Team Rocket

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Team Rocket
R de color Rojo.PNG
Logo Team Rocket
SemestaPokémon
Penampilan perdanaPokémon Red dan Blue (1996)
Dibuat olehSatoshi Tajiri dan Ken Sugimori
Informasi
Nama lainNeo Team Rocket
Team Rainbow Rocket
JenisPerusahaan jahat
Kejahatan terorganisir
Badan intelijen swasta
Kantor pusatKota Viridian, wilayah Kanto
PemimpinGiovanni
Tokoh kunciLt. Surge (sersan)
Jessie, James, Butch, Cassidy (agen)
TujuanPungutan liar
Dominasi dunia
Riset
Perdagangan gelap

Team Rocket[a] adalah sebuah organisasi kriminal fiksi yang menjadi organisasi antagonis utama dalam waralaba media Pokémon.[1] Organisasi ini lebih terkenal berkat penampilannya sebagai karakter berulang rutin dalam anime dengan tiga anggota utama mereka: Jessie, James dan Meowth.

Organisasi ini memiliki rencana untuk mencuri Pokémon orang lain, dengan markas mereka di wilayah Kanto dan Johto serta cabang di Kepulauan Sevii. Mereka dipimpin oleh Giovanni, yang juga merangkap sebagai Pimpinan Gym Kota Viridian. Tujuan utama Team Rocket adalah mendapatkan Pokémon yang kuat dan langka untuk membantu sindikat kriminal mereka dengan harapan suatu hari nanti mengambil alih dunia. Mereka mendapatkan Pokemon ini dengan penangkapan biasa, atau lebih sering, pencurian. Selain itu, mereka juga melakukan eksperimen yang tidak manusiawi pada Pokémon untuk lebih meningkatkan kekuatan mereka.

Selain sebagai organisasi kriminal, Team Rocket juga membuka usaha yang berhubungan dengan upaya perusakan moral masyarakat. Mereka membuka klub malam, kasino dan tempat permainan di beberapa kota di Kanto maupun Johto.

Lambang[sunting | sunting sumber]

Dalam permainan video, logo Team Rocket adalah huruf "R" besar dengan warna merah, yang juga digunakan dalam anime dari musim pertama hingga Diamond & Pearl. Dalam Best Wishes! mereka mulai menggunakan "R" berbentuk grafik 3D bulat ungu yang benar-benar baru, ketika logo lama digunakan sebagai sekunder hingga XY, logo baru digunakan pada semua mecha dan peralatan. Di Sun & Moon logo ini menerima sedikit pembaruan, mendapatkan desain datar. Logo 3D masih dipertahankan, tapi jarang digunakan, ketika Jessie dan James kembali memilih menggunakan logo lama.[2]

Semboyan[sunting | sunting sumber]

Versi Jessie, James dan Meowth[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah semboyan Team Rocket yang seding diucapkan oleh James bersama rekannya Jessie dan Meowth:

Kanji Terjemahan Bahasa Jepang Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
ムサシ: なんだかんだと聞かれたら Musashi: If you ask us this or that... Jessie: Prepare for trouble! Jessie: Bersiaplah untuk bermasalah!
コジロウ: 答えてあげるのが世の情け Kojirō: The pity of the world is what responds! James: Make it double! James: Buat dua kali lipat!
ムサシ: 世界の破壊を防ぐため Musashi: To prevent the destruction of the world! Jessie: To protect the world from devastation! Jessie: Untuk melindungi dunia dari kehancuran!
コジロウ: 世界の平和を守るため Kojirō: To protect the peace of the world! James: To unite all peoples within our nation! James: Untuk menyatukan semua orang di negara kita!
ムサシ: 愛と真実の悪をつらぬく Musashi: To stand by the evils of love and truth! Jessie: To denounce the evils of truth and love! Jessie: Untuk mengakhiri kejahatan kebenaran dan cinta!
コジロウ: ラブリー・チャーミーな敵役 Kojirō: The lovely, charmy villains! James: To extend our reach to the stars above! James: Untuk memperluas jangkauan kami ke bintang-bintang di atas!
ムサシ: ムサシ Musashi: Musashi! Jessie: Jessie! Jessie: Jessie!
コジロウ: コジロウ Kojirō: Kojirō! James: James! James: James!
ムサシ: 銀河をかけるロケット団の二人には…… Musashi: The pair from Team Rocket soars through the galaxy! Jessie: Team Rocket, blast off at the speed of light! Jessie: Team Rocket, meluncur dengan kecepatan cahaya!
コジロウ: ホワイトホール、白い明日が待ってるぜ Kojirō: A white hole, a white tomorrow awaits us! James: Surrender now, or prepare to fight! James: Menyerahlah sekarang atau bersiaplah untuk bertarung!
ニャース: にゃんてにゃ Nyarth: Something like that! Meowth: Meowth! That's right! Meowth: Meowth! Begitulah!

