Ent

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ent
Entertainment
Berkas:Ent (2020).png
Logo Ent
Diluncurkan13 Juni 2006
JaringanMNC Sky Vision (2006-2019)
MNC Vision Networks (2019-sekarang)
PemilikMNC Channels
MNC Media
Format gambar576i (SDTV)
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
Wilayah siarNasional
Kantor pusatMNC Studios Tower II
Jl. Raya Perjuangan No.1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Nama sebelumnyaMNC Entertainment (13 Juni 2006-14 Januari 2020)
Situs webwww.mncchannels.com/micro/entertainment
Ketersediaan
Terestrial
AnalogLihat #Siaran jaringan
Satelit
MNC Vision (Indonesia)86 (SD)
K-Vision (Indonesia)17 (SD)
Kabel
MNC Play (Indonesia)86 (SD)

Ent (kepanjangan nama Entertainment sebelumnya bernama MNC Entertainment) adalah saluran televisi hiburan umum di Indonesia yang dijalankan oleh MNC Channels, anak usaha dari MNC Media. Ent merupakan program drama lokal, film lokal, komedi dan pencarian bakat.

Sejarah

Kemunculan

Setelah MNC News. Pada tanggal 13 Juni 2006 pada pukul 00.00 WIB, MNC Entertainment diluncurkan siaran saluran hiburan umum di Indonesia dengan nama saluran MNC Ent. di dalam dekoder ini. MNC Entertainment menayangkan program drama lokal dan film lokal (sinetron dan FTV), situasi komedi dan pencarian bakat lalu ditambah acara permainan dan realitas. Juga bisa ditayangkan ulang oleh tiga jaringan televisi swasta yang pemilik oleh MNC Media yakni RCTI, TPI (sekarang MNCTV) dan Global TV (sekarang GTV). Semua program hiburan ini dapat disaksikan melalui televisi satelit berlangganan Indovision (sekarang dikenal bernama MNC Vision) di nomor saluran 85. Jam siaran MNC Entertainment adalah 24 jam setiap hari. Ternyata tidak lupa, MNC Entertainment dapat bisa siaran relay melalui televisi terestrial lokal pada antena indoor awalnya melalui CTV Banten di 26 UHF serta jumlah stasiun televisi lokal yang lainnya.

Perubahan logo, konsep dan program baru

Logo kedua MNC Entertainment (2010-2014)

Pada tanggal 9 Desember 2010, MNC Entertainment berganti logo dengan simbol ketupat empat warna bersama dengan MNC News, MNC Business, MNC Music dan MNC Lifestyle. MNC Entertainment menghadirkan channel ident terbaru selama 60 detik sesuatu adegan dalam tiga jenis kategori program sudah disiapkan yaitu sinetron, komedi dan realitas setelah menampilkan next bumper pada tulisan judul program di tengahnya dan setelah cuplikan musik video terakhir. Acara terbaru dari MNC Entertainment yaitu "Chinese Food" adalah acara memasak tradisi khas oriental yang sebelum ditayangkan oleh TPI (sekarang MNCTV) juga setelah "Selebriti Masak" acara memasak dengan bintang tamu selebriti sebelum ditayangkan oleh Global TV (sekarang GTV). Selain program MNC Entertainment menawarkan acara pusat perbelanjaan tentang dunia kesehatan dan kecantikan seluruh dunia yaitu EZ Shop maka sebelum MNC Shop diluncurkan mulai tahun depan serta penjelasan seputar highlights yaitu "Top Banget" acara sebelumnya ditayangkan oleh Global TV (sekarang GTV).

Pada tahun 2012, MNC Entertainment dapat bisa melihat live streaming secara gratis melalui Okezone.TV dari Okezone.com.

Logo ketiga MNC Entertainment (2014-2015)

Pada tanggal 24 Juni 2014, logo MNC Entertaiment digantikan dengan dampak mirip dengan MNC Home & Living dalam bertetapan ulang tahun MNC Channels ke-8. Semua kategori program telah diubah menjadi realitas, varietas dan acara permainan yang berada di website resmi MNC Entertainment.

Logo keempat MNC Entertainment (2015-2020)

Pada tanggal 20 Mei 2015, logo MNC Entertainment berganti lagi dengan simbol ketupat warna biru dengan wordmark ke kanan atas dan semua lingkaran putih pada huruf telah dihapuskan.

Pada tanggal 17 Agustus 2016, MNC Entertainment berpindah saluran nomor ke 86 karena hadir saluran baru berita berbahasa Inggris yaitu MNC World News. Pada bulan Desember 2016, MNC Entertainment menayangkan sering program produksi ulang hanya satu saluran televisi premium yang dimiliki oleh MNC Channels seperti Health Beauty, Games Channel, Music Channel dan Auto Gadget. Kemudian pengganti program disebut banyak kemajuan rating maksudnya Traventure Man yang ditayangkan oleh Food Travel dan Celebrity Life yang ditayangkan oleh Infotainment mulai bulan Juli 2019.

Enam tahun kemudian pada tanggal 15 Januari 2020, MNC Entertainment, berganti nama dan logo menjadi Ent artinya Entertainment dengan huruf kecil semua dan warna kuning kemasan digayakan sebagai ent.

Acara

Berikut ini adalah sebagian acara yang ditayangkan oleh Ent.

Judul Program Keterangan Genre
MNC Music Acara cuplikan video klip musik setelah mengakhiri acara. Musik
Sekilas Musik
Paradrama Acara drama terbaik Indonesia berupa sinetron dan film televisi (FTV) hingga sekarang ada channel baru ditambah yaitu MNC Drama. Drama
E-Clip Acara video klip musik setiap hari. Musik
EZ Shop Acara belanja berupa produk kecantikan. Gaya Hidup
Black In News Acara informasi dan gaya hidup dari Djarum Black (sebelumnya di ANTV)
MeTube On TV Acara video klip pilihan dari MeTube di layar kaca. Feature
MNC Shop Acara belanja berupa produk alat rumah tangga, alat dapur, olahraga dan lain-lain. Gaya Hidup
Birdie Buddy Acara informasi golf dan tenis bola. Gaya Hidup

Siaran jaringan

MNC Entertainment pernah disiarkan di beberapa stasiun televisi lokal yang ada di Indonesia.[butuh rujukan] Kehadiran SUN TV (kemudian Sindo TV sekarang iNews) membuat siaran relay MNC Entertainment berakhir pada tahun 2008.

Nama Perusahaan Nama Stasiun Kota Frekuensi Analog (PAL)
PT Cahaya Televisi Banten CTV Banten Jabodetabek dan Banten 26 UHF
PT Surabaya Media Televisi SBO TV Surabaya 36 UHF
PT Batu TV Batu TV Malang 48 UHF

Lihat pula

Pranala luar