Portal:Pokémon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Halaman Utama   Kategori & Topik Utama  
Portal Pokémon


 

Perkenalan tentang Pokémon

Pokémon (ポケモン Pokemon?, pronunciation: /ˈpkmɒn/[1][2]) adalah salah satu waralaba media yang dimiliki oleh perusahaan permainan video Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995. Pada mulanya, Pokémon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy. Pokémon merupakan permainan video tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga diciptakan oleh Nintendo.[3] Sementara bila dibandingkan dengan yang lain, Pokémon merupakan serial waralaba terlaris ketiga di dunia setelah James Bond (karya Ian Fleming) dan Transformers (karya Hasbro), yang masih terus berjalan dan diperbaharui sesuai perjalanan zaman. Waralaba Pokémon sendiri muncul dalam beragam bentuk, yaitu permainan video, anime, manga, trading cards, buku, mainan, dan masih banyak lagi. Waralaba media ini merayakan ulang tahunnya yang ke sepuluh di tanggal 27 Februari 2006. Dan pada 23 April 2008, omzet penjualan permainan video Pokémon telah mencapai 180 juta kopi[4], melebihi penjualan permainan video Transformers.

Nama Pokémon merupakan nama romanisasi dari nama Jepang "Pocket Monsters" (ポケットモンスター Poketto Monsutā?).[5] Kata "Pokémon", selain merujuk ke waralaba Pokémon itu sendiri, juga merujuk pada 649 spesies fiksi yang muncul dalam semua seri Pokémon. Seperti kata deer dan sheep, penyebutan kata tunggal dan jamak Pokémon dalam bahasa Inggris tidak ada bedanya. Kata Pokémon dalam bahasa Inggris bisa merujuk pada satu Pokémon saja atau lebih dari satu.

Di bulan November 2005, 4Kids Entertainment, yang menjadi distributor Pokémon di luar Jepang mengumumkan bahwa mereka tidak akan memperpanjang kontrak mereka dengan The Pokémon Company Jepang. Sadar bahwa The Pokémon Company Jepang tidak akan sukses bila tanpa bantuan rekan dari luar Jepang, The Pokémon Company Jepang kemudian menciptakan anak perusahaan yang berbasis di Amerika. Perusahaan itu kemudian dikenal dengan nama The Pokémon Company International. Tugasnya adalah menjadi distributor sekaligus pemegang nama lisensi Pokémon untuk kawasan di luar Asia termasuk di Afrika.[6]

sunting   

Tahukah Anda?

  • ... bahwa lokasi bintik pada Spinda memiliki 4,294,967,296 kombinasi yang berbeda?
  • ... bahwa hanya Volbeat yang dapat jurus Flash dengan menaikkan level?
  • ... bahwa Lickilicky merupakan satu-satunya pokémon bertipe normal yang dapat diajarkan jurus Explosion?
  • ... bahwa sebelum generasi ke-6, Unova ialah satu-satunya wilayah yang diambil dari luar wilayah Jepang?
  • ... bahwa Liga Pokémon di Unova pada Pokémon Black 2 and White 2 lebih banyak perempuan dari pada laki-laki ?
  • ... bahwa terdapat huruf "O" pada semua nama wilayah di permainan utama Pokémon dalam Bahasa Inggris seperti Kanto, Johto, Hoenn, Sinnoh, Unova, Kalos, dan Alola?
  • ... bahwa Pokémon X dan Y merupakan permainan video utama Pokémon pertama yang dirilis secara serentak diseluruh dunia?
sunting   

Artikel Pokémon Pilihan

Rotom merupakan sebuah Pokémon berwujud plasma. Ia dibuat oleh Ken Sugimori untuk serial waralaba Pokémon. Rotom diperkenalkan pertama kali di dalam Pokémon Diamond dan Pearl dan kemudian muncul dalam generasi berikutnya. Tubuhnya berukuran kecil sehingga ia dapat memasuki berbagai macam alat elektronik. Mereka nakal, dan melampiaskan kenakalan mereka di alat-alat listrik hanya untuk bersenang-senang dengan cara memasukkan tubuh plasmanya ke dalam alat-alat elektronik. Di dunia Pokémon, para ilmuwan meneliti Rotom untuk mengetahui sumber tenaga motor (penggerak) yang unik dari dalam dirinya. baca lebih lanjut ...

  1. ^ NLS/BPH: Other Writings, The ABC Book, A Pronunciation Guide
  2. ^ Sora Ltd.. Super Smash Bros. Brawl. (Nintendo). Wii. (March 9, 2008) "(Announcer's dialog after the character Pokémon Trainer is selected (voice acted))"
  3. ^ Emma Boyes (10 Januari 2007). "UK paper names top game franchises". Game Spot. Diakses tanggal 26 februari 2007. 
  4. ^ Nintendo (2008-04-23). Fans Can Actually Become a Pokémon with Two New Nintendo DS Games. Siaran pers. Diakses pada 2008-04-25.
  5. ^ Swider, Matt. "The Pokemon Series Pokedex @ Gaming Target". Gaming Target. Gaming Target. Diakses tanggal 2007-02-28. 
  6. ^ "Pokemon USA Moves Licensing In-House". Gama Sutra. 
 

Referensi