Beragam variasi kalimat pengantar selalu digunakan oleh Jessie dan James dengan variasi kalimat pengantar yang disesuaikan dengan tempat, waktu, dan keadaan. Namun pada dasarnya kalimat selanjutnya selalu sama, terutama untuk bagian akhir. Semboyan di atas selalu muncul manakala mereka akan berhadapan dengan tim Ash Ketchum dengan maksud akan mencuri Pikachu milik Ash, yang pada akhirnya selalu gagal.

Versi Butch dan Cassidy[sunting | sunting sumber]

Kanji Terjemahan Bahasa Jepang Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
ヤマト何だかんだと聞かれたら Yamato: If you ask us this or that... Cassidy: Prepare for trouble... Cassidy: Bersiaplah untuk bermasalah...
コサブロウ答えないのが普通だが Kosaburou: We usually don't respond Butch: ...and make it double! Butch: ...dan buatlah dua kali lipat!
二人まあ特別に答えてやろう Both: But we'll make an exception this time and answer! Both: Here's our mission, so you better listen! Berdua: Inilah misi kami, jadi Anda lebih baik mendengarkan!
ヤマト地球の破壊を防ぐため Yamato: To prevent the destruction of the Earth! Cassidy: To infect the world with devastation! Cassidy: Untuk menginfeksi dunia dengan kehancuran!
コサブロウ地球の平和を守るため Kosaburou: To protect the peace of the Earth! Butch: To blight all people in every nation! Butch: Untuk merusak semua orang di setiap negara!
ヤマト愛と誠実な悪を貫く Yamato: To stand by evil with love and sincerity! Cassidy: To denounce the goodness of truth and love! Cassidy: Untuk mencela kebaikan kebenaran dan cinta!
コサブロウキュート でお茶目な敵役 Kosaburou: The cute, mischievous villains! Butch: To extend our wrath to the stars above! Butch: Untuk memperpanjang murka kita ke bintang-bintang di atas!
ヤマトヤマト Yamato: Yamato! Cassidy: Cassidy! Cassidy: Cassidy!
コサブロウコサブロウ Kosaburou: Kosaburou! Butch: And Butch, of course! Butch: Dan Butch, tentu saja!
ヤマト宇宙を駆ける ロケット団の二人には Yamato: The pair from Team Rocket soars through the universe! Cassidy: We're Team Rocket, circling Earth all day and night! Cassidy: Kami Team Rocket, mengelilingi Bumi sepanjang siang dan malam!
コサブロウショッキングピンク桃色の明日が待ってるぜ Kosaburou: Shocking pink, a pink tomorrow awaits us! Butch: Surrender to us now or you will surely lose the fight! Butch: Menyerah kepada kami sekarang atau Anda pasti akan kalah dalam pertarungan!

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Team Rocket telah muncul di berbagai game termasuk game Generasi I, Generasi II, Generasi III, Generasi IV, dan Generasi VII. Di Pokémon Yellow dan Pokémon: Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee!, Jessie dan James dari Team Rocket juga muncul di beberapa lokasi dan bertarung melawan pemain.

Menurut penduduk Kota Lavender, Team Rocket telah membunuh beberapa Pokémon, termasuk Marowak yang merupakan ibu dari Cubone.[3] Markas utama Team Rocket dulunya berada di Game Corner di Kota Celadon. Mereka berhati-hati untuk menjaga tombol rahasia, tetapi pemain akhirnya menemukan tombol tersebut, yang memperkenalkan pemain kepada Giovanni yang kadang-kadang dilawan oleh pemain. Dua kali pemain melawannya, Giovanni meninggalkan Silph Scope dan Master Ball setelah ia dikalahkan.

Menjelang akhir permainan, Giovanni terungkap sebagai Pemimpin Gym Kota Viridian yang hilang, dan dia berusaha membangun kembali Team Rocket di gymnya. Seperti semua pertemuannya dengan pemain, dia dikalahkan dan menyerahkan Lencana Bumi.[4]

Anime[sunting | sunting sumber]

Kuartet Team Rocket yang muncul dalam anime yaitu Jessie dan James, bersama Meowth dan Wobbuffet.

