendapat daring yang diadakan pada tahun 2021.[2]

Rilis media rumah[sunting | sunting sumber]

Viz Media dan Warner Home Video telah merilis seri ini di Amerika Serikat dalam dua set volume tiga disk yang masing-masing berisi 24 episode.

Volume pertama dirilis pada 29 Agustus 2017,[3] dan volume kedua dirilis pada 6 Februari 2018.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kusumanto, Dody (29 Mei 2022). "Inilah Adegan Ciuman Terfavorit di Anime Menurut Fans di Jepang". Kaori Nusantara. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-20. Diakses tanggal 20 Oktober 2022. 
  2. ^ "【ポケモン】アニメ「ポケットモンスター」ヒロイン人気ランキング! 第1位は「セレナ」【2021年最新投票結果】" (dalam bahasa Jepang). Netorabo. 6 Mei 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 April 2022. Diakses tanggal 9 September 2022. 
  3. ^ "Pokémon the Series: XYZ, Set 1". Viz.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-01. Diakses tanggal 2021-08-25. 
  4. ^ "Pokémon the Series: XYZ, Set 2". Viz.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-24. Diakses tanggal 2021-08-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]