Sindo Media

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Artikel ini bukan mengenai dan tidak berhubungan dengan Sindo Citra Media.
Sindo Media
Divisi
Didirikan26 September 2011
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia
ProdukMedia massa
PemilikMedia Nusantara Citra
Logo lama Sindo Media

Sindo Media adalah divisi (bukan perusahaan induk) yang bergerak di bidang media massa bermerek Sindo dan dimiliki oleh Media Nusantara Citra. Diluncurkan pada 26 September 2011, Sindo Media sendiri terdiri dari sejumlah media massa yang memiliki kesamaan merek:

Sindo Media merupakan kelompok media yang berfokus pada pemberitaan, dan media-media dibawah bendera Sindo Media diharapkan bisa berintegrasi dan menjadi sayap MNC Group di bidang media berita. Pada akhirnya, diharapkan Sindo Media bisa menarik para pengiklan dengan sistem terintegrasinya.[6][7][8] Media-media dibawah Sindo Media sendiri sebenarnya disatukan dalam kesamaan penggunaan merek Sindo, namun tidak memiliki perusahaan induk yang sama (walaupun pemilik akhirnya sama, yaitu MNC Group/Hary Tanoesoedibjo). Sindo Media itu sendiri pun bukan sebuah perusahaan induk ataupun badan hukum seperti PT.

Setelah tahun 2015, tampak MNC mulai meninggalkan penggunaan brand tunggal Sindo. Di 6 April 2015, Sindo TV diluncurkan ulang sebagai iNews TV (kini iNews) dan pada 26 September 2017 nama Sindo Trijaya menjadi MNC Trijaya. Saat ini, brand Sindo Media tampak tidak lagi dipromosikan oleh MNC dan hanya menjadi semacam bendera bagi media cetak berita miliknya (surat kabar dan majalah). Lalu, pada tahun 2018 Sindo Media resmi menanggalkan logo lingkaran rajawalinya dan mengganti logonya dengan belah ketupat MNC. Walaupun tidak sebesar dahulu, namun Sindo Media masih sering melakukan acara seperti seminar dan penghargaan.[9][10]

Produk media[sunting | sunting sumber]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya[sunting | sunting sumber]

  • Sindo TV, berganti nama menjadi iNews TV pada 2015
  • Sindo Trijaya FM, berganti nama menjadi MNC Trijaya FM pada 2017

Referensi[sunting | sunting sumber]