Dalam anime, Team Rocket berkantor pusat di Kanto dan dipimpin oleh Giovanni. Sebelumnya mereka berkantor secara misterius di antara Kota Pallet dan Kota Viridian tetapi sejak itu telah dihancurkan. Sekarang di lokasi yang tidak diketahui di dalam ngarai besar. Team Rocket juga telah terbukti memiliki cabang di Wilayah Johto dan daerah lain di Kanto. Di beberapa titik dari serial anime, mereka terlihat menghadapi organisasi kriminal lain seperti Team Aqua dan Team Magma di Hoenn, Team Galaksi di Sinnoh, Team Plasma di Unova, Team Flare di Kalos dan Team Skull di Alola. Satu-satunya pengecualian adalah tujuan mereka untuk menaklukkan wilayah Unova dengan menggunakan trio Kami dan Meloetta tetapi rencana mereka segera digagalkan oleh Ash Ketchum dan kelompoknya ketika Pikachu-nya mengenai Bola Elektro yang diperkuat ke platform tempat Giovanni berdiri dan dirasuki oleh Reveal. Kaca. Ini memaksa Jessie, James, dan Meowth untuk menjatuhkan bos mereka yang kerasukan ke tanah setelah ia mengubah rencananya dari menaklukkan Unova menjadi menghancurkannya karena termakan oleh ambisi jahatnya sendiri seperti yang dinyatakan sebelumnya oleh Ridley.

Dalam penampilan anime sendiri, hanya tiga orang anggota Team Rocket yang secara reguler tampil yaitu Jessie, James dan Meowth yang bisa berbicara. Sementara Giovanni sendiri biasanya hanya muncul di episode awal dan akhir dalam musim berjalan, untuk memberikan pesan ataupun amarah kepada tiga anak buahnya tersebut.

Manga[sunting | sunting sumber]

Dalam versi manga, Giovanni menjelaskan bahwa makna Rocket pada nama organisasinya adalah: Raid On the City, Knock out, Evil Tusks.[5]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Giovanni[sunting | sunting sumber]

Giovanni
Tokoh Pokémon
Penampilan
perdana
Pokémon Red and Blue (1996)
Pengisi suaraBahasa Inggris:
Ted Lewis
Bahasa Jepang:
Hirotaka Suzuoki
Informasi
Aliasサカキ (Sakaki)
SpesiesManusia
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanPimpinan Team Rocket
AsalWilayah Kanto

Giovanni[b] adalah pimpinan tertinggi dari Team Rocket, selalu didampingi oleh Persian disampingnya.

Dalam Pokémon Red and Blue, setelah ia dan Team Rocket Grunts dikalahkan di Rocket Hideout dan Silph Co., ia melarikan diri ke tempat persembunyian yang tidak diketahui. Akhirnya, terungkap bahwa ia adalah Pemimpin Gym dari gym di Kota Viridian yang harus dikalahkan oleh pemain. Setelah mengalahkannya, Giovanni menyatakan bahwa ia bersama Team Rocket 'menyerah' dan membubarkan organisasi, sebelum kemudian menghilang. Dalam Pokémon Gold and Silver, Team Rocket telah didirikan lagi meskipun sekarang tanpa Giovanni yang diceritakan menghilang secara misterius. Meski demikian, para anak buahnya percaya bahwa Giovanni akan muncul lagi meskipun kenyataannya tidak. Dalam Pokémon HeartGold and SoulSilver diketahui bahwa Giovanni ternyata bersembunyi di sebuah air terjun antara perbatasan Kanto dan Johto. Selain itu, karakter Silver diketahui juga merupakan putranya.

Dalam anime, Giovani sempat menyembunyikan identitasnya sampai kemudian ia frustrasi terhadap James, Jessie dan Meowth setelah melihat kegagalan mereka karena membiarkan Ash mendapatkan Earth Badge dari kekalahan mereka. Jasnya dari penampilan utamanya ditampilkan berwarna oranye, bukan hitam dan memiliki rompi hijau di bawah kemeja kancing dan dasi merahnya. Ini adalah pakaian utamanya sampai seri Diamond and Pearl. Dari musim ketiga sampai musim ketiga belas, Giovanni banyak terlihat dalam fantasi Jessie, James dan Meowth begitu mereka mencuri sebagian besar Pokémon, Giovanni memakai berbagai pakaian selama fantasi mereka. Pada musim keempat belas ketika ia memiliki pertemuan singkat dengan James, Jessie dan Meowth dalam misi mereka, konfrontasi melawan organisasi lain, Team Plasma dalam dua episode yang tidak ditayangkan, dan Operation Tempest untuk menangkap Mythical Pokémon Meloetta sampai ia dikalahkan oleh ambisinya sendiri untuk menghancurkan Unova karena memiliki Reveal Glass, Giovanni mengenakan pakaian militer hijau tua dan lengannya yang terlipat berwarna merah dan sepatunya benar-benar hitam.

Karakter Giovanni diyakini terinspirasi dari Ernst Stavro Blofeld yang menjadi antagonis utama dalam seri James Bond. Persamaan antara Giovanni dan Blofeld antara lain, ia memimpin organisasinya dengan gaya tersembunyi dan misterius, serta sama-sama ditemani oleh seekor kucing (meskipun Persian yang dimiliki Giovanni lebih menyerupai singa gunung).[6]

Pengisi suara Giovanni adalah Hirotaka Suzuoki untuk bahasa Jepang dan Ted Lewis untuk bahasa Inggris.[7]

Jessie[sunting | sunting sumber]

Jessie
Tokoh Pokémon
Penampilan
perdana
Pokémon Emergency! (anime, 1997)
Pengisi suaraBahasa Inggris:
Michele Knotz
Bahasa Jepang:
Megumi Hayashibara
Informasi
Aliasムサシ (Musashi)
SpesiesManusia
Jenis kelaminPerempuan
PekerjaanAgen lapangan
AsalWilayah Kanto

Jessie[c] merupakan satu dari tiga orang anggota Team Rocket yang selalu muncul dalam setiap episode anime Pokémon dari mulai musim pertama hingga saat ini. Tandemnya yang juga merupakan anggota Team Rocket adalah James dengan dibantu Meowth yang bisa berbicara. Dari kedua rekannya tersebut, Jessie berperan sebagai "pemimpin." Usaha mereka (setiap episode dan musim selalu sama) yang utama adalah mencoba mencuri Pikachu milik Ash Ketchum, dan selalu gagal di saat-saat akhir.[8] Jessie pertama muncul dalam episode Pokémon Emergency![9] Ibu Jessie, Miyamoto adalah seorang agen yang bekerja untuk Team Rocket. Jessie kecil sebenarnya merupakan seorang anak yang cerdas, sayangnya ia banyak diolok-olok oleh teman sekelasnya dikarenakan ibunya seorang agen untuk Team Rocket.[10] Sejak kecil Jessie selalu berkhayal tentang Pikachu dan kekuasaan. Beranjak remaja Jessie pindah haluan menjadi seorang suster spesialis Pokémon, hingga akhirnya ia bertemu James. Mereka berdua kemudian bergabung ke Team Rocket. Sebelum Jessie resmi jadi anggota Team Rocket, ia sempat berpacaran dengan beberapa lelaki, tetapi sayangnya tidak ada yang serius untuk mengajaknya ke pelaminan. Dalam manga Electric Tale of Pikachu, di bagian akhir diceritakan ia menikah dengan rekannya sendiri, James.[11]

Rival utama Jessie adalah Cassidy yang juga merupakan anggota Team Rocket[9]. Jika Jessie selalu gagal dalam beragam usahanya, lain dengan Cassidy, ia selalu berhasil dan tentu saja hal ini membuat Jessie semakin marah dan geram jika James atau Meowth bicara tentang keberhasilan Cassidy.[9] Jessie lantas mengikuti beragam Pokémon Contests, dan lagi-lagi hasilnya sama yaitu selalu gagal menang. Pokémon spesialisasi Jessie adalah Pokémon jenis racun, seperti Ekans (yang kemudian berevolusi menjadi Arbok), Seviper, dan Pokémon nyengat Dustox. Khusus untuk Dustox, tadinya ia berharap agar Wurmple miliknya bisa berevolusi menjadi seperti milik May, sayangnya yang terjadi adalah Wurmple milik Jessie berubah menjadi Cascoon dan kemudian menjadi Dustox. Pokémon lain yang ia miliki adalah Wobbuffet, di mana Pokémon ini secara tidak sengaja masuk sendiri ke dalam Pokeballs milik Jessie, dan karena Jessie suka padanya yang imut, maka Wobbuffet ini pun akhirnya ia bawa bertualang.[12]

Nama internasional (atau Bahasa Inggris) Jessie diambil dari Jesse James, seorang prajurit Konfederasi dan penjahat terkenal Amerika Serikat. Sementara nama Jepangnya yaitu Musashi diambil dari Miyamoto Musashi, pendekar pedang Jepang terkemuka yang paling terkenal yang kemudian membunuh saingan beratnya, Sasaki Kojirō, yang kemudian menjadi basis nama untuk karakter James.[13] Ada juga pendapat lainnya yang mendasarkan nama Musashi yang berasal dari kapal tempur Jepang Musashi yang terkenal saat Perang Dunia II.

Dalam anime Pokémon versi bahasa Inggris, pengisi suara Jessie adalah Rachael Lillis dari 1997 sampai 2006, sebelum kemudian diambil alih oleh Michele Knotz sejak September 2006 sampai saat ini. Sementara untuk bahasa Jepang-nya adalah Megumi Hayashibara (episode EP002-AG084, AG093-sekarang) dan Akiko Hiramatsu (episode AG085-AG092).

James[sunting | sunting sumber]

James
Tokoh Pokémon
Penampilan
perdana
Pokémon Emergency! (anime, 1997)
Pengisi suaraBahasa Inggris:
James Carter Cathcart
Bahasa Jepang:
Shin'ichiro Miki
Informasi
Aliasコジロウ (Kojirō)
SpesiesManusia
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanAgen lapangan
AsalWilayah Kanto

James[d] merupakan satu dari dua orang anggota Team Rocket yang selalu muncul dalam setiap episode serial Pokémon dari mulai season pertama hingga saat ini. Tandemnya yang juga merupakan anggota Team Rocket adalah Jessie dengan dibantu Meowth. Usaha mereka (setiap episode dan musim selalu sama) yang utama adalah mencoba mencuri Pikachu milik Ash Ketchum, dan selalu gagal di saat-saat akhir.[8] James memulai debutnya dalam serial Pokémon episode Pokémon Emergency! James terlahir dari keluarga kaya raya (miliuner). Sewaktu masih muda, kedua orang tuanya berniat akan menikahkannya dengan seorang wanita bernama Jessiebelle. Namun James kurang setuju akan paksaan kedua orang tuanya tersebut, akhirnya ia memutuskan untuk lari kabur dari rumah dan tidak akan kembali lagi kepada keluarganya.[14] Ia lantas masuk ke sekolah teknik Pokémon, tetapi sayangnya ia bersama temannya, Jessie dikeluarkan dari sekolah itu. Mereka berdua akhirnya bergabung dengan Team Rocket. James sempat kembali ke rumah, ketika mendengar kedua orang tuanya meninggal dunia. Ia pun sempat bertemu dengan Jessiebelle, tetapi akhirnya ia memutuskan untuk tidak melaksanakan perintah dari orang tuanya dulu yaitu menikah. Dalam manga Electric Tale of Pikachu, diceritakan James menikah dengan Jessie di akhir cerita.[11]

James menyukai beragam jenis Pokémon tipe rumput atau pohon.[15] Yang ia miliki antara lain Weepinbell (berevolusi menjadi Victreebell) dan Carnivine. Ia sebenarnya tidak pernah sekalipun menangkap satu Pokémon liar. Namun ketika ia berada di Hoenn, akhirnya ia memutuskan untuk menangkap satu jenis Pokémon tipe pohon yaitu Cacnea. Baik Victreebell dan Cacnea terlebih dulu selalu mencium atau mengulum James begitu James mengeluarkan mereka untuk bertarung.[15] Salah satu kegemaran James adalah meminum air soda. Berbeda dengan karakter Pokémon lain yang doyan makan, James merupakan satu-satunya karakter Pokémon yang doyan akan minuman, tetapi tentu saja ia lebih suka minuman non alkohol.

Nama internasional (atau Bahasa Inggris) James diambil dari Jesse James, seorang prajurit Konfederasi dan penjahat terkenal Amerika Serikat. Sementara nama Jepangnya yaitu Kojirō diambil dari Sasaki Kojirō, pendekar pedang Jepang terkemuka yang paling terkenal yang dibunuh oleh saingannya, Miyamoto Musashi, yang kemudian menjadi basis nama untuk karakter Jessie.[13]

Pengisi suara James dalam anime versi bahasa Inggris adalah Ted Lewis (4Kids, EP002-EP009), Eric Stuart (4Kids, EP010-AG145) dan James Carter Cathcart (Pokémon USA, AG146-sekarang). Untuk versi bahasa Jepang, pengisi suaranya adalah Shin'ichiro Miki yang masih terus bertahan dari musim pertama hingga sekarang.

Meowth[sunting | sunting sumber]

Meowth
Tokoh Pokémon
Penampilan
perdana
Pokémon Emergency! (anime, 1997)
Pengisi suaraBahasa Inggris:
Nathan Price (4Kids)
Maddie Blaustein (4Kids)
James Carter Cathcart (Pokémon USA)
Bahasa Jepang:
Inuko Inuyama
Informasi
Aliasニャース (Nyāsu)
SpesiesKucing
Jenis kelaminJantan
PekerjaanAgen lapangan
AsalWilayah Kanto

Meowth[e] adalah bagian dari trio dengan Jessie dan James, yang mengikuti Ash Ketchum dan teman-temannya di anime Pokémon. Perbedaan utamanya dari Meowth lainnya, dan hampir semua Pokémon lainnya, adalah ia dapat berbicara dan berjalan dengan dua kaki seperti manusia.[16]

Sebelum bergabung dengan Team Rocket, ia hanyalah Meowth biasa yang hidup di jalanan Hollywood (AKA "Tinseltown"). Ia telah ditinggalkan sebagai anak kucing dan dibiarkan menghidupi dirinya sendiri, sering kali ditolak dengan keras oleh orang-orang karena mencoba mencuri makanan. Ia selanjutnya bergabung dengan geng Meowth jalanan yang dipimpin oleh seekor Persian. Mereka mengganggu warga Tinseltown dengan gaya kucing gang yang khas, seperti mencuri makanan dan mengobrak-abrik tong sampah. Akhirnya, ia bertemu dengan Meowth betina bernama Meowzie, yang ia cintai. Namun, ia menolaknya demi perhatian nyonyanya yang kaya. Ingin membuatnya terkesan, Meowth berkomitmen untuk menjadi lebih seperti manusia. Dengan banyak waktu dan usaha, Meowth belajar cara berbicara dalam bahasa manusia (dengan aksen New York) dan cara berjalan tegak. Namun, semua usahanya menjadi bumerang, karena ia kembali ditolak oleh Meowzie, yang melihatnya sebagai makhluk aneh. Dengan patah hati, ia memutuskan untuk bergabung dengan Team Rocket (terutama karena kata "Rocket" adalah kata pertama yang ia pelajari untuk diucapkan dan dipahami).[17]

Menurut Meowth, ia mengaku sebagai hewan peliharaan pribadi Giovanni (atau "Kucing Teratas"). Namun, karena ketidakmampuannya, ia kemudian digantikan oleh orang Persian yang lebih agung, bentuk Meowth yang berevolusi. Sebenarnya, Persian milik Giovanni telah bersamanya sejak awal. Meowth memulai kariernya di Team Rocket sebagai penyusup, dan mulai melayani Giovanni. Secara kebetulan Meowth menjadi agen Team Rocket, karena tujuan awalnya dikatakan untuk mengganggu pelatihan Jessie dan James dan menyebabkan kedua trainee bermasalah itu pergi.[18]

Butch[sunting | sunting sumber]

Butch
Tokoh Pokémon
Penampilan
perdana
The Breeding Center Secret (anime, 1998)
Pengisi suaraBahasa Inggris:
Eric Stuart (4Kids)
James Carter Cathcart (Pokémon USA)
Bahasa Jepang:
Takehito Koyasu
Informasi
Aliasコサブロウ (Kosaburō)
SpesiesManusia
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanAgen lapangan
AsalWilayah Kanto

Butch[f] adalah karakter yang muncul dalam anime, yang merupakan agen Team Rocket bersama rekannya, Cassidy. Sama seperti Cassidy, ia bisa menjadi cukup arogan dan mengambil bagian dalam mengejek Jessie dan James tentang ketidakmampuan mereka, meskipun ia jauh lebih pendiam daripada pasangannya dan sering membiarkan ia mengambil peran 'pemimpin tim'. Ia juga berbagi persaingan sengit dengan James, meskipun tidak seintensif antara Jessie dan Cassidy.[19]

Butch direkrut di Team Rocket Academy untuk menjadi anggota resmi Team Rocket, dan dipasangkan dengan Cassidy di Tim Biru. Selama tes yang ia ambil, Butch bersama dengan Cassidy dan Raticate sebagai rekannya telah menjadi kelompok teratas peserta pelatihan di Tim Biru. Ia dan rekan-rekannya bersaing dengan Tim Merah (Jessie, James, dan Meowth) untuk menangkap Snorlax berwarna merah. Namun, saat melakukan pencurian, Cassidy dan Butch jatuh ke dalam perangkap, dan melukai diri mereka sendiri. Meskipun tidak ada pihak yang berhasil mencuri Snorlax, mereka dibuat menjadi tim resmi.

Ia lebih sering melakukan pekerjaan berat, seperti mengemudi atau mengangkat barang, sementara Cassidy cenderung sedikit memerintahnya. Ini sering terlihat dalam episode Luvdisc Is a Many Splendored Thing! di mana ia berulang kali meneriakkan perintah pada pasangannya seperti "Gun it!" atau "Ayo maju, Butch!" dan "Jangan pedulikan hal-hal lembek ini, kejar mereka!" Butch tampaknya mengikutinya tanpa mengeluh. Sering kali, ia tampaknya menjadi bagian yang patuh dari kemitraan. Dalam episode The Good, The Bad, and The Lucky!, terungkap bahwa ia telah mengundurkan diri Team Rocket untuk menjalankan bisnis toko roti.[20]

Cassidy[sunting | sunting sumber]

Cassidy
Tokoh Pokémon
Penampilan
perdana
The Breeding Center Secret (anime, 1998)
Pengisi suaraBahasa Inggris:
Megan Hollingshead (4Kids)
Andi Whaley (4Kids)
Emlyn McFarland (Pokémon USA)
Bahasa Jepang:
Masako Katsuki
Informasi
Aliasヤマト (Yamato)
SpesiesManusia
Jenis kelaminPerempuan
PekerjaanAgen lapangan
AsalWilayah Kanto

Cassidy[g] adalah karakter yang muncul dalam anime, yang merupakan agen dari Team Rocket. Ia juga mitra Butch. Ia disukai oleh Giovanni karena kesuksesannya. Ia juga tampaknya menjadi saingan Team Rocket lainnya, Jessie, hingga pembelotannya dari Team Rocket. Dalam episode The Good, The Bad, and The Lucky!, terungkap bahwa ia telah membuka kafe sendiri.[20]

Cassidy direkrut di Akademi Team Rocket untuk menjadi anggota resmi organisasi itu, dan dipasangkan dengan Butch di Tim Biru. Ia selalu kompetitif ketika menghadapi Jessie, pada suatu waktu, mereka berlari di atas treadmill begitu cepat bahkan sampai pecah sendiri. Namun, Cassidy mengejek Jessie karena tidak memiliki pasangan di timnya. Selama tes yang ia ambil, Butch bersama dengan Cassidy dan Raticate sebagai rekannya telah menjadi kelompok teratas peserta pelatihan di Tim Biru. Cassidy terus meremehkan Jessie, bahkan ketika yang terakhir mendapatkan James dan Meowth di tim. Ia dan rekan-rekannya bersaing dengan Tim Merah (Jessie, James, dan Meowth) untuk menangkap Snorlax berwarna merah. Namun, saat melakukan pencurian, Cassidy dan Butch jatuh ke dalam perangkap, dan melukai diri mereka sendiri. Meskipun tidak ada pihak yang berhasil mencuri Snorlax, mereka dibuat menjadi tim resmi.[19]

Anggota lainnya[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah nama-nama anggota Team Rocket lainnya selain nama-nama diatas yang sudah dijelaskan, baik yang muncul dalam gim ataupun anime.

Posisi Penjabat
Pimpinan Madame Boss*, Masked Man**
Ketua Eksekutif Archer, Ariana, Proton, Petrel, Grey*
Anggota Elit Miyamoto*, Domino*, Vicious*
Sekretaris Matori
Petugas Lapangan Tyson*, Attila*, Hun*, Keane**
Mata-mata Annie* and Oakley*
Agen Ken**, Al**, Harry**, Carr**, Sird**, Orm**
Pelatih Gym Viridian Cole, Kiyo, Samuel, Kelly, Yuji, Atsushi, Jason, Warren, Takashi
Sersan Lt. Surge**
Komandan Karen**, Will**, Sabrina**, Koga**
Ilmuwan Prof. Sebastian*, Prof. Fuji*, Dr. Namba*, Dr. Zager* Beau, Connor, Ed, Jerry, Jose, Joshua, Parker, Rodney, Taylor, Travis, Gideon, Jed[h], Mitch, Ross, Marc[i], Rich[j]
Lain-lain Wendy*, Rocket Scout*, Mondo*, Sham**, Dalton, Rocket Brothers, Rocket Sisters
Keterangan

* Hanya muncul dalam anime.
** Hanya muncul dalam Pokémon Adventures.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Buku Anime Classics Zettai!: 100 Must-See Japanese Animation Masterpieces mengulas Team Rocket sebagai antagonis dalam anime yang justru memberikan sisi lawakan melalui sosok Jessie dan James, dengan Meowth yang digambarkan sebagai "kucing pintar" yang berada diatas Meowth lainnya. Buku ini juga menyebut Jessie yang memiliki pesona menawan sebagai pemimpin diatas James. Meski trio Team Rocket diposisikan sebagai antagonis tetapi dalam beberapa kesempatan mereka tidak sungkan untuk membantu Ash Ketchum dan teman-temannya, terutama saat berada dalam sebuah situasi sulit dan berbahaya seperti yang kerap diperlihatkan dalam film.[21]

Sindo Media menyebut Team Rocket terutama trio Jessie, James dan Meowth sebagai anggota organisasi jahat yang kejam tetapi kocak karena selalu sial saat melakukan pekerjaan mereka.[22] Sementara IDN Times menyebut Jessie dan James layak untuk diapresiasi karena loyalitas mereka untuk Team Rocket meskipun selalu gagal dalam melaksanakan tugas.[23]

IGN mengatakan bahwa Meowth dari Team Rocket akan membuat pilihan yang baik sebagai karakter yang dapat dimainkan di Super Smash Bros. Brawl: "jika pengembang Brawl benar-benar menginginkan lebih banyak representasi untuk Pokémon sebagai waralaba" juga menyatakan "akan menyenangkan untuk menghadapinya dalam pertempuran sebagai petarung sejati, selain tentunya untuk mengirimnya dengan ledakan khas seperti dalam anime."[24] GamesRadar mendeskripsikan Meowth sebagai "tidak terlalu berguna", dan mempertanyakan apakah spesies tersebut akan menonjol jika bukan karena penggambarannya di anime.[25]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: ロケット団 Hepburn: Roketto-dan?, Rocket Gang diucapkan [ɾoketto daɴ]
  2. ^ Jepang: サカキ Hepburn: Sakaki?, diucapkan [sakaki]
  3. ^ Jepang: ムサシ Hepburn: Musashi?, diucapkan [mɯsaɕi]
  4. ^ Jepang: コジロウ Hepburn: Kojirō?, diucapkan [kodʑiɾoː]
  5. ^ Jepang: ニャース Hepburn: Nyāsu?, Nyarth diucapkan [ɲaːsɯ]
  6. ^ Jepang: コサブロウ Hepburn: Kosaburō?, diucapkan [kosabɯɾoː]
  7. ^ Jepang: ヤマト Hepburn: Yamato?, diucapkan [jamato]
  8. ^ Dinamai sebagai Gregg dalam HeartGold and SoulSilver.
  9. ^ Dinamai sebagai Garett dalam HeartGold and SoulSilver.
  10. ^ Dinamai sebagai Trenton dalam HeartGold and SoulSilver.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Donaldson, Alex (21 Desember 2021). "Pokemon Go Team Rocket: Team Rocket Pokestops, invasions, grunt battles and rewards". vg247.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  2. ^ Smith, David (3 Oktober 2022). "Why Did It Take Me 20 Years To Realise Team Rocket Frequently Hit An 'R' Pose". kotaku.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  3. ^ Kelly, Andy (10 Oktober 2022). "Diary Of A Pokemon First Timer: I Wasn't Prepared For Lavender Town". thegamer.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  4. ^ Henley, Stacey (15 Oktober 2022). "Revisiting Kanto - Giovanni Is Pokemon's Least Impressive Gym Leader". thegamer.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  5. ^ Jangarélli, Marcio. "10 coisas que você precisa saber sobre a Equipe Rocket!". Legiao Dos Herois. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  6. ^ Greenall, Jonathon (30 Agustus 2021). "Pokemon: Why Giovanni Hardly Uses His Beloved Persian in Battle". Comic Book Resources. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  7. ^ "Giovanni Voices". Behind the Voice Actors. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  8. ^ a b Moodley, Vasalya (4 Juli 2022). "Pokemon: Jessie & James Before Team Rocket". gamerant.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  9. ^ a b c Knight, Rosie (26 Juni 2022). "10 Fabulous Facts About Jessie From Pokèmon". IGN. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  10. ^ Kishikawa, Molly (12 Juli 2022). "Pokémon: The Tragic Tale of Miyamoto, Jessie's Mother". Comic Book Resources. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  11. ^ a b Jones, Camden (27 Agustus 2020). "Pokémon: Jessie & James' Relationship Explained". Screen Rant. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  12. ^ Goulene, Angela (4 Mei 2020). "A Team Rocket Pokemon Is Hiding a Dark Secret - and It Changes Everything". Comic Book Resources. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  13. ^ a b @kianamaiart (April 6, 2019). "For those who don't know Jessie and James' original Japanese names are Musashi and Kojiro respectively. They're named after two famous Japanese rival swordsmen (Miyamoto Musashi and Sasaki Kojiro)" (Tweet) – via Twitter. 
  14. ^ Goulene, Angela (19 Mei 2020). "Pokemon: A Team Rocket Member Is Hiding an Abusive Past". Comic Book Resources. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  15. ^ a b Stalberg, Allison (28 September 2018). "30 Crazy Things About James From Pokémon That Were Hidden From Fans". thegamer.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  16. ^ Baum Haines, Sydney (3 Juli 2021). "The Dark Reason Meowth Can Talk In Pokemon". looper.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  17. ^ Kelley, Shamus (9 Juli 2021). "Why Is Meowth the Only Pokémon Who Can Talk?". Den of Geek. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  18. ^ Thomas, Jessica (12 November 2020). "Pokemon: The 10 Worst Things Giovanni Has Done". thegamer.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2022. 
  19. ^ a b Thomas, Jessica (1 Oktober 2020). "Pokémon: 5 Ways Jessie & James Are Team Rocket's MVPs (& 5 It's Butch & Cassidy)". Comic Book Resources. Diakses tanggal 3 November 2022. 
  20. ^ a b Valdez, Nick (26 Januari 2022). "Pokemon Journeys Reveals Closer Look at Butch and Cassidy Return in New Promo". comicbook.com. Paramount Global. Diakses tanggal 3 November 2022. 
  21. ^ Camp, Brian; Julie Davis (Mei 2007). Anime Classics Zettai!: 100 Must-See Japanese Animation MasterpiecesPerlu mendaftar (gratis). Stone Bridge Press. hlm. 283. ISBN 978-1 -933330-22-8. 
  22. ^ Masrifah, Alviana (9 Oktober 2022). "10 Karakter Penjahat Anime Ini Tidak Dihormati Siapa pun". sindonews.com. MNC Media. Diakses tanggal 19 November 2022. 
  23. ^ Daniel, Aditya (6 Agustus 2022). "10 Karakter Anime yang Antusias Sekali Sama Pekerjaannya!". IDN Times. Diakses tanggal 19 November 2022. 
  24. ^ Lucas M. Thomas (9 Maret 2008). "Smash It Up! - The Animal Kingdom". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Maret 2012. Diakses tanggal 23 November 2021. 
  25. ^ Brett Elston (24 Agustus 2007). "The complete Pokemon RBY pokedex, part 5". Gamesradar+. hlm. 8. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Januari 2015. Diakses tanggal 12 